Pembangunan Pabrik Semen di Papua Perlu Dikaji

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 Agustus 2017 - 17:43 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Timika- Direktur Pemasaran dan Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Ahyanizzaman mengatakan pihaknya masih perlu melakukan pengkajian terkait kemungkinan pembangunan pabrik semen di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

"Tentu kita sudah bicara kemarin dengan Bupati Wamena dan juga Sekdanya bahwa itu perlu dikaji," kata Ahyanizzaman di Timika, Rabu (23/8/2017)

Menurutnya dari segi ketersediaan bahan baku di Wamena sangat mencukupi. Namun terkendala sejumlah hal antara lain biaya energi yaitu batubara dan listrik.

"Tapi nanti kita pikirkan dan bikin studinya dengan pihak Pemprov Papua untuk melihat secara keseluruhan untuk pembangunan pabrik semen tersebut," ujarnya.

Sementara itu terkait kemungkinan pembangunan pabrik pengemasan semen di Papua menurut Ahyanizzaman, saat ini Semen Indonesia telah memiliki pabrik pengemasan sendiri di Sorong. Untuk itu juga perlu dikaji terkait persoalan permintaan yang harus mencapai 300.000 ton setahun.

"Nanti kita akan lihat apakah kebutuhan itu sudah sampai jumlah itu, jika demikian maka akan dibuatkan pabrik pengemasan. Nanti kita lihat kedepannya. Namun sekali lagi masalah transportasi untuk distribusi semen dari Sorong ke wilayah selatan Papua dan sebagainnya juga menjadi kendala," katanya.

Menurutnya untuk saat ini membawa semen dari Makassar ke Timika dan selanjutnya ke Wamena untuk didistribusikan ke beberapa kabupaten di pegunungan tengah Papua dalam program semen harga terjangkau merupakan langkah optimal dalam mengatasi disparitas harga semen di Papua.

Kabupaten yang menjadi perhatian dan target dari program semen harga terjangkau di Papua antara lain Jayawijaya, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga, Yalimo, dan Membramo Tengah.

Ahyanizzaman juga mengatakan bahwa BUMN, PT Semen Indonesia komitmen seperti yang dicanangkan oleh Menteri BUMN yaitu hadir untuk negeri, komitmen bagi pembanguna daerah-daerah yang membutuhkan perhatian khusus.

Ia juga berharap agar nantinya logistik akan semakin baik dengan rampungnya pembangunam jalur darat dari Wamena ke kabupaten-kabupaten lain di wilayah pegunungan agar membantu pendistribusian semen sehingga pembangunan di daerah akan semakin murah.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.