Kulon Progo Yogyakarta Miliki Potensi Wisata Alami Sangat Besar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Agustus 2017 - 12:11 WIB

Seniman penari dari Yogyakarta Didik Nini Thowok (Foto Ist)
Seniman penari dari Yogyakarta Didik Nini Thowok (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seniman tari Didik Nini Thowok memilih Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Festival Kampoeng Nusantara karena daerah tersebut dianggap memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Didik di Jakarta, Jumat (25/8/2017( mengatakan, keindahan alam Kulon Progo sangat luar biasa terutama sungai Bendung Kayangan yang nanti akan dijadikan tempat penyelenggaraan Festival Kampoeng Nusantara Kulifest 2017.

"Bendung Kayangan itu ada sebuah batu yang merupakan tempat bertemunya dua arus sungai atau tempuran dalam Bahasa Jawa. Kalau tradisi Jawa, tempuran itu punya energi yang luar biasa. Itu jadi salah satu venue, nanti di sungai itu akan ada panggung kecil dan akan ada yang berekspresi di situ. Terus ada batu yang saya bisa buat koreografi di atas batu itu," kata Didik kepada awak media di Yogyakarta..

Menurut Didik, dipilihnya Kulon Progo memang tak dia perkirakan sebelumnya. Beberapa kali singgah ke sana untuk mengembangkan seni tari, Didik justru mulai jatuh cinta dengan Kulon Progo.

"Kebetulan ini festival kelima internasional saya dan sekarang saya boyong ke Kulon Progo," kata dia.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo membenarkan kalau setahun terakhir, pihaknya mengajak Didik Nini Thowok untuk bekerjasama mengembangkan pariwisata di Kulon Progo, salah satu yang dikembangkan di antaranya olahraga tradisional Kulon Progo, Nglarak Blarak yang pada tahun 2016 lalu mewakili Indonesia dalam The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games 2016.

"Selama setahun kami ajak keliling ternyata pak Didi tertarik," kata Hasto.

Hasto mengatakan, dengan keterlibatan Didik Nini Thowok lewat acara Kulifest ini diharapkan akan meningkatkan perkembangan pariwisata Kulon Progo kelak.

"Target kami meningkatkan wisatawan asing karena untuk domestik, per bulannya sudah ada 40 ribu wisatawan yang datang ke Kulon Progo. Tetapi untuk asing baru lima ribu saja dalam setahun," kata dia.

Mengenai sanggar tari Didik Nini Thowok yang rencananya akan dibangun di Bukit Menoreh, Hasto menyebut hal itu juga bagian dari upaya Kabupaten Kulon Progo untuk semakin dikenal.

Prestasi Didik di dunia tari pun menjadi hal yang layak dilestarikan dan diturunkan kepada para generasi muda nanti.

Selain itu, diboyongnya Didik Nini Thowok untuk membuka sanggar di Kulon Progo untuk memberi inspirasi kepada masyarakat.

"Makanya sanggar tari itu yang utama, tetapi pak didi punya referensi selain tari, ada ekonomi kreatif misalnya. Tapi saya kira intinya tetap tari, kemudian bisa ada museum berkaitan dengan tari," ucap dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Special Needs Center kunjungi Senior Living D'Khayangan

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:45 WIB

Peringati Hari Down Sydrome Sedunia, Puluhan Anak Hebat Bersuka Ria Bersama di Senior Living D'Khayangan

Bertepatan dengan Hari Down Sydrome Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret setiap tahunnya, President Special Needs Center mengunjungi Senior Living D'Khayangan untuk bersuka ria bersama para…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…