Indonesia siap Jadi Basis Produksi MPV di ASEAN

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 22 Agustus 2017 - 06:00 WIB

Mobil segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi kendaraan andalan industri otomotif dalam negeri untuk meningkatkan laju ekspor.
Mobil segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi kendaraan andalan industri otomotif dalam negeri untuk meningkatkan laju ekspor.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Mobil segmen multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi kendaraan andalan industri otomotif dalam negeri untuk meningkatkan laju ekspor. Sejumlah perusahaan telah menyiapkan kendaraan jenis ini untuk menjajah pasar global.

Apalagi, sampai saat ini Indonesia masih tercatat sebagai basis produksi dan pasar terbesar kendaraan MPV. Maka wajar apabila pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk terus memperluas pasar hingga ke mancanegara.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia misalnya, yang tidak lama lagi akan mengekspor produk small MPV terbarunya, Xpander ke sejumlah negara di kawasan regional. Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memproduksi Mitsubishi Xpander.

"Pasar pertama Asia Tenggara. Awal tahun depan kami akan mulai ke Filipina, Thailand, Vietnam, dan Malaysia," kata Head of Public Relation Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Intan Vidiasari

Selain Mitsubishi, PT SAIC General Motors Wuling Indonesia juga menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil MPV. Perusahaan asal China itu telah memproduksi secara lokal Confero.

Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang memproduksi Wuling Confero. Perusahaan juga mengatakan bahwa ke depan mobil ini kemungkinan akan dipasarkan di luar negeri.

"Kami masih fokus di pasar domestik dan nantinya kami akan melihat perkembangan proyek di Indonesia sebelum menentykan waktu yang tepat untuk mulai ekspor ke pasar Asean," Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia selaku eksportir terbesar kendaraan bermotor juga mengakui bahwa mobil MPV masih menjadi andalan perusahaan baik untuk pasar domestik maupun global.

Untuk kendaraan yang diproduksi secara lokal, Toyota mengandalkan mobil legendaris Kijang Innova untuk menjajah pasar global. Adapun untuk Toyota brand, produk Toyota yang berkuasa adalah Avanza.

"MPV masih menjadi pasar yang terbesar. Memang segmen lain juga banyak yang ekspor, tapi porsi MPV juga cukup besar," kata Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azzam.

Dia menambahkan, dalam memperluas pasar ekspor perusahaan harus menyeimbangkan kebutuhan pasar antara di dalam negeri dan luar negeri. Dengan kata lain, skala bisnis akan lebih menguntungkan jika produk yang diekspor juga diminati oleh konsumen di pasar domestik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…