Karnaval Kemerdekaan di Bandung Libatkan 2.500 Peserta

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 26 Agustus 2017 - 10:04 WIB

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)
Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Karnaval Kemerdekaan yang bertajuk "Pesona Parahyangan 2017" di Kota Bandung, Jawa Barat, akan melibatkan 2.500 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia pada Sabtu (26/8/2017).
           
"2.500 peserta ini berasal dari perwakilan budaya 13 provinsi, 20 kabupaten/kota di Jawa Barat, 43 komunitas, serta perwakilan dari berbagai daerah," ujar Humas Karnaval Kemerdekaan Catharina Widyasrini di Bandung, Jumat 925/8/2017)
         
Ia mengatakan, karnaval kemerdekaan ini menjadi tradisi penutup perayaan puncak hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah digelar sejak 2015.
          
Untuk tahun 2017, Kota Bandung dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan karnaval kemerdekaan, dengan menampilkan berbagai budaya khas di Indonesia.
          
"Di tahun 2015 perayaan bertajuk 'karnaval khatulistiwa' digelar di Pontianak, dilanjutkan dengan karnaval kemerdekaan pesona Danau Toba di Parapat dan Balige Sumatera Utara," kata dia.
          
Sementara itu, kurator karnaval Aat Suratin mengatakan acara ini tidak hanya melibatkan tokoh-tokoh seniman dan budayawan Jawa Barat. Juga akan melibatkan seniman dari berbagai daerah lainnya.
          
"Semua yang ditampilkan di karnaval ini menggambarkan semangat kerja bersama, mulai dari peserta karnaval yang akan menampilkan seni tradisional dan kontemporer. Hingga kendaraan yang akan dinaiki oleh presiden," katanya.
          
Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 14.00 WIB dengan panjang lintasan hingga 3,8 kilometer. Rute sendiri akan mulai dari depan Gedung Sate, menuju Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), Jalan Merdeka menuju Taman Vanda. Di Taman Vanda, Joko Widodo bersama ibu negara dijadwalkan akan menyaksikan rangkaian karnaval.

Sementara itu Walikota Bandung Ridwan Kamil mengajak warga Bandung menggunakan pakaian adat atau pakaian nasional. Dengan begitu, suasana Tatar Parahyangan akan semakin terasa. Presiden Jokowi juga rencananya akan mengenakan pakaian adat Sunda.
         
"Keramaiannya akan sangat luar biasa dan diimbau warga kalau bisa karena semangatnya kebhinekaan, datang pake pakaian tradisional," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.