Bekraf Dorong Pengembangan Bisnis Kopi di Bondowoso

Oleh : Ridwan | Jumat, 25 Agustus 2017 - 16:05 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bondowoso- Dalam rangka pendukungan Festival Kopi Bondowoso, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Kelas Keuangan dan Pembiayaan Syariah di Hotel Ijen View, Bondowoso.

Bekraf memberikan pemahaman terkait ekonomi syariah, pengelolaan keuangan, pembiayaan perbankan syariah, dan pengembangan bisnis kopi lokal kepada 50 penggiat kopi yang terdiri dari pemilik kedai kopi dan pengelola hasil kopi di Bondowoso.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengungkapkan, bimbingan pengelolaan keuangan bermanfaat bagi pelaku usaha kreatif, termasuk penggiat kopi Bondowoso, untuk layak mendapat pembiayaan dari lembaga keuangan, baik perbankan maupun non perbankan.

"Yang sering terjadi pelaku usaha kreatif yang belum layak dibiayai (perbankan maupun non perbankan). Maka kami beri bimbingan tata kelola keuangan, termasuk pembukuan yang bankable," ungkap Fadjar melalui siaran persnya di Bondowoso, Jawa Timur, Jumat (25/8/2017).

Ia menambahkan, Kami dari Bekraf memfasilitasi pertemuan antara penggiat kopi, perbankan, dan narasumber yang ahli dibidangnya.

"Hal ini untuk mempersiapkan penggiat kopi di Bondowoso yang ingin mengembangkan usaha dengan mengakses pembiayaan perbankan," terangnya.

Dikesempatan yang sama, salah satu pengembang bisnis kopi Indonesia sekaligus barista, Evani Jesslyn mengungkapkan, budaya kopi yang digandrungi masyarakat sekarang ini membuat masyarakat lebih aware kepada kopi.

"Saat ini kopi tidak disajikan secara tradisional, tetapi muncul banyak coffee shop yang mendukung kopi sebagai lifestyle," imbuh Evani.

Lebih lanjut, Evani menambahkan, kopi Bondowoso robusta, arabika, dan blue mountain kualitasnya sudah bagus dan masih bisa ditingkatkan.

Disisi lain, ia menilai dukungan pembiayaan dari perbankan akan mempercepat kemajuan penggiat kopi. Salah satu peran Bekraf terhadap kopi Indonesia yaitu dengan mempertemukan pebisnis kopi dan perbankan syariah. "Mari kita bersama-sama mengenalkan kopi Indonesia," pungkas Evani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Transportasi di Jakarta (Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:22 WIB

Dongkrak Daya Saing, Perusahaan Transportasi Minta Insentif Pajak dari Pemerintah

Perusahaan transportasi berharap adanya insentif pajak dari pemerintah berupa pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN).

Presiden Jokowi dan TGB (Foto Setkab)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:19 WIB

Presien Jokowi Terus Godok Siapa Cawapresnya, Temasuk Diantaranya TGB

Presiden RI Joko Widodo masih mematangkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pemilihan Umum Presiden 2019.

 Komunitas Ekonomi Jogja Istimewa untuk NYIA saat menyampaikan deklarasi dukungan percepatan bandara.(Foto: IST)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:16 WIB

Untuk Perkembangan Pariwisata, Masyarakat Ekonomi Jogja Penuh NYIA

Untuk perkembangan industri pariwisata di Yogyakarta, Masyarakat Ekonomi Jogja Istimewa menyatakan petisi dukungan terhadap Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:15 WIB

Masuk Daftar Negara Tidak Aman, India Luncurkan Kampanye Keselamatan

India, sebagai negara yang terkenal akan keindahan alam dan memiliki budaya yang unik ini dinilai berbahaya bagi perempuan. Pada baru-baru ini, Kementerian Pariwisata India meluncurkan sebuah…

Rahmad Baagil. adalah Pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 13:10 WIB

Try Out Menjelang Pemilu 2019

Pilkada serentak telah dilakasanakan dengan baik. Para kandidiat sudah mengetahui hasil akhir versi real count, walau ada beberapa perbedaan hasil di beberapa daerah, ada bebagai indikasi kecurangan…