Musim Panen, Disperindag Pamekasan Bentuk Tim Tata Niaga Tembakau

Oleh : Hariyanto | Minggu, 27 Agustus 2017 - 11:03 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan - Guna mengawasi proses jual beli tembakau pada musim panen 2017, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan membentuk tim tata niaga tembakau.

Pembentukan tim tersebut merupakan amanah dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tata Usaha Tembakau Madura. "Tim ini memiliki tugas memantau jual beli tembakau di pabrik maupun perorangan," kata Kepala Disperindag Pamekasan Bambang Edy Suprapto, Sabtu (26/8/2017).

"Tim ini nantinya diharapkan untuk menghindari terjadinya transaksi yang dapat merugikan petani tembakau, khususnya menjelang masa jual beli tahun ini," ungkap Bambang.

Tim pengawas tersebut nantinya akan meliputi sejumlah elemen dari berbagai instansi maupun lembaga di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Tim ini terdiri dari berbagai unsur, meliputi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), perwakilan paguyuban petani dan unsur pemerintah sendiri," jelasnya.

"Sebagaimana tertuang dalam perda 6/2008, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi pabrikan. Salah satunya tidak bolah mengambil sampel tembakau lebih dari 1 kilogram (kg). Serta dilarang memotong pembungkus tembakau atau tikar melebihi 2 kg," lanjut Bambang.

Tidak hanya itu, dalam aturan juga dibeberkan secara detail berupa larangan bagi petani tembakau mencampur tembakau Madura dengan tembakau Jawa. Hal itu demi menjaga kualitas dan keaslian tembakau Madura.

"Jadi, pembentukan tim ini untuk memaksimalkan realisasi tata niaga tembakau tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Baik petani tembakau, pedagang maupun pihak pabrikan," pungkasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…