Kreatifood 2017 Harapkan Kopi Palembang Makin Diminati

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Agustus 2017 - 06:39 WIB

Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)
Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Resmi digelar, Kreatifood 2017 diselenggarakan di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan. Pembukaan Kreatifood 2017 ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf.  

Penyelenggaraan Kreatifood 2017 ini baru pertama kali diselenggarakan dan Palembang menjadi kota pertama. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI). 

"Palembang itu memiliki kuliner khas yaitu Pempek, bukan dari daerah lain. Untuk pertana kalinya, Kreatifood diselenggarakan di Palembang, di pinggir sungai Musi di dalam kawasan Benteng Kuto Basak," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin dalam sambutan pembukaan Festival Kreatifood di Palembang, Sumsel, Selasa, (22/8/2017). 

Sementara, turut hadir pula Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengatakan, "Kuliner merupakan bagian ekonomi kreatif yang menyumbangkan 41,69 persen atau senilai Rp 852 triliun," katanya. 

Sambung Triawan, Bekraf akan tetap mendukung Sumsel sampai kapanpun sebagai kuntuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya dalam hal ekonomi kreatif. 

"Penyelenggaraan Kreatifood ini diselenggarakan selama enam hari dan diselenggarakan untuk mengenal kopi Indonesia dan harapannya akan menjadi pusat kunjungan masyarakat Palembang  dan diharuskan untuk sampai tahun depan dan seterusnya," ungkapnya.

Sementara, menurut Ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Sinaga mengatakan kepada Industry.co.id, "Ini merupakan inisasi dari Pemda dan Bekraf dan saya berharap ini kopi di Palembang dapat mempunyai branding sebagai pengolahan kopi khas Indonesia, khususnya Palembang, karena kopi Palembang masih kurang promosi dan kurang dikembangkan," kata dia, di Benteng Kuto Basak, Palembang, Selasa (22/8/2017).

Dalam Kreatifood 2017 ini banyak kopi khas yang disuguhkan dalam festival ini yakni  kopi Sumende, kopi Linggau, kopi Pagar Alam, kopi Lahat, kopi Muara Enim, dan Kopi Okut Selatan. 

"Di sini ada 10 stand yang menyediakan makanan kuliner khas Nusantara sedangakn kopi hanya stand dan uniknya mereka para barista memperkenalkan kopi dengan cara yang unik, ada juga yang mereka mix dengan satu kopi dengan jenis kopi lainnya," pungkas Irene.

Kreatifood 2017 digelar di dua tempat yakni di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang Sumatera Selatan untuk memperkenalkan kopi, sedangkan pada tanggal 22 - 27 Agustus 2017, dan  di Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan, pada tanggal 6 - 10 September 2017 untuk memperkenalkan soto khas Makassar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani (Foto Ist)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:15 WIB

Kadin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2019 di Kisaran 5,3 Persen

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 sebesar 5,3% atau di bawah target pemerintah sebesar 5,4%-5,8%.

Rizal Calvary Marimbo Juru Bicara Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) (Foto Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:15 WIB

Ribut DMO Batu Bara Bukti Visi EBT Jonan-PLN Sangat Lemah

Tarik-ulur soal implementasi Domestik Market Obligation batu bara terus berlanjut. Terakhir, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan…

Zedd dan BTS (Foto : Allkpop)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:00 WIB

BTS Pastikan Akan Kolaborasi Dengan Zedd

Saat hadir di Billboard Music Awards 2018, BTS diwawancarai oleh salah satu stasiun radio Amerika di backstage. Anggota Bangtan Boys memberikan jawaban terkait pertanyaan soal kolaborasi mereka…

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 14:45 WIB

Lewat Tiga Brand-nya, Indofood Jadi Official Partner Ajang Asian Games 2018

Sebagai salah satu perusahaan pangan nasional di Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, melalui tiga brand-nya yaitu Indomie, Pop Mie, dan Indomilk, menyatakan dukungannya sebagai official…

Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:31 WIB

Pengunjung Merosot, Toko Apple Tutup di Amerika Serikat

Kabar nelangsa industri ritel datang silih berganti. Bukan hanya toko pakaian, makanan, dan furnitur, bahkan pebisnis teknologi wahid pun mesti melepas aset propertinya. Kali ini, giliran raksasa…