Cuaca Cukup Bagus, PT Garam Targetkan Produksi Garam 225 Ribu Ton Hingga Desember 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Agustus 2017 - 08:25 WIB

Ilustrasi Tambak Garam
Ilustrasi Tambak Garam

INDUSTRY.co.id - Sumenep - PT Garam menargetkan mampu memproduksi garam 225 ribu ton hingga pekan ketiga Desember 2017. Direktur Produksi PT Garam, Budi Sasongko mengatakan, cuaca yang bagus beberapa hari terakhir dapat menjadi pendukung peningkatan produksi garam.

"Dalam sepuluh hari terakhir, cuaca cukup bagus untuk petani garam. Kalau bisa bertahan seperti ini terus, maka hingga pekan ketiga Desember, minimal kami bisa produksi garam 225 ribu ton," kata Budi, Jumat (18/8/2017).

Awalnya PT Garam menargetkan produksi pada 2017 sebesar 350 ribu ton dari 5.600 hektar lahan pegaraman yang dimiliki BUMN ini. Namun, PT Garam terpaksa harus mengoreksi target produksinya lantaran faktor cuaca yang tidak mendukung.

"Kami harus mengoreksi target produksi yang semula 350 ribu ton, menjadi 225 ribu ton, karena faktor cuaca. Tahun ini terjadi anomali cuaca yang sangat berpengaruh terhadap produksi garam," ujarnya.

Saat ini, lahan pegaraman yang dimiliki PT Garam berada di Tiga Kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang seluas 5.200 hektar, dan 400 hektar di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ya mudah-mudahan saja cuaca akan terus bersahabat, sehingga target produksi kami terpenuhi. Tapi kalau masih mendung seperti di Sumenep hari ini, ya jelas akan mengganggu produksi," ucap Budi.

Ia menjelaskan, untuk lahan pegaraman di wilayah Madura, saat ini jumlah produksi garam sekitar 13 ribu ton. Sedangkan di Kupang, dari target produksi 20 ribu ton, saat ini produksinya sekitar 1.500 ton.

"Angka produksi itu terus 'running' ya. Semoga saja cuaca tidak berubah hingga batas akhir produksi di pekan ketiga Desember," tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

fot tren mikro

Selasa, 23 Oktober 2018 - 22:27 WIB

Guna Perluas Pasar, Trend Micro Tunjuk ECS sebagai Distributornya di Indonesia

Trend Micro, penyedia solusi keamanan terkemuka untuk perlindungan gaya hidup digital, serta keamanan internet, memperluas jangkauan bisnisnya di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Di Era Pemerintahan Jokowi-JK, Investasi Sektor Industri Terus Meningkat

Sepanjang empat tahun kerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK), investasi sektor industri terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat membuka sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:43 WIB

Kadin Dorong Peningkatan Peranan G2G Serta Interaksi B2B untuk Majukan Kemitraan Ekonomi Negara-negara Anggota ICCIA

Sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA) diselenggarakan 22 23 Oktober 2018 di Ritz Carlton Hotel, Jakarta.

Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:37 WIB

Dilaporkan ke Mapolda, Ketua DPRD Kota Bengkulu: Itu Hak Masing-masing, Saya Tidak Bisa Mencegah

Dilaporkannya Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi oleh Pimpinan Redaksi media siber Garuda Daily Doni Supardi di Mapolda Bengkulu terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Pers Nomor…

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Sepanjang Pemerintahan Jokowi-JK, Sektor Pariwisata Indonesia Tumbuh Lampaui Negara Jiran

Sektor pariwisata diharapkan menjadi motor pembangunan nasional di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan dan penerimaan devisa yang terus…