PuluhanPeserta Ikuti Paralayang Sriten Festival 2017

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Agustus 2017 - 11:14 WIB

Di tengah cuaca mendung, seorang peserta Piala Asia II Lintas Alam Paralayang 2017, sedang lepas landas di Gunung Mas Ronde I, Sabtu (12/8). (Foto:TAGOR SIAGIAN/HUMAS FASI)
Di tengah cuaca mendung, seorang peserta Piala Asia II Lintas Alam Paralayang 2017, sedang lepas landas di Gunung Mas Ronde I, Sabtu (12/8). (Foto:TAGOR SIAGIAN/HUMAS FASI)

INDUSTRY.co.id - Gunung Kidul- Sebanyak 30 peserta dari berbagai kota besar di Indonesia akan mengikuti Paralayang Sriten Festival 2017 yang dipusatkan di Puncak Embung Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara Paralayang Sriten Festival 2017 Agus Ramli di Gunung Kidul, Sabtu (26/8/2017) mengatakan kegiatan dimulai latihan resmi pada Jumat (25/8). Sedangkan pertandingan atau lomba, Sabtu (26/8) dan Minggu (27/8). Para peserta berasal dari DIY, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta.

"Lomba dimulai dari puncak Sriten dan finish di lapangan Wotgaleh, Nglipar," katanya.

Ia mengatakan penilaian lomba dilakukan menyangkut kecepatan peserta sampai pada titik koordinat di lapangan Wotgaleh. Bersamaan dengan acara ini, dimeriahkan kirab budaya, pentas campursari, sendratari, reog dan jathilan di Embung Sriten, Minggu (27/8).

Embung Batara Sriten memang menjadi tempat yang cocok sebagai wahana untuk paralayang. Ketinggian bukit yang hampir 900 meter di atas permukaan laut menjadi lokasi seksi untuk para atlit paralayang.

"Paralayang dapat diterbangkan dengan ketinggian mencapai 1.500 meter. Kelebihan lain, paralayangdapat dilakukan saat musim panas bersamaan dengan angin timur dan selatan," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono mengatakan pihaknya mengapresiasi pelaksanaan festival paralayang. Sehingga bisa menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Sebelumnya banyak kegiatan terpusat di selatan, kini dengan banyaknya kegiatan di sisi utara, maka akan merata kunjungan wisatawan. Termasuk mengangkat potensi yang ada di Kecamatan Nglipar," katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah dalam sambutannya,mengatakan acara Paralayang Gunung Kidul Open 2017 ini membawa dampak yang bagus untuk pengembangan paralayang Gunung Kidul menjadi daya tarik wisata baru.

"Paralayang merupakan olahraga yang tergolong baru, perlu dukungan semua pihak, sehingga membawa dampak bagus bagi pariwisata Gunung Kidul," katanya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…

Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 16:17 WIB

Dukung Program Citarum Harum, South Pacific Viscose Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas IPAL

untuk menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Citarum, PT. South Pacific Viscose telah mengikuti semua regulasi dari pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.