Media Sosial Bagi Setiap Muslim Digunakan Untuk Berdakwah

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 26 Agustus 2017 - 16:24 WIB

Rektor Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo (Foto Anto)
Rektor Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo (Foto Anto)

INDUSTRY.co.id - Serpong-Media sosial belakangan sangat marak dan digandrungi oleh berbagai kalangan. Namun sangat disayangkan jika pengguna medsos mempublikasi hal yang tidak diketahui kebenarannya. Bijaklah menggunakan media sosial agar tidak terjadi fitnah dan menggunjing orang.

Rektor Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ)Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo mengatakan seharusnya media sosial bagi setiap Muslim digunakan untuk berdakwah. Bukan malahan membuka aib atau berita hoax, makanya Mejelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang media sosial karena kehawatiran dampak buruk hoax di media sosial.

"Sebaiknya kita berhati-hati ketika mendapatkan berita melalui media sosial. Jangan buru-buru men-share berita-berita yang belum diketahui kebenarannya. Jika diketahui kebenarannya perlu ditimbang apakah apakah berita tersebut mendapatkan manfaat atau justru mendatangkan madarat," kata dia saatorasi ilmiah yang disampaikan pada Wisuda mahsiswa dan mahasiswi IIQ ke-18 di gedung Graha Widya Bhakti Puspitek Tangerang Selatan, Sabtu (26/8/2017).

Ia menyarankan agar masyarakatmempunyai sikap hati- hati, mawas diri dan cerdas literasi tentang media sosial. Selanjutnya, dalam menulis kalimat menghindari tajassus atau mencari-cari kesalahan orang lain dan tidak ghibah atau membicarakan aib atau keburukan orang lain.

"Para ulama sepakat bahwa mencari kesalahan orang lain dan menggunjing itu termasuk dosa besar dan para pelakunya harus segera bertaubat dan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan," kata dia.

Ia menambahkan hal yang penting pula dalam menggunakan media sosial, menjauhkan namimah atau mengadu domba, serta mengolok-olok orang lain."Maksudnya adalah membawa satu berita kepada pihak lain dengan maksud untuk mengadu domba dengan pihak lain. Kata kunci ini berkaitan dengan kata kunci pertama karena basanya berita yang dibawa adalah berita bohong. Namimah juga bisa berarti provokasi untuk tujuan tertentu," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).