Bekraf Dorong Pengembangan Bisnis Kopi di Bondowoso

Oleh : Ridwan | Jumat, 25 Agustus 2017 - 16:05 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bondowoso- Dalam rangka pendukungan Festival Kopi Bondowoso, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Kelas Keuangan dan Pembiayaan Syariah di Hotel Ijen View, Bondowoso.

Bekraf memberikan pemahaman terkait ekonomi syariah, pengelolaan keuangan, pembiayaan perbankan syariah, dan pengembangan bisnis kopi lokal kepada 50 penggiat kopi yang terdiri dari pemilik kedai kopi dan pengelola hasil kopi di Bondowoso.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengungkapkan, bimbingan pengelolaan keuangan bermanfaat bagi pelaku usaha kreatif, termasuk penggiat kopi Bondowoso, untuk layak mendapat pembiayaan dari lembaga keuangan, baik perbankan maupun non perbankan.

"Yang sering terjadi pelaku usaha kreatif yang belum layak dibiayai (perbankan maupun non perbankan). Maka kami beri bimbingan tata kelola keuangan, termasuk pembukuan yang bankable," ungkap Fadjar melalui siaran persnya di Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (25/8/2017).

Ia menambahkan, Kami dari Bekraf memfasilitasi pertemuan antara penggiat kopi, perbankan, dan narasumber yang ahli dibidangnya.

"Hal ini untuk mempersiapkan penggiat kopi di Bondowoso yang ingin mengembangkan usaha dengan mengakses pembiayaan perbankan," terangnya.

Dikesempatan yang sama, salah satu pengembang bisnis kopi Indonesia sekaligus barista, Evani Jesslyn mengungkapkan, budaya kopi yang digandrungi masyarakat sekarang ini membuat masyarakat lebih aware kepada kopi.

"Saat ini kopi tidak disajikan secara tradisional, tetapi muncul banyak coffee shop yang mendukung kopi sebagai lifestyle," imbuh Evani.

Lebih lanjut, Evani menambahkan, kopi Bondowoso robusta, arabika, dan blue mountain kualitasnya sudah bagus dan masih bisa ditingkatkan.

Disisi lain, ia menilai dukungan pembiayaan dari perbankan akan mempercepat kemajuan penggiat kopi. Salah satu peran Bekraf terhadap kopi Indonesia yaitu dengan mempertemukan pebisnis kopi dan perbankan syariah. "Mari kita bersama-sama mengenalkan kopi Indonesia," pungkas Evani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Ciputra Residence melakukan ground breaking proyek EcoHome Apartement di kawasan Citra Raya Tangerang Banten, Sabtu (16/12/2017).

Minggu, 17 Desember 2017 - 07:30 WIB

Ciputra Residence Bangun 4 Tower Apartemen Terjangkau

Kebutuhan akan hunian kian terus meningkat, melihat antuasiasme tersebut PT Ciputra Residence melakukan ground breaking proyek EcoHome Apartement di kawasan Citra Raya Tangerang Banten, Sabtu…

Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Ulama menggelar konfrensi Pers aksi bela palestina 1712 (foto hidayatulah)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:58 WIB

Ma'ruf Amin Pastikan Aksi Bela Palestina Tidak Ada Unsur Politis

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada unsur politik praktis dalam aksi bela Palestina yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12).…

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:37 WIB

Enam Usulan Indonesia Terkait Penyelesaian Masalah Palestina

Presiden juga sudah menyampaikan enam usulan Indonesia dalam KTT luar biasa OKI.

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:30 WIB

Presiden Jokowi Yakin Aksi Bela Palestina Berlangsung Tertib

Presiden Joko Widodo meyakini Aksi Bela Palestina yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 atau disebut aksi 1712 berlangsung dengan tertib.

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:15 WIB

Menpora Harapkan Pemuda Harus Siap Tanggulangi Bencana

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.