Jember Fashion Carnaval Ramaikan Bandung Karnaval Kemerdekaan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 26 Agustus 2017 - 14:18 WIB

Jember Fashion Carnaval 2017 (Foto Ist)
Jember Fashion Carnaval 2017 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Jember Fashion Carnaval (JFC) ikut meramaikan Karnaval Kemerdekaan dengan menampilkan sekitar 60 peserta dengan menggunakan kostum yang sudah menang kompetisi di tingkat dunia.

"Kami akan menampilkan sekitar 60 talent yang mengenakan kostum yang sudah menang kompetisi di tingkat dunia, maupun koleksi terbaru JFC yang ditampilkan pada 13 Agustus 2017 ," ujar Presiden JFC Dynand Faris dalam rilis yang diterima Redaksi di Bandung, Sabtu (26/8/2017)

Menurutnya, JFC akan tampil dengan konsep marching band festival. Konsep ini fokus pada koreo, musik dan kostum yang disesuaikan dengan defile.

"Saya sendiri belum tahu posisi JFC di mana, apakah di opening atau di mana, karena saya baru tiba di Bandung tadi malam," kata dia.

Mengenai lintasan karnaval yang berkelok-kelok sejauh 3,8 km, kata Dynand, hal ini merupakan fenomena tersendiri. Karena umumnya, lintasan karnaval lurus, tetapi jika dengan lintasan yang berkolek-kelok itu peserta bisa rapi dan harmoni, justru akan menampilkan seni karnaval yang unik dan menarik.

Dynand mengatakan, karnaval kebudayaan yang dikemas untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ini patut diapresiasi untuk mendidik generasi muda. Di event ini, mereka diperkenalkan dengan keberagaman, busana, bahasa, suku, adat, dan warna-warni budaya.

"Di sini ada pendidikan budaya, ada pembelajaran nilai-nilai positif untuk menangkal persoalan-persoalan negatif seperti intoleransi," ujarnya.

Kata dia, Bandung sebagai kota heritage, tempat tumbuh komunitas kreatif, sebaiknya memiliki event tahunan budaya yang bisa menarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang. Bahkan event tersebut bisa ditingkatkan menjadi event internasional.

Dengan sarana dan prasarana yang ada, ia yakin Bandung bisa memiliki event seperti JFC. Sebab dari sisi alam dan bangunan yang ada, Bandung sendiri sudah cantik dengan gedung-gedung bersejarahnya.

"Hanya saja bagaimana langkah Kota Bandung untuk memolesnya supaya lebih semarak dengan kegiatan budaya," katanya.

JFC adalah event tahunan yang digagas Dynand Faris, putra asli Jember sejak tahun 1998. Hingga kini event tahunan yang berasal dari acara parade keluarga berbusana unik ini meluas ke lingkungan di sekitarnya, bahkan dunia.

Kini, JFC sudah menjadi kalender tahunan di Jember setiap bulan Agustus. Para artis asli daerah di karnaval ini selalu tampil memukai denga busana yang mengikuti trend fashion dunia, dengan sentuhan budaya lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Menteri Airlangga: APBN 2019 Akan Difokuskan pada Pembangunan SDM

Pemerintah telah menetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:25 WIB

Rehabilitasi Fasilitas Publik dan Rumah Tahan Gempa di Lombok Diintensifkan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk merehabilitasi fasilitas publik dan rumah dalam rangka percepatan pemulihan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat pasca…

Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:10 WIB

Tiga Infrastruktur Ini Ditergetkan Rampung Akhir 2019, Ini Masing-masing Anggaranya

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi Stadion Manahan Kota Surakarta, Pasar Atas Kota Bukittinggi, dan Pasar…