Cuaca Cukup Bagus, PT Garam Targetkan Produksi Garam 225 Ribu Ton Hingga Desember 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Agustus 2017 - 08:25 WIB

Ilustrasi Tambak Garam
Ilustrasi Tambak Garam

INDUSTRY.co.id - Sumenep - PT Garam menargetkan mampu memproduksi garam 225 ribu ton hingga pekan ketiga Desember 2017. Direktur Produksi PT Garam, Budi Sasongko mengatakan, cuaca yang bagus beberapa hari terakhir dapat menjadi pendukung peningkatan produksi garam.

"Dalam sepuluh hari terakhir, cuaca cukup bagus untuk petani garam. Kalau bisa bertahan seperti ini terus, maka hingga pekan ketiga Desember, minimal kami bisa produksi garam 225 ribu ton," kata Budi, Jumat (18/8/2017).

Awalnya PT Garam menargetkan produksi pada 2017 sebesar 350 ribu ton dari 5.600 hektar lahan pegaraman yang dimiliki BUMN ini. Namun, PT Garam terpaksa harus mengoreksi target produksinya lantaran faktor cuaca yang tidak mendukung.

"Kami harus mengoreksi target produksi yang semula 350 ribu ton, menjadi 225 ribu ton, karena faktor cuaca. Tahun ini terjadi anomali cuaca yang sangat berpengaruh terhadap produksi garam," ujarnya.

Saat ini, lahan pegaraman yang dimiliki PT Garam berada di Tiga Kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang seluas 5.200 hektar, dan 400 hektar di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ya mudah-mudahan saja cuaca akan terus bersahabat, sehingga target produksi kami terpenuhi. Tapi kalau masih mendung seperti di Sumenep hari ini, ya jelas akan mengganggu produksi," ucap Budi.

Ia menjelaskan, untuk lahan pegaraman di wilayah Madura, saat ini jumlah produksi garam sekitar 13 ribu ton. Sedangkan di Kupang, dari target produksi 20 ribu ton, saat ini produksinya sekitar 1.500 ton.

"Angka produksi itu terus 'running' ya. Semoga saja cuaca tidak berubah hingga batas akhir produksi di pekan ketiga Desember," tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KA Bandara Soekarno-Hatta (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:15 WIB

Penyesuaian Tarif, Kini Kereta Api Bandara Batu Ceper-Soetta Hanya Rp35.000

PT Railink memutuskan menyesuaikan tarif antar-stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta. Dengan adanya penyesuaian tarif tersebut, kini masyarakat dari Kota Tangerang atau sekitar Stasiun Batuceper…

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…