KEIN: 4 Sektor Harus Jadi Prioritas Industri

Oleh : Irvan AF | Kamis, 24 Agustus 2017 - 19:38 WIB

Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional, Soetrisno Bachir (kedua dari kiri) pada sebuah diskusi grup terfokus. (Foto: Arah.com/ Harry Muthahhary)
Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional, Soetrisno Bachir (kedua dari kiri) pada sebuah diskusi grup terfokus. (Foto: Arah.com/ Harry Muthahhary)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengusulkan empat sektor industri harus menjadi prioritas untuk memajukan dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Empat sektor industri yang terdiri dari agro industri, maritim, pariwisata, dan industri kreatif dinilai mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki Indonesia.

"Ada 4 sektor yang harus kita prioritaskan, atau prioritas industri dalam rangka meningkatkan ekonomi nasional. Industri pertanian, maritim industri, pariwisata, dan ekonomi kreatif," kata Ketua KEIN Soetrisno Bachir saat dijumpai di kediamannya, Kamis (24/8/2017).

Menurut pria yang akrab disapa Tris itu, sektor pertanian dan maritim sangat penting diprioritaskan karena bisa menjadi sustitusi impor. Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai ketergantungan Indonesia terhadap barang impor akan terputus jika industri pertanian dan maritim dikembangkan.

"Industri agro dan industri maritim akan menjadi andalan kita untuk memutus impor. Selama ini kita masih mengimpor gula, beras, garam, dan berbagai kebutuhan pokok. Jika pertanian dan maritim ini kita kembangkan menjadi industri, akan menjadi substitusi impor," ujar Tris.   

Tris juga menilai dua industri itu sangat cocok diaplikasikan untuk prioritas. Pasalnya, menilik demografi nasional Indonesia, khususnya di daerah sehingga bisa menyerap tenaga kerja dengan tingkat pendidikan rendah.

"Selama ini, petani dan nelayan kita masih miskin. Pendidikan mereka rendah. Sementara mereka banyak sekali tersebar di pelosok daerah. Jumlahnya besar sekali. Itu bonus demografi itu jangan sampai bencana. Kita harus menjadikan bonus demografi sebagai aset, jangan jadi liabilitas," tegas Tris.

Khusus industri pertanian dan maritim, Tris mengatakan, perlu pembenahan khusus. Ia menilai karena saat ini, hasil pertanian belum bisa bersaing dengan pasar internasional.

"Banyak kejanggalan yang kita punya padahal kita memiliki semuanya. Tapi karena nggak ada fokus kita kalah. Termasuk di maritim," jelasnya.

Ia memberi contoh, di industri maritim sebelumnya pemerintah mengklaim ikan di laut Indonesia dicuri dengan kerugian 300 triliun per tahun. "Nah sekarang kalau nggak dicuri apakah kita bisa dapat Rp300 triliun? Nggak karena ga ada fokus," kata Tris.

Dua sektor lainnya, yakni industri pariwisata dan ekonomi kreatif, menurut Tris juga sangat penting untuk dikembangkan. Menurutnya, jumlah kunjungan wisata ke Indonesia harus ditingkatkan melalui kemasan industri kreatif yang mumpuni.

"Indonesia ini luas, masa pariwisatanya masih kalah sama Malaysia dan Thailand? Kita harus bisa memajukan pariwisata, jangan hanya di Bali saja," ujar Tris.

"Kita bisa mengembangkan empat sektor ini dengan bantuan ekonomi kreatif. Kemasan pariwisata akan lebih menari. Petani dan nelayan juga bisa dibantu pemasarannya dengan industri kreatif," tegas Tris menutup.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…