Industri Kreatif Bergairah Usai Presiden Jokowi Berbusana Daerah

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Agustus 2017 - 08:35 WIB

Desainer Amy Atmanto (Foto Ist)
Desainer Amy Atmanto (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Desainer Amy Atmanto menilai industri kreatif khususnya fashion semakin bergairah setelah Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara serta sejumlah pejabat negara lainnya menggunakan busana daerah pada Perayaaan HUT ke-72 Republik Indonesia.

"Perayaan 17 Augustus kemarin jelas akan membangkitkan semangat pegiat kreatif di industri fashion tanah air, khususnya pengrajin kain dan aksesoris atau mutu manikam khas nusantara yang memiliki makna kekayaan filosofi budaya," kata Amy Atmanto di Jakarta, Selasa (22/8/2017)

Dikatakannya secara tidak langsung tentunya akan berdampak kepada kemajuan industri fashion tanah air hingga ke mancanegara, dengan semangat maksimal memajukan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tiap helai dari berbagai kawasan di tanah air hingga keragaman busana yang mengandung arti tersendiri dari segi nilai sejarah.

"Jelas saya excited terhadap pasar," ujar Desainer yang memperoleh penghargaan dari Ibu Negara RI pada 2010.

Amy mengatakan kalau saja Presiden dan Ibu negara dalam setiap kesempatan dapat mengenakan busana inspirasi tradisional, minimal dalam helai kain yang digunakan dalam busana keseharian beliau beserta aksesoris yang seluruhnya mengandung makna filosofis dan nilai budaya yang dapat menjadi cerita tersendiri.

"Tentunya akan lebih luar biasa pasti promosi budaya dan potensi industri kreatif tanah air," katanya.

Tidak akan bisa disamakan dengan helai kain yang dikenakan kebanyakan desainer dunia, Indonesia punya Presiden dan Ibu yang senantiasa mengenakan kain etnik khas tanah air yang memiliki makna filosofis yang magis.

"Bayangkan kalau kita punya "The Mr President & First Ladies Wardrobe Stories atau handbook yang semuanya berisi cerita tentang keragaman hasil warisan budaya bangsa," katanya.

Disitulah nilai dari hasil kekayaan warisan budaya Indonesia yang sekiranya melalui beliau sebagai ujung tombak, dapat mengangkat dan menggerakan seluruh potensi industri kreatif ndonesia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…