Kulon Progo Yogyakarta Miliki Potensi Wisata Alami Sangat Besar

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Agustus 2017 - 12:11 WIB

Seniman penari dari Yogyakarta Didik Nini Thowok (Foto Ist)
Seniman penari dari Yogyakarta Didik Nini Thowok (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seniman tari Didik Nini Thowok memilih Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Festival Kampoeng Nusantara karena daerah tersebut dianggap memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Didik di Jakarta, Jumat (25/8/2017( mengatakan, keindahan alam Kulon Progo sangat luar biasa terutama sungai Bendung Kayangan yang nanti akan dijadikan tempat penyelenggaraan Festival Kampoeng Nusantara Kulifest 2017.

"Bendung Kayangan itu ada sebuah batu yang merupakan tempat bertemunya dua arus sungai atau tempuran dalam Bahasa Jawa. Kalau tradisi Jawa, tempuran itu punya energi yang luar biasa. Itu jadi salah satu venue, nanti di sungai itu akan ada panggung kecil dan akan ada yang berekspresi di situ. Terus ada batu yang saya bisa buat koreografi di atas batu itu," kata Didik kepada awak media di Yogyakarta..

Menurut Didik, dipilihnya Kulon Progo memang tak dia perkirakan sebelumnya. Beberapa kali singgah ke sana untuk mengembangkan seni tari, Didik justru mulai jatuh cinta dengan Kulon Progo.

"Kebetulan ini festival kelima internasional saya dan sekarang saya boyong ke Kulon Progo," kata dia.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo membenarkan kalau setahun terakhir, pihaknya mengajak Didik Nini Thowok untuk bekerjasama mengembangkan pariwisata di Kulon Progo, salah satu yang dikembangkan di antaranya olahraga tradisional Kulon Progo, Nglarak Blarak yang pada tahun 2016 lalu mewakili Indonesia dalam The Association For International Sport for All (TAFISA) World Games 2016.

"Selama setahun kami ajak keliling ternyata pak Didi tertarik," kata Hasto.

Hasto mengatakan, dengan keterlibatan Didik Nini Thowok lewat acara Kulifest ini diharapkan akan meningkatkan perkembangan pariwisata Kulon Progo kelak.

"Target kami meningkatkan wisatawan asing karena untuk domestik, per bulannya sudah ada 40 ribu wisatawan yang datang ke Kulon Progo. Tetapi untuk asing baru lima ribu saja dalam setahun," kata dia.

Mengenai sanggar tari Didik Nini Thowok yang rencananya akan dibangun di Bukit Menoreh, Hasto menyebut hal itu juga bagian dari upaya Kabupaten Kulon Progo untuk semakin dikenal.

Prestasi Didik di dunia tari pun menjadi hal yang layak dilestarikan dan diturunkan kepada para generasi muda nanti.

Selain itu, diboyongnya Didik Nini Thowok untuk membuka sanggar di Kulon Progo untuk memberi inspirasi kepada masyarakat.

"Makanya sanggar tari itu yang utama, tetapi pak didi punya referensi selain tari, ada ekonomi kreatif misalnya. Tapi saya kira intinya tetap tari, kemudian bisa ada museum berkaitan dengan tari," ucap dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…