Pabrik Semen di Rembang Beroperasi, Semen Indonesia Nikmati Kenaikan Penjualan Hingga 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Agustus 2017 - 12:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Beroperasinya pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Rembang memberikan dampak yang positif pada kinerja perseroan.

"Sebagai pengelola pabrik di Rembang, Semen Gresik menikmati kenaikan penjualan 10% pada periode Januari hingga Juli tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Direktur Utama Semen Gresik, Gatot Kustyadji di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Menurut Gatot, pabrik di Rembang, telah beroperasi sejak dua bulan silam dengan kapasitas penuh mencapai 3 juta ton per tahun, sedangkan total kapasitas pabrik di Tuban mencapai 14 juta ton per tahun dengan utilisasi pabriknya mencapai 98%.

"Pada periode Januari hingga Juli, penjualan Semen Gresik tercatat 8.139.303 ton. Pertumbuhan penjualan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan penjualan semen di Jawa sebesar 9,8% atau pertumbuhan penjualan secara nasional yang mencapai 5%," ungkap Gatot.

Gatot mengatakan, total permintaan semen di Pulau Jawa pada periode tersebut tahun ini mencapai 19.690.556 ton. ''Pada semester kedua ini memang terasa ada kenaikan permintaan yang cukup tinggi. Bulan ini permintaan juga mulai membaik setelah awal tahun cukup lesu,'' ujar Gatot.

Namun, kenaikan tertinggi dialami produk semen curah. Hal itu berkaitan dengan mulai berjalannya proyek-proyek infrastruktur.

Semen Gresik menyuplai wilayah seperti Jawa, Bali, dan sebagian Kalimantan. Dari total penjualan, sekitar 30% berasal dari Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:19 WIB

Sering Kecelakaan, Pemerintah Hentikan Seluruh Proyek Tol Layang

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Terkait insiden ambruknya beton proyek pembangunan tol Becakkayu, Jakarta Timur pemerintah memutuskan sementara memberhentikan sementara pekerjan konstruksi yang berat…

Rizieq Shihab Imam Besar Front Pembela Islam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:16 WIB

Habib Rizieq Tunda Kepulangan ke Indonesia

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq menunda kepulangannya ke tanah air. Penundaannya tersebut sesuai dengan hasil sholat istikhoroh.

Gubernur Jambi Zumi Zola (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:14 WIB

Zumi Zola Tegaskan Pilkada di Jambi Harus Sesuai Aturan

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tiga daerah di Provinsi Jambi harus terlaksana dengan baik tanpa melanggar hukum dan sesuai aturan yang berlaku.

Mustafa Bupati Lampung Tengah (Foto Dok Radar)

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:11 WIB

Partai Nasdem Tetap Dukung Mustafa Sebagai Cagub Lampung

Partai NasDem tetap mendukung Mustafa sebagai calon gubernur Provinsi Lampung, meskipun telah ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka dalam perkara suap atau gratifikasi.

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:02 WIB

Mentan Andi Minta Anggaran Fokus ke Sektor Produksi Pertanian

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Pertanian Tahun 2019 yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Lingkup Pertanian Provinsi…