Parade ASEAN 50 Meriahkan Car Free Day Jakarta

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Agustus 2017 - 10:55 WIB

Parade ASEAN 50 Tahun (Foto Ist)
Parade ASEAN 50 Tahun (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Parade ASEAN 50 untuk memperingati ulang tahun emas ASEAN memeriahkan Jakarta pada Minggu di sepanjang Jalan M.H. Thamrin bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Parade ASEAN 50 dimulai sekitar jam 07.00 WIB dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia melalui Jalan M.H. Thamrin dan berakhir di Jalan Imam Bonjol dengan panggung hiburan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut memeriahkan Parade ASEAN 50 membawa miniatur bendera ASEAN serta menyapa masyarakat yang turut menyaksikan parade tersebut.

Kementerian Luar Negeri melibatkan lebih dari 2.800 peserta dan ratusan relawan untuk acara Parade ASEAN 50, yang merupakan puncak acara peringatan hari ulang tahun ASEAN ke-50.

Para peserta Parade ASEAN 50 tidak hanya berasal dari komunitas, organisasi, sekolah, perusahaan, dan kementerian di Indonesia, tetapi juga dari negara-negara ASEAN, Mitra Wicara ASEAN, dan Sekretariat ASEAN yang menampilkan parade bendera ASEAN, parade kostum, marching band, parade tari, gerak dan musik serta budaya.

Indonesia menampilkan pertunjukan marching band dan budaya dari berbagai daerah seperti dari Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Papua dan daerah lainnya.

Masing-masing negara anggota ASEAN pun memeriahkan Parade ASEAN 50 dengan parade kostum dan bendera.

Sejumlah negara sahabat seperti Jepang, Korea Selatan, Norwegia, Rusia dan Amerika Serikat juga turut memeriahkan Parade ASEAN 50 tersebut lewat parade kostum, tari-tarian dan kebudayaan khas dari negara mereka.

"Setelah 50 tahun, kita telah menunjukkan ke dunia bahwa negara-negara ASEAN telah bersatu di tengah keberagaman," kata Menlu Retno Marsudi dalam pidato sambutannya.

"Saya mengundang anda sekalian untuk berseru 'kita adalah ASEAN'," kata Menlu yang disambut seruan para masyarakat di depan panggung Parade ASEAN 50.

Turut hadir dalam Parade ASEAN 50 sejumlah pejabat seperti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menaker Hanif Dhakiri, Sekjen ASEAN Le Luong Minh dan sejumlah duta besar negara sahabat.

Selain untuk menunjukkan keberagaman budaya negara-negara ASEAN, parade tersebut juga diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang ASEAN.

Parade ASEAN 50 diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor sehingga masyarakat umum dapat berpartisipasi dan memahami secara langsung mengenai keragaman budaya ASEAN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.