Pembangunan Pabrik Semen di Papua Perlu Dikaji

Oleh : Ridwan | Kamis, 24 Agustus 2017 - 17:43 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Timika- Direktur Pemasaran dan Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Ahyanizzaman mengatakan pihaknya masih perlu melakukan pengkajian terkait kemungkinan pembangunan pabrik semen di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

"Tentu kita sudah bicara kemarin dengan Bupati Wamena dan juga Sekdanya bahwa itu perlu dikaji," kata Ahyanizzaman di Timika, Rabu (23/8/2017)

Menurutnya dari segi ketersediaan bahan baku di Wamena sangat mencukupi. Namun terkendala sejumlah hal antara lain biaya energi yaitu batubara dan listrik.

"Tapi nanti kita pikirkan dan bikin studinya dengan pihak Pemprov Papua untuk melihat secara keseluruhan untuk pembangunan pabrik semen tersebut," ujarnya.

Sementara itu terkait kemungkinan pembangunan pabrik pengemasan semen di Papua menurut Ahyanizzaman, saat ini Semen Indonesia telah memiliki pabrik pengemasan sendiri di Sorong. Untuk itu juga perlu dikaji terkait persoalan permintaan yang harus mencapai 300.000 ton setahun.

"Nanti kita akan lihat apakah kebutuhan itu sudah sampai jumlah itu, jika demikian maka akan dibuatkan pabrik pengemasan. Nanti kita lihat kedepannya. Namun sekali lagi masalah transportasi untuk distribusi semen dari Sorong ke wilayah selatan Papua dan sebagainnya juga menjadi kendala," katanya.

Menurutnya untuk saat ini membawa semen dari Makassar ke Timika dan selanjutnya ke Wamena untuk didistribusikan ke beberapa kabupaten di pegunungan tengah Papua dalam program semen harga terjangkau merupakan langkah optimal dalam mengatasi disparitas harga semen di Papua.

Kabupaten yang menjadi perhatian dan target dari program semen harga terjangkau di Papua antara lain Jayawijaya, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga, Yalimo, dan Membramo Tengah.

Ahyanizzaman juga mengatakan bahwa BUMN, PT Semen Indonesia komitmen seperti yang dicanangkan oleh Menteri BUMN yaitu hadir untuk negeri, komitmen bagi pembanguna daerah-daerah yang membutuhkan perhatian khusus.

Ia juga berharap agar nantinya logistik akan semakin baik dengan rampungnya pembangunam jalur darat dari Wamena ke kabupaten-kabupaten lain di wilayah pegunungan agar membantu pendistribusian semen sehingga pembangunan di daerah akan semakin murah.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 (Foto:sindobatam.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:15 WIB

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 Harapkan Jadi Pintu Gerbang Wisman ke Batam

Festival budaya berskala internasional, BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 yang diselenggarakan di Jalan Imam Bonjol, Nagoya, Kepulauan Riau, Batam pada Sabtu (16/12/2017). Penyelenggaraan…

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.

Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 Desember 2017 - 09:49 WIB

Hari ini, IHSG Bakal Lanjutkan Kenaikan untuk Tembus ke 6.125

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus melanjutkan kenaikan serta berupaya untuk menembus level 6.125 setelah pada akhir…