Musim Panen, Disperindag Pamekasan Bentuk Tim Tata Niaga Tembakau

Oleh : Hariyanto | Minggu, 27 Agustus 2017 - 11:03 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan - Guna mengawasi proses jual beli tembakau pada musim panen 2017, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan membentuk tim tata niaga tembakau.

Pembentukan tim tersebut merupakan amanah dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tata Usaha Tembakau Madura. "Tim ini memiliki tugas memantau jual beli tembakau di pabrik maupun perorangan," kata Kepala Disperindag Pamekasan Bambang Edy Suprapto, Sabtu (26/8/2017).

"Tim ini nantinya diharapkan untuk menghindari terjadinya transaksi yang dapat merugikan petani tembakau, khususnya menjelang masa jual beli tahun ini," ungkap Bambang.

Tim pengawas tersebut nantinya akan meliputi sejumlah elemen dari berbagai instansi maupun lembaga di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Tim ini terdiri dari berbagai unsur, meliputi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), perwakilan paguyuban petani dan unsur pemerintah sendiri," jelasnya.

"Sebagaimana tertuang dalam perda 6/2008, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi pabrikan. Salah satunya tidak bolah mengambil sampel tembakau lebih dari 1 kilogram (kg). Serta dilarang memotong pembungkus tembakau atau tikar melebihi 2 kg," lanjut Bambang.

Tidak hanya itu, dalam aturan juga dibeberkan secara detail berupa larangan bagi petani tembakau mencampur tembakau Madura dengan tembakau Jawa. Hal itu demi menjaga kualitas dan keaslian tembakau Madura.

"Jadi, pembentukan tim ini untuk memaksimalkan realisasi tata niaga tembakau tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Baik petani tembakau, pedagang maupun pihak pabrikan," pungkasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:32 WIB

Gandeng Tiongkok, Bakrie Otoparts Akan Kembangkan Bus Listrik

Bakrie Otoparts gandeng perusahaan Tiongkok BYD Corporation mengembangkan bus listrik untuk digunakan di sejumlah kota di Indonesila dalam upaya menciptakan transportasi ramah lingkungan dan…

Arie Setiadi Murwanto, Ketua Satgas Penanggulangan Bencana Sulawesi Tengah Kementerian PUPR.

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:23 WIB

Kementerian PUPR Bangun 1.200 Hunian Sementara Untuk Masyarakat Terdampak Bencana Sulawesi Tengah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun sebanyak 1.200 Hunian Sementara (Huntara) sebagai transit sampai dengan hunian tetap dan relokasi permukiman selesai.

Ilustrasi Utang Luar Negeri

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:21 WIB

BI: Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp 5.410,5 Triliun

Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia bertambah menjadi US$ 360,7 miliar atau sekitar Rp 5.410,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.000/dolar AS) hingga akhir Agustus 2018.

Dirut BTN Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:02 WIB

BTN Fasilitasi KPR Atlet Komite Olimpiade Indonesia

PT Bank Tabungan Negara Tbk memfasilitasi kredit pemilikan rumah (KPR) atlet yang tergabung dalam Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dengan skema menarik dan terjangkau.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:50 WIB

Jamkrida Sumsel akan Disuntik Modal Rp100 Miliar

PT Jamkrida Sumatera Selatan bakal mendapatkan suntikan modal dari Pemprov Sumatra Selatan untuk mencukupi modal dasar senilai Rp100 miliar.