Bakrie Group Siap Garap Energi Panas Bumi di Madiun

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 25 Agustus 2017 - 10:49 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Bakrie Group melalui PT Bakrie Darmakarya Energi, mengincar 2 titik sumber panas bumi alias harta karun energi di Madiun. Hal ini di ketahui dari hasil pertemuan dengan tim dari Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Madiun di ruang asisten bidang ekonomi dan pembangunan.

Senior Field Operation PT Bakrie Darmakarya Energi, Saiful Anwa mengatakan, dua titik sumber panas bumi yang diincar tersebut berada di Desa Mendak Kecamatan Dagangan.

"Di Kabupaten Madiun terdapat dua titik lokasi pengeboran rencananya maka kita adakan pertemuan dengan muspika untuk membahas prosedurnya. Sedangkan di Ponorogo terdapat satu titik, yakni di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Madiun juga," jelas Saiful usai pertemuan tersebut, Kamis (24/8/2017)

Saiful menambahkan untuk waktu pengerjaan dua titik sumur panas bumi di Desa Mendak, tergantung pada hasil pengeboran di Desa Ngebel. Target dari masing-masing sumur mampu menghasilkan listrik sebesar 55 megawatt.

Kepala Bidang ESDM, Aris Budi mengatakan KPPT Kabupaten Madiun memanggil PT Bakrie Darmakarya Energi selaku pemenang proyek pengerjaan energi panas bumi untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan awal proyek yang dilihat dari kelengkapan perizinan.

"Kami hanya ingin memastikan. Ini masih tahapan yang panjang. Rapat seperti ini akan kami sampaikan secara berkala. Bakrie akan melaporkan setiap progres di lokasi," tutut Aris.

Menurut Aris, seluruh proses terkait perizinan ditangani di tingkat provinsi. Sementara pihak Kabupaten Madiun, hanya memberikan fasilitas.

Karena cakupan wilayah ekspolrasi di Madiun lebih luas serta memiliki dua titik sumur, Pemkab Madiun berharap kantor serta fasilitas proyek dibangun di Madiun, bukan di Ponorogo.

"Kami sudah menyiapkan fasilitas, berupa lahan seluas lima hektar di sekitar lokasi," kata Aris

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.