Kreatifood 2017 Harapkan Kopi Palembang Makin Diminati

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Agustus 2017 - 06:39 WIB

Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)
Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Resmi digelar, Kreatifood 2017 diselenggarakan di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan. Pembukaan Kreatifood 2017 ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf.  

Penyelenggaraan Kreatifood 2017 ini baru pertama kali diselenggarakan dan Palembang menjadi kota pertama. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI). 

"Palembang itu memiliki kuliner khas yaitu Pempek, bukan dari daerah lain. Untuk pertana kalinya, Kreatifood diselenggarakan di Palembang, di pinggir sungai Musi di dalam kawasan Benteng Kuto Basak," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin dalam sambutan pembukaan Festival Kreatifood di Palembang, Sumsel, Selasa, (22/8/2017). 

Sementara, turut hadir pula Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengatakan, "Kuliner merupakan bagian ekonomi kreatif yang menyumbangkan 41,69 persen atau senilai Rp 852 triliun," katanya. 

Sambung Triawan, Bekraf akan tetap mendukung Sumsel sampai kapanpun sebagai kuntuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya dalam hal ekonomi kreatif. 

"Penyelenggaraan Kreatifood ini diselenggarakan selama enam hari dan diselenggarakan untuk mengenal kopi Indonesia dan harapannya akan menjadi pusat kunjungan masyarakat Palembang  dan diharuskan untuk sampai tahun depan dan seterusnya," ungkapnya.

Sementara, menurut Ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Sinaga mengatakan kepada Industry.co.id, "Ini merupakan inisasi dari Pemda dan Bekraf dan saya berharap ini kopi di Palembang dapat mempunyai branding sebagai pengolahan kopi khas Indonesia, khususnya Palembang, karena kopi Palembang masih kurang promosi dan kurang dikembangkan," kata dia, di Benteng Kuto Basak, Palembang, Selasa (22/8/2017).

Dalam Kreatifood 2017 ini banyak kopi khas yang disuguhkan dalam festival ini yakni  kopi Sumende, kopi Linggau, kopi Pagar Alam, kopi Lahat, kopi Muara Enim, dan Kopi Okut Selatan. 

"Di sini ada 10 stand yang menyediakan makanan kuliner khas Nusantara sedangakn kopi hanya stand dan uniknya mereka para barista memperkenalkan kopi dengan cara yang unik, ada juga yang mereka mix dengan satu kopi dengan jenis kopi lainnya," pungkas Irene.

Kreatifood 2017 digelar di dua tempat yakni di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang Sumatera Selatan untuk memperkenalkan kopi, sedangkan pada tanggal 22 - 27 Agustus 2017, dan  di Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan, pada tanggal 6 - 10 September 2017 untuk memperkenalkan soto khas Makassar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…