PLN Tambah Pasokan Listrik di Kalsel-Kalteng

Oleh : Herry Barus | Kamis, 22 Desember 2016 - 09:42 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - PT PLN (Persero) menambah pasokan daya listrik sebesar 60 MW pada sistem Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

General Manager PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Purnomo dalam rilis di Jakarta, Rabu mengatakan, tambahan pasokan berasal dari Pembangkit Listrik Tenag Uap (PLTU) Pulang Pisau Unit 2 sebesar 60 MW.

"Setelah unit pertama yang beroperasi, PLTU unit kedua segera menyusul," katanya.

Menurut dia, saat ini, PLTU Pulang Pisau Unit 2 yang akan menyelesaikan tahapan tes akhir, sudah memasok ke sistem kelistrikan Kalsel dan Kalteng (Kalselteng).

PLTU yang dibangun dengan investasi Rp1,9 triliun di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah mempunyai daya terpasang 2x60 MW.

Purnomo mengatakan, penambahan daya PLTU tersebut akan memperkuat sistem kelistrikan Kalselteng dengan daya mampu 550 MW dan beban puncak 530 MW.

"Dengan masuknya PLTU Pulang Pisau Unit 2, maka daya mampu Kalselteng meningkat menjadi 600 MW," katanya.

Ia menambahkan, pembangkit baru yang juga telah beroperasi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai 155 MW.

Dengan selesainya pembangunan transmisi 150 kiloVolt (kV) dari Gardu Induk (GI) Bangkanai ke GI Muara Teweh dan ke GI Buntok, saat ini pembangkit berbahan bakar gas tersebut telah menyuplai 47 MW untuk Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dan Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

"PLN juga terus bekerja keras mempercepat penyelesaian pembangunan jaringan transmisi 150 kV yang menghubungkan Kota Buntok ke Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong," ujarnya.

Apabila pembangunan transmisi tersebut selesai, lanjut Purnomo, maka daya PLTMG Bangkanai dapat masuk ke sistem interkoneksi Kalselteng, sehingga akan meningkatnya pasokan listrik bagi masyarakat Kalselteng.

"Bertambahnya daya mampu listrik otomatis akan memperkuat kemampuan PLN menyambung listrik secara masif, sejalan dengan telah dibukanya penyambungan pelanggan baru. Hal ini sesuai dengan komitmen PLN untuk melistriki desa-desa terpencil," katanya.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menambahkan, hingga saat ini PLN telah melistriki 27 desa di Kalimantan Selatan dan enam desa di Kalimantan Tengah melalui program listrik desa.

Sedangkan, dengan masih berjalannya pembangunan infrastruktur listrik yang memasuki tahap akhir di beberapa desa, pada akhir 2016, PLN menargetkan akan menyambung tambahan 28 desa di Kalimantan Selatan dan 51 desa di Kalimantan Tengah.

"Total PLN akan melistriki 112 desa untuk kedua provinsi tersebut," kata Made.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…