Cuaca Cukup Bagus, PT Garam Targetkan Produksi Garam 225 Ribu Ton Hingga Desember 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Agustus 2017 - 08:25 WIB

Ilustrasi Tambak Garam
Ilustrasi Tambak Garam

INDUSTRY.co.id - Sumenep - PT Garam menargetkan mampu memproduksi garam 225 ribu ton hingga pekan ketiga Desember 2017. Direktur Produksi PT Garam, Budi Sasongko mengatakan, cuaca yang bagus beberapa hari terakhir dapat menjadi pendukung peningkatan produksi garam.

"Dalam sepuluh hari terakhir, cuaca cukup bagus untuk petani garam. Kalau bisa bertahan seperti ini terus, maka hingga pekan ketiga Desember, minimal kami bisa produksi garam 225 ribu ton," kata Budi, Jumat (18/8/2017).

Awalnya PT Garam menargetkan produksi pada 2017 sebesar 350 ribu ton dari 5.600 hektar lahan pegaraman yang dimiliki BUMN ini. Namun, PT Garam terpaksa harus mengoreksi target produksinya lantaran faktor cuaca yang tidak mendukung.

"Kami harus mengoreksi target produksi yang semula 350 ribu ton, menjadi 225 ribu ton, karena faktor cuaca. Tahun ini terjadi anomali cuaca yang sangat berpengaruh terhadap produksi garam," ujarnya.

Saat ini, lahan pegaraman yang dimiliki PT Garam berada di Tiga Kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang seluas 5.200 hektar, dan 400 hektar di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ya mudah-mudahan saja cuaca akan terus bersahabat, sehingga target produksi kami terpenuhi. Tapi kalau masih mendung seperti di Sumenep hari ini, ya jelas akan mengganggu produksi," ucap Budi.

Ia menjelaskan, untuk lahan pegaraman di wilayah Madura, saat ini jumlah produksi garam sekitar 13 ribu ton. Sedangkan di Kupang, dari target produksi 20 ribu ton, saat ini produksinya sekitar 1.500 ton.

"Angka produksi itu terus 'running' ya. Semoga saja cuaca tidak berubah hingga batas akhir produksi di pekan ketiga Desember," tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Crown Group (Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:30 WIB

Dalam Satu Malam Crown Group Berhasil Meraih Dua Penghargaan Bergengsi

Sebuah menara apartemen di kawasan Sydney Utara yang dibangun oleh pengembang Australia terkemuka telah memenangkan hadiah utama pada acara penghargaan industri konstruksi terkemuka di benua…

Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:22 WIB

KPK Periksa Istri Setya Novanto Sebagai Mantan Komisaris

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Deisti Astriani Tagor, istri Ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP-elektronik (KTP-e) dalam kapasitasnya sebagai mantan Komisaris PT Mondialindo…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Senin, 20 November 2017 - 14:14 WIB

Perusahaan Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar Tiongkok

PT Borneo Pasifik Global (BPG) yang mendapatkan kepercayaan mewakili Indonesia pada pameran pertambangan batu bara atau "China Coal and Mining Expo (CCME)" di Beijing beberapa waktu lalu, menyatakan…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 20 November 2017 - 14:00 WIB

2018, Kadin Prediksi Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,3 Persen

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2018 diperkirakan akan lebih baik dari tahun ini.

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Senin, 20 November 2017 - 13:59 WIB

Agincourt Resources Resmikan Amphitheatre Sopo Daganak di Tapanuli Selatan

Perusahaan pengelola tambang emas Martabe PT Agincourt Resources meresmikan gedung baru gelanggang pertunjukan terbuka(amphitheatre) Sopo Daganak berkapasitas 500 penonton di Jalan 2 Desa Napa,…