Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Bukti Indonesia Kaya Budaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 27 Agustus 2017 - 03:42 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Festival Kemerdekaan Bandung (26/8/2017) (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Festival Kemerdekaan Bandung (26/8/2017) (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Dengan mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’, Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan menunjukkan kayanya Indonesia akan budaya.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, saat ditanya awak media di Bandung, Jawa Barat (26/8/2017).

Negara Indonesia kaya akan budaya, menurut Triawan, dengan pengemasan yang lebih baik diharapkan karnaval-karnaval seperti ini akan menarik wisatawan.

“Kita harus mengakui kita masih lemah dalam hal pengemasan,” ujar Triawan.

Disampaikan Triawan masih banyak negara lain yang budayanya tidak sekaya Indonesia. Namun, lanjut Kepala Bekraf, negara lain bisa mengemas budaya tersebut menjadi suguhan yang menarik.

Melalui penyelenggaraan karnaval-karnaval seperti ini, tambah Kepala Bekraf, diharapkan budaya Indonesia lebih dikenal masyarakat. Karnaval kali ini menampilkan kekayaan budaya dari perwakilan Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Ada juga penampilan rombongan Atlet Senam Indah Kota Bandung, Rombongan Rebana Pondok Pesantren Nurul Iman, Barisan Jaka Tarub, Kuda Renggong Sumedang, dan Kerja sama Masyarakat Adat.

Karnaval juga diramaikan dengan penampilan Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, Bebegig Ciamis, Domba Garut, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya berbagai provinsi di Indonesia.

Karnaval ini juga melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…