Bekraf Dorong Pengembangan Bisnis Kopi di Bondowoso

Oleh : Ridwan | Jumat, 25 Agustus 2017 - 16:05 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bondowoso- Dalam rangka pendukungan Festival Kopi Bondowoso, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Kelas Keuangan dan Pembiayaan Syariah di Hotel Ijen View, Bondowoso.

Bekraf memberikan pemahaman terkait ekonomi syariah, pengelolaan keuangan, pembiayaan perbankan syariah, dan pengembangan bisnis kopi lokal kepada 50 penggiat kopi yang terdiri dari pemilik kedai kopi dan pengelola hasil kopi di Bondowoso.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengungkapkan, bimbingan pengelolaan keuangan bermanfaat bagi pelaku usaha kreatif, termasuk penggiat kopi Bondowoso, untuk layak mendapat pembiayaan dari lembaga keuangan, baik perbankan maupun non perbankan.

"Yang sering terjadi pelaku usaha kreatif yang belum layak dibiayai (perbankan maupun non perbankan). Maka kami beri bimbingan tata kelola keuangan, termasuk pembukuan yang bankable," ungkap Fadjar melalui siaran persnya di Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (25/8/2017).

Ia menambahkan, Kami dari Bekraf memfasilitasi pertemuan antara penggiat kopi, perbankan, dan narasumber yang ahli dibidangnya.

"Hal ini untuk mempersiapkan penggiat kopi di Bondowoso yang ingin mengembangkan usaha dengan mengakses pembiayaan perbankan," terangnya.

Dikesempatan yang sama, salah satu pengembang bisnis kopi Indonesia sekaligus barista, Evani Jesslyn mengungkapkan, budaya kopi yang digandrungi masyarakat sekarang ini membuat masyarakat lebih aware kepada kopi.

"Saat ini kopi tidak disajikan secara tradisional, tetapi muncul banyak coffee shop yang mendukung kopi sebagai lifestyle," imbuh Evani.

Lebih lanjut, Evani menambahkan, kopi Bondowoso robusta, arabika, dan blue mountain kualitasnya sudah bagus dan masih bisa ditingkatkan.

Disisi lain, ia menilai dukungan pembiayaan dari perbankan akan mempercepat kemajuan penggiat kopi. Salah satu peran Bekraf terhadap kopi Indonesia yaitu dengan mempertemukan pebisnis kopi dan perbankan syariah. "Mari kita bersama-sama mengenalkan kopi Indonesia," pungkas Evani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:18 WIB

Pemerintahan Presiden Jokowi-JK Berhasil Bangun Industri Pariwisata

Selama tiga tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah berhasil membangun industri pariwisata.

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS (Foto Ist)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:48 WIB

PT. PHE-WMO Salurkan Dana SHOUM Rp 157.400.000 Via BAZNAS

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE-WMO) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membantu pembangunan sejumlah rumah ibadah, pengadaan sumber air bersih berupa pompa…

Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina (Foto Nina)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:40 WIB

Medina Meluncurkan Houseware Halal Pertama di Indonesia

lndonesia International Halal Expo (INHALEC) 2017 merupakan event internasional yang mengekspos dan membahas 10 sektor industri halal diselenggarakan oleh Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC)…

Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:29 WIB

KEK Mandalika Hingga Tahun 2019 akan Ada 2000 Kamar Hotel

KEK Mandalika NTB diproyeksikan akan memiliki 10 ribu kamar hotel dengan target 2000 kamar hotel pada 2019

Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta NTB (20/10) siang. (Foto: Rahmat/Humas)

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:26 WIB

KEK Lhoksumawe-KEK Galang Dijadwalkan Beroperasi Akhir Tahun

Setelah Presiden Jokowi Presiden meresmikan beroperasinya KEK Mandalika, Jumat (20/10/2017) yang diharapkan sampai akhir tahun akan terdapat 2 KEK lagi yang beroperasi yaitu KEK Lhoksumawe dan…