Jakarta Raih Anugerah Kota Ramah Anak dan Perempuan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 22 Desember 2016 - 10:42 WIB

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

INDUSTRY.co.id - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil menjadikan Jakarta meraih kembali penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2016. Penghargaan ini pernah diterima Jakarta tahun 2014.

Tidak tanggung-tanggung, jika 2014 DKI hanya meraih penghargaan APE untuk kategori Utama, tahun ini Jakarta mampu meraih kategori tertinggi yaitu Mentor.

Apapun ini adalah keberhasilan Jakarta dibawah kepemimpinan Ahok. Jakarta ditangan Ahok layak menerima Anugerah ParahitaEkapraya (APE) karena dinilai telah berhasil dalam melaksanakan pembangunan atau keberpihakan kebijakan pembangunan dan pemerintahan pada perempuan dan telah berhasil menjaga kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Penghargaan APE ini Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mewakili Basuki Tjahaja Purnama yang sedang menjalankan cuti langsung dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wapres Jakarta, Rabu, (21/12)

Usai menerima Anugerah Parahita Ekapraya, Soni Sumarsono menegaskan bahwa penghargaan ini buah karya dan tidak terlepas dari keberhasilan pemerintahan dibawah Gubernur Ahok dalam tiga tahun terakhir.

"Saya sangat apreciate kepada Pak Ahok yang telah mengembangkan perencanaan pembangunan berwawasan jender dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak di 80 lokasi, dikembangkan oleh pak Ahok dan ini merupakan program perempuan," ujar Soni di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Soni sangat memuji kepemimpinan Ahok yang dinilai berhasil karena telah memberikan ruang interaksi antara masyarakat dan sekaligus menyediakan media bagi kaum perempuan, remaja dan anak-anak yang nyaman melalui berbagai fasilitas berstandar tempat rekreasi.

"Ruang publik terpadu ramah anak, baru hanya ada di Jakarta, menariknya pola pembiayaan datang dari sektor privat yakni CSR, kewajiban kompensasi dan APBD," ujar Soni yang juga menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah ini.

Ruang ramah anak dan perempuan ini dikembangkan secara intensif oleh Gubernur DKI Petahana Ahok menunjukkan komitmennya kepada kaum perempuan dan anak-anak. Bahkan kini RPTRA dijadikan basis interaksi antar warga masyarakat.

Baru-baru ini kelompok Astra Group mendukung penuh kegiatan RPTRA dengan menggelar acara Gebyar RPTRA. Dalam sambutannya saat membuka Gebyar RPTRA, Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono menegaskan bahwa gagasan yang baik dari Ahok ini akan dikembangkan dan diperbanyak jumlahnya dengan dukungan baik dari swasta maupun APBD 2017.

"Apa yang telah diperbuat pak Ahok sangat bagus, sebagai pelaksana tugas Gubernur saya hanya melanjutkan pembangunan yang sudah beliau rencanakan untuk kota Jakarta," pungkas Soni yang juga alumni Universitas Gajah Mada ini. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…