Pabrik Semen di Rembang Beroperasi, Semen Indonesia Nikmati Kenaikan Penjualan Hingga 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Agustus 2017 - 12:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Beroperasinya pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Rembang memberikan dampak yang positif pada kinerja perseroan.

"Sebagai pengelola pabrik di Rembang, Semen Gresik menikmati kenaikan penjualan 10% pada periode Januari hingga Juli tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Direktur Utama Semen Gresik, Gatot Kustyadji di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Menurut Gatot, pabrik di Rembang, telah beroperasi sejak dua bulan silam dengan kapasitas penuh mencapai 3 juta ton per tahun, sedangkan total kapasitas pabrik di Tuban mencapai 14 juta ton per tahun dengan utilisasi pabriknya mencapai 98%.

"Pada periode Januari hingga Juli, penjualan Semen Gresik tercatat 8.139.303 ton. Pertumbuhan penjualan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan penjualan semen di Jawa sebesar 9,8% atau pertumbuhan penjualan secara nasional yang mencapai 5%," ungkap Gatot.

Gatot mengatakan, total permintaan semen di Pulau Jawa pada periode tersebut tahun ini mencapai 19.690.556 ton. ''Pada semester kedua ini memang terasa ada kenaikan permintaan yang cukup tinggi. Bulan ini permintaan juga mulai membaik setelah awal tahun cukup lesu,'' ujar Gatot.

Namun, kenaikan tertinggi dialami produk semen curah. Hal itu berkaitan dengan mulai berjalannya proyek-proyek infrastruktur.

Semen Gresik menyuplai wilayah seperti Jawa, Bali, dan sebagian Kalimantan. Dari total penjualan, sekitar 30% berasal dari Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berfoto bersama penerima penghargaan Kemenperin (Foto: Dok. Industry.co id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:30 WIB

Menperin Berikan Tujuh Kategori Penghargaan Kepada Unit Satuan Kerja di Lingkungan Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar acara "Penganugerahan Penghargaan Kementerian Perindustrian" yang digelar di Ruang Garuda Kemenperin, Jakarta.

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB (Foto Humas)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:23 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan sejumlah bantuan untuk para penggungsi akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…