Kreatifood 2017 Harapkan Kopi Palembang Makin Diminati

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 23 Agustus 2017 - 06:39 WIB

Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)
Gubernur Sumsel H. Alex. Noerdin dan Kepala Bekraf Triawan Munaf di Palembang (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Resmi digelar, Kreatifood 2017 diselenggarakan di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan. Pembukaan Kreatifood 2017 ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf.  

Penyelenggaraan Kreatifood 2017 ini baru pertama kali diselenggarakan dan Palembang menjadi kota pertama. Penyelenggaraan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI). 

"Palembang itu memiliki kuliner khas yaitu Pempek, bukan dari daerah lain. Untuk pertana kalinya, Kreatifood diselenggarakan di Palembang, di pinggir sungai Musi di dalam kawasan Benteng Kuto Basak," ujar Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex. Noerdin dalam sambutan pembukaan Festival Kreatifood di Palembang, Sumsel, Selasa, (22/8/2017). 

Sementara, turut hadir pula Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengatakan, "Kuliner merupakan bagian ekonomi kreatif yang menyumbangkan 41,69 persen atau senilai Rp 852 triliun," katanya. 

Sambung Triawan, Bekraf akan tetap mendukung Sumsel sampai kapanpun sebagai kuntuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya dalam hal ekonomi kreatif. 

"Penyelenggaraan Kreatifood ini diselenggarakan selama enam hari dan diselenggarakan untuk mengenal kopi Indonesia dan harapannya akan menjadi pusat kunjungan masyarakat Palembang  dan diharuskan untuk sampai tahun depan dan seterusnya," ungkapnya.

Sementara, menurut Ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Sinaga mengatakan kepada Industry.co.id, "Ini merupakan inisasi dari Pemda dan Bekraf dan saya berharap ini kopi di Palembang dapat mempunyai branding sebagai pengolahan kopi khas Indonesia, khususnya Palembang, karena kopi Palembang masih kurang promosi dan kurang dikembangkan," kata dia, di Benteng Kuto Basak, Palembang, Selasa (22/8/2017).

Dalam Kreatifood 2017 ini banyak kopi khas yang disuguhkan dalam festival ini yakni  kopi Sumende, kopi Linggau, kopi Pagar Alam, kopi Lahat, kopi Muara Enim, dan Kopi Okut Selatan. 

"Di sini ada 10 stand yang menyediakan makanan kuliner khas Nusantara sedangakn kopi hanya stand dan uniknya mereka para barista memperkenalkan kopi dengan cara yang unik, ada juga yang mereka mix dengan satu kopi dengan jenis kopi lainnya," pungkas Irene.

Kreatifood 2017 digelar di dua tempat yakni di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang Sumatera Selatan untuk memperkenalkan kopi, sedangkan pada tanggal 22 - 27 Agustus 2017, dan  di Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan, pada tanggal 6 - 10 September 2017 untuk memperkenalkan soto khas Makassar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Bintang Ketjil produksi tahun 1963 yang direstorasi oleh Pusbangfilm

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:50 WIB

Pusbangfilm Kemendikbud Restorasi Film Bintang Ketjil Produksi 1963

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (pusbangfilm) berhasil merestorasi film Bintang Ketjil karya sutradara Wim Umboh dan Misbach Jusa Biran…

Deretan Gelang dan Tali Jam STRAPS yang siap memenuhi permintaan konsumen.

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:32 WIB

Bermula dari Tali Jam STRAPS Jadi Produk Fashion Kekinian

Bagi kalangan anak milenial, straps, atau juga dikenal sebagai gelang dengan motif khusus sudah tidak asing lagi. Banyak yang mengenakannya sebagai bagian dari mode, ada juga yang menjadikannnya…

Bendungan Logung

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:22 WIB

Mulai Diisi, Bendungan Logung Mampu Mengairi 5.296 Ha Irigasi dan Destinasi Wisata Baru Kudus

Bendungan Logung merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun tahun 2015-2019 untuk mewujudkan Nawacita Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla membangun ketahanan…

IHSG

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:20 WIB

Bursa Asia Diperkirakan Lanjutkan Pelemahan

Jakarta - Adanya imbas pelemahan bursa saham global sebelumnya membuat laju bursa saham Asia masih mengalami pelemahan. Aksi jual masih kerap terjadi. Bahkan kian diperparah dengan adanya pelemahan…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Rabu, 19 Desember 2018 - 08:59 WIB

Sentimen Positif Bakalan Kuatkan Rupiah Hari Ini

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14515-14588. Pergerakan Rupiah yang menguat terlihat belum dapat merubah tren pergerakan sidewaysnya. Akan tetapi, kondisi ini berubah…