Atlet Panjat Tebing Sabar Gorky Terima Penghargaan dari Presiden Jokowi

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Agustus 2017 - 13:39 WIB

Atlet panjat tebing asal Solo, Sabar Gorky (Foto Ist)
Atlet panjat tebing asal Solo, Sabar Gorky (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Sebanyak 72 orang terpilih mendapat penghargaan langsung dari Presiden Joko Widodo.  Salah satu di antaranya atlet panjat dinding asal Solo, Sabar Gorky.

Sabar terpilih sebagai ikon berprestasi dalam Festival Prestasi Indonesia, yang akan digelar Unit Kerja Presiden (UKP) Pembinaan Ideologi Pancasila di Jakarta Convention Center (JCC), DKI Jakarta, (Senin, 21/8/2017)).

Sesuai dengan tahun kemerdekaan RI, 72 ikon berprestasi itu dipilih karena berperan aktif dalam melakukan praktik terbaik di bidangnya masing-masing. Khususnya, mengutamakan Pancasila dalam sendi-sendi kehidupan.

Selain Sabar, nama lain yang tak asing di telinga masuk daftar 72 ikon berprestasi seperti Garin Nugroho, Liliyana Natsir, Susi Susanti, Tantowi Yahya, dan Taufik Hidayat.

"Suatu kebanggaan buat saya mendapat penghargaan ini," ujar Sabar kepada awak media Minggu (20/8/2017).

Sabar yang juga penyandang tuna daksa pernah tampil mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi panjat tebit tunadaksa se-Asia Tenggara di Korea Selatan, 2009 lalu. Ia menjadi juara.

Semenjak rela kaki kanannya diamputasi akibat kecelakaan kereta usai pendakian gunung sekitar tahun 1990-an, Sabar hingga kini terus berusaha mendobrak tanggapan miring orang kepadanya. Ia bertekad mencapai tujuh puncak tertinggi dunia di setiap benua atau disebut Seven Summits.

Tambahan 'Gorky' yang tersemat di belakang nama pemberian orang tuanya itu diterima dari seorang staf KBRI di Rusia, usai mendaki puncak Elbrus (5.642 mdpl, gunung tertinggi di Eropa) pada tahun 2011. Gorky yang berarti 'pahit' merujuk kisah hidup tokoh klasik literatur Rusia dan Soviet.

Tak hanya di olahraga panjat tebing, Sabar juga dikenal aktif berkiprah di kegiatan sosial khususnya bagi kaum difabel. Tahun 2009, Sabar mendirikan Federasi Panjat Tebing Difabel Indonesia (FPTDI). Anggotanya kini sudah 30an orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…