Pabrik Semen di Rembang Beroperasi, Semen Indonesia Nikmati Kenaikan Penjualan Hingga 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Agustus 2017 - 12:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Beroperasinya pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Rembang memberikan dampak yang positif pada kinerja perseroan.

"Sebagai pengelola pabrik di Rembang, Semen Gresik menikmati kenaikan penjualan 10% pada periode Januari hingga Juli tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Direktur Utama Semen Gresik, Gatot Kustyadji di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Menurut Gatot, pabrik di Rembang, telah beroperasi sejak dua bulan silam dengan kapasitas penuh mencapai 3 juta ton per tahun, sedangkan total kapasitas pabrik di Tuban mencapai 14 juta ton per tahun dengan utilisasi pabriknya mencapai 98%.

"Pada periode Januari hingga Juli, penjualan Semen Gresik tercatat 8.139.303 ton. Pertumbuhan penjualan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan penjualan semen di Jawa sebesar 9,8% atau pertumbuhan penjualan secara nasional yang mencapai 5%," ungkap Gatot.

Gatot mengatakan, total permintaan semen di Pulau Jawa pada periode tersebut tahun ini mencapai 19.690.556 ton. ''Pada semester kedua ini memang terasa ada kenaikan permintaan yang cukup tinggi. Bulan ini permintaan juga mulai membaik setelah awal tahun cukup lesu,'' ujar Gatot.

Namun, kenaikan tertinggi dialami produk semen curah. Hal itu berkaitan dengan mulai berjalannya proyek-proyek infrastruktur.

Semen Gresik menyuplai wilayah seperti Jawa, Bali, dan sebagian Kalimantan. Dari total penjualan, sekitar 30% berasal dari Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasukan Brimob/Polisi (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

Tugas Tugas Berat Polri Jelang dan Pasca Pilpres 2019

Indonesa Police Watch (IPW) mendata ketiga tugas berat Polri itu yakni; Pertama, mengantisipasi rasa percaya diri yang berlebihan dari para pendukung capres. Sebab dikhawatirkan jika capresnya…

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi akan Hadiri Seminar Revolusi Industri 4.0 di Surabaya

Presiden Jokowi jadi pembicara kunci seminar berjudul "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang" bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta Gubernur Jawa…

Petani sedang membajak lahan persawahan

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Pendekatan E Commerce, Penjualan Pertanian Lebih Cepat

Sentul - Riyanto, Ekonom Universitas Indonesia, menuturkan implementasi teknologi 4.0 di sektor pertanian sangat bermanfaat bagi konsumen dan petani untuk mendekatkan distribusi.

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:54 WIB

Stop Impor Pangan Harga Beli Petani Tidak Jatuh

Sentul - Impor pangan memang seharusnya terus dikurangi terutama masa panen. Jika tanpa impor saat itu, petani bisa menikmati untung hasil jerih payahnya.

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 07:44 WIB

Kementerian Pertanian Dorong Generasi Milenial Masuk Industri Pertanian 4.0

Sentul - Kementerian Pertanian (Kementan) RI siap memasuki revolusi industri 4.0 dalam rangka mendorong modernisasi pertanian dan generasi milenial di sektor pertanian. Berbagai kebijakan yang…