Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bukti Indonesia Kaya Budaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 27 Agustus 2017 - 03:42 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Festival Kemerdekaan Bandung (26/8/2017) (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Festival Kemerdekaan Bandung (26/8/2017) (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Dengan mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan menunjukkan kayanya Indonesia akan budaya.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, saat ditanya awak media di Bandung, Jawa Barat (26/8/2017).

Negara Indonesia kaya akan budaya, menurut Triawan, dengan pengemasan yang lebih baik diharapkan karnaval-karnaval seperti ini akan menarik wisatawan.

“Kita harus mengakui kita masih lemah dalam hal pengemasan,” ujar Triawan.

Disampaikan Triawan masih banyak negara lain yang budayanya tidak sekaya Indonesia. Namun, lanjut Kepala Bekraf, negara lain bisa mengemas budaya tersebut menjadi suguhan yang menarik.

Melalui penyelenggaraan karnaval-karnaval seperti ini, tambah Kepala Bekraf, diharapkan budaya Indonesia lebih dikenal masyarakat. Karnaval kali ini menampilkan kekayaan budaya dari perwakilan Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Ada juga penampilan rombongan Atlet Senam Indah Kota Bandung, Rombongan Rebana Pondok Pesantren Nurul Iman, Barisan Jaka Tarub, Kuda Renggong Sumedang, dan Kerja sama Masyarakat Adat.

Karnaval juga diramaikan dengan penampilan Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, Bebegig Ciamis, Domba Garut, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya berbagai provinsi di Indonesia.

Karnaval ini juga melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.