Jonan: 2040 Semua Kendaraan Harus Berenergi Listrik

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 27 Agustus 2017 - 14:15 WIB

Hari Pendidikan Nasional Mahasiswa pamerkan karya-karya mobil listrik terbaik di IIMS 2017
Hari Pendidikan Nasional Mahasiswa pamerkan karya-karya mobil listrik terbaik di IIMS 2017

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengajukan usulan ke Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan kebijakan larangan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan bensin pada 2040. Hal itu sebagai upaya dalam mempercepat pengembangan serta penggunaan kendaraan listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  Ignasius Jonan  mengungkapkan program kendaraan listrik  harus bisa maju untuk generasi masa depan, untuk lingkungan hidup dan, bisnis yang lebih baik, kemandirian energi, hingga menghemat devisa.“Penerapan kendaraan listrik tidak bisa kita tolak. Para stakeholders tolong beri masukan, bukan (memberikan) keberatan. Kita matangkan roadmap pelaksanaannya, program ini harus jalan,” kata Jonan,  Jumat (25/8/2017)

Menurut Jonan Presiden meminta draft aturan segera disusun yang dibahas bersama para stakeholder sebagai dasar pengembangan kendaraan listrik kedepan. “Bapak Presiden juga minta kalau bisa cepat selesai dan didorong setidaknya selesaikan peraturannya dulu, karena ini pasti banyak muatannya,” ujar Jonan.

Kementerian ESDM yang mambahas percepatan pemanfaatan kendaraan listrik bersama para stakeholder seperti pengamat, asosiasi dan kementerian terkait  juga akan mengusulkan pembebasan Bea Masuk dan PPn BM untuk kendaraan listrik (Completely Knock Down/CKD).

Untuk mendukung hal tersebut, PT PLN (Persero)  juga siap ditugaskan untuk bangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebagaimana PT Pertamina (Persero) diberi tugas oleh pemerintah untuk membangun SPBU. “Walaupun nanti PLN kerja sama dengan swasta, tapi and-nya tetap SPLU PLN, seperti misalnya SPBU Pertamina,” kata Jonan.

Pemerintah juga akan mulai mengembangkan kendaraan berbahan energi listrik ini melalui penciptaan ekosistem industri kendaraan listrik nasional dengan faikasi dalam negeri, perhatian terhadap local content, grand design industri mobil listrik nasional, penyiapan infrastruktur pendukung.“Market creation dan expansion, serta insentif pajak secara tegas,” pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Jumat, 21 September 2018 - 15:40 WIB

YLKI: Putusan MA Soal Taksi Daring Kemunduran

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Peraturan Menteri Perhubungan tentang taksi daring merupakan…

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat memberikan sambutan dalam acara 'PropertyGuru Indonesia Property Awaeds' (Foto: Dok. Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:30 WIB

Mendag Ajak Pengusaha Properti Berlomba-Lomba Sajikan Karya Terbaik

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak para developer tanah air untuk berlomba-lomba menyajikan karya terbaiknya agar mampu menarik minat konsumen.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Jumat, 21 September 2018 - 15:20 WIB

Kemenhub Pastikan Tak Ada Aplikasi Taksi Pemerintah

Kementerian Perhubungan mengklarifikasi bahwa tidak ada aplikasi taksi dalam jaringan (daring) yang dioperasikan oleh pemerintah.

THE BIG START INDONESIA Season 3 Umumkan 20 Finalis

Jumat, 21 September 2018 - 15:15 WIB

Kompetisi The Big Start Indonesia Season 3 Temukan Peserta Top 20

Setelah melaksanakan rangkaianroadshowlima kota di Bandung, Yogyakarta,DenpasarBali, Surabaya dan Jakarta,The Big Start Indonesia Season 3berhasil menarik ribuan peminat dan menyortirnya menjadi…

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.