Kreatifood 2017 Harapkan Kopi Palembang Makin Diminati

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Agustus 2017 - 06:39 WIB

Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)
Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Resmi digelar, Kreatifood 2017 diselenggarakan di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan. Pembukaan Kreatifood 2017 ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf.  

Penyelenggaraan Kreatifood 2017 ini baru pertama kali diselenggarakan dan Palembang menjadi kota pertama. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI). 

"Palembang itu memiliki kuliner khas yaitu Pempek, bukan dari daerah lain. Untuk pertana kalinya, Kreatifood diselenggarakan di Palembang, di pinggir sungai Musi di dalam kawasan Benteng Kuto Basak," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin dalam sambutan pembukaan Festival Kreatifood di Palembang, Sumsel, Selasa, (22/8/2017). 

Sementara, turut hadir pula Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengatakan, "Kuliner merupakan bagian ekonomi kreatif yang menyumbangkan 41,69 persen atau senilai Rp 852 triliun," katanya. 

Sambung Triawan, Bekraf akan tetap mendukung Sumsel sampai kapanpun sebagai kuntuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya dalam hal ekonomi kreatif. 

"Penyelenggaraan Kreatifood ini diselenggarakan selama enam hari dan diselenggarakan untuk mengenal kopi Indonesia dan harapannya akan menjadi pusat kunjungan masyarakat Palembang  dan diharuskan untuk sampai tahun depan dan seterusnya," ungkapnya.

Sementara, menurut Ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Sinaga mengatakan kepada Industry.co.id, "Ini merupakan inisasi dari Pemda dan Bekraf dan saya berharap ini kopi di Palembang dapat mempunyai branding sebagai pengolahan kopi khas Indonesia, khususnya Palembang, karena kopi Palembang masih kurang promosi dan kurang dikembangkan," kata dia, di Benteng Kuto Basak, Palembang, Selasa (22/8/2017).

Dalam Kreatifood 2017 ini banyak kopi khas yang disuguhkan dalam festival ini yakni  kopi Sumende, kopi Linggau, kopi Pagar Alam, kopi Lahat, kopi Muara Enim, dan Kopi Okut Selatan. 

"Di sini ada 10 stand yang menyediakan makanan kuliner khas Nusantara sedangakn kopi hanya stand dan uniknya mereka para barista memperkenalkan kopi dengan cara yang unik, ada juga yang mereka mix dengan satu kopi dengan jenis kopi lainnya," pungkas Irene.

Kreatifood 2017 digelar di dua tempat yakni di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang Sumatera Selatan untuk memperkenalkan kopi, sedangkan pada tanggal 22 - 27 Agustus 2017, dan  di Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan, pada tanggal 6 - 10 September 2017 untuk memperkenalkan soto khas Makassar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kris Wijoyo Soepandji Luncurkan Buku“ILMU NEGARA: PERSPEKTIF GEOPOLITIK MASA KINI”

Sabtu, 16 Desember 2017 - 20:39 WIB

Kris Wijoyo Soepandji Luncurkan Buku "ILMU NEGARA: PERSPEKTIF GEOPOLITIK MASA KINI"

Dewasa ini, berbagai dinamika geopolitik, antara lain perebutan pengaruh antara Amerika Serikat-Tiongkok, konflik di Timur Tengah, hingga merebaknya gerakan radikalisme mengatasnamakan agama…

High poin

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:55 WIB

HighPoint Luncurkan Case Berkonsep Modular

Dijaman modern seperti sekarang ini banyak orang lebih memilih barang yang sifatnya lebih praktis dan dinamis, begitu juga dengan desain sebuah furniture. Desain yang praktis dan dinamis tak…

Turnamen growing archery di mal sumarecon bekasi (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:50 WIB

Growing Archery, Kejuaraan Olahraga Panahan di Summarecon Mal Bekasi

Cabang olahraga panahan merupakan salah satu olahraga dengan peralatan yang sederhana yaitu busur dan panah tetapi memerlukan teknik dan keahlian khusus.

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:28 WIB

Ketum Golkar: Agus Gumiwang dan Bambang Soesatyo Berpeluang Jadi Ketua DPR

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengaku belum menentukan sikap soal Ketua DPR baru yang akan menggantikan Setya Novanto. Namun dia mengakui dua nama yang peluangnya sama besar, yakni…

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal

Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:22 WIB

KSPI: Buruh Berdiri di Garda Depan Untuk Merawat Perdamaian

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menginstruksikan anggotanya untuk ikut melakukan Aksi Bela Palestina, pada Minggu (17/12/2017), ujar Presiden KSPI Said Iqbal.