Jember Fashion Carnaval Ramaikan Bandung Karnaval Kemerdekaan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 26 Agustus 2017 - 14:18 WIB

Jember Fashion Carnaval 2017 (Foto Ist)
Jember Fashion Carnaval 2017 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Jember Fashion Carnaval (JFC) ikut meramaikan Karnaval Kemerdekaan dengan menampilkan sekitar 60 peserta dengan menggunakan kostum yang sudah menang kompetisi di tingkat dunia.

"Kami akan menampilkan sekitar 60 talent yang mengenakan kostum yang sudah menang kompetisi di tingkat dunia, maupun koleksi terbaru JFC yang ditampilkan pada 13 Agustus 2017 ," ujar Presiden JFC Dynand Faris dalam rilis yang diterima Redaksi di Bandung, Sabtu (26/8/2017)

Menurutnya, JFC akan tampil dengan konsep marching band festival. Konsep ini fokus pada koreo, musik dan kostum yang disesuaikan dengan defile.

"Saya sendiri belum tahu posisi JFC di mana, apakah di opening atau di mana, karena saya baru tiba di Bandung tadi malam," kata dia.

Mengenai lintasan karnaval yang berkelok-kelok sejauh 3,8 km, kata Dynand, hal ini merupakan fenomena tersendiri. Karena umumnya, lintasan karnaval lurus, tetapi jika dengan lintasan yang berkolek-kelok itu peserta bisa rapi dan harmoni, justru akan menampilkan seni karnaval yang unik dan menarik.

Dynand mengatakan, karnaval kebudayaan yang dikemas untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ini patut diapresiasi untuk mendidik generasi muda. Di event ini, mereka diperkenalkan dengan keberagaman, busana, bahasa, suku, adat, dan warna-warni budaya.

"Di sini ada pendidikan budaya, ada pembelajaran nilai-nilai positif untuk menangkal persoalan-persoalan negatif seperti intoleransi," ujarnya.

Kata dia, Bandung sebagai kota heritage, tempat tumbuh komunitas kreatif, sebaiknya memiliki event tahunan budaya yang bisa menarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang. Bahkan event tersebut bisa ditingkatkan menjadi event internasional.

Dengan sarana dan prasarana yang ada, ia yakin Bandung bisa memiliki event seperti JFC. Sebab dari sisi alam dan bangunan yang ada, Bandung sendiri sudah cantik dengan gedung-gedung bersejarahnya.

"Hanya saja bagaimana langkah Kota Bandung untuk memolesnya supaya lebih semarak dengan kegiatan budaya," katanya.

JFC adalah event tahunan yang digagas Dynand Faris, putra asli Jember sejak tahun 1998. Hingga kini event tahunan yang berasal dari acara parade keluarga berbusana unik ini meluas ke lingkungan di sekitarnya, bahkan dunia.

Kini, JFC sudah menjadi kalender tahunan di Jember setiap bulan Agustus. Para artis asli daerah di karnaval ini selalu tampil memukai denga busana yang mengikuti trend fashion dunia, dengan sentuhan budaya lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.