Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)
Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jember- Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Paling tidak Bandara Notohadinegoro bisa menjadi embarkasi antara, sehingga calon haji dari Jember sudah menggunakan pesawat besar dan 'take off' di suatu tempat dan langsung jalan," kata Menhub, usai melakukan peninjauan di Bandara Notohadinegoro, Jember, Minggu (20/8/2017)

Kedatangan Menhub bersama rombongan ke Bandara Notohadinegoro untuk merespons cepat perintah Presiden Joko Widodo yang meminta agar pengembangan bandara di Kabupaten Jember diselesaikan dalam waktu dua tahun yakni 2018 hingga 2019.

"Untuk itu, kami langsung membuat langkah cepat yakni meninjau Bandara Notohadinegoro dengan membuat perencanaan dan memastikan secara teknis terkait kondisi dan ketersediaan lahan untuk pengembangan bandara," katanya pula.

Budi mengatakan Kementerian Perhubungan sudah melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Jember Faida, Ketua DPRD Jember M Thoif Zamroni, dan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso untuk menindaklanjuti instruksi Presiden atas ide-ide dari Bupati Jember itu.

"Landasan pacu Bandara Notohadinegoro Jember akan diperpanjang menjadi 2.400 meter dengan lebar 45 meter yang dilakukan dua hingga tiga kali, sehingga pesawat besar bisa mendarat di Bandara Jember," katanya lagi.

Namun untuk mendapat anggaran dari APBN, lanjut dia, harus ada serah terima aset Bandara Jember kepada pemerintah pusat, agar pengembangan bandara bisa dibiayai melalui APBN.

Bupati Jember Faida mengaku bersyukur atas respons cepat yang dilakukan Kementerian Perhubungan seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan Bandara Notohadinegoro.

"Tindak lanjut Menteri Perhubungan datang ke Jember lebih cepat dari perkiraan kami, sehingga akan kami imbangi dengan kecepatan pula dan Pemkab Jember sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo," katanya pula.

Berdasarkan data, lanjut dia, pemberangkatan jemaah haji untuk lima kabupaten Tapal Kuda yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Lumajang, Situbondo, dan Banyuwangi sebanyak 17 kelompok terbang (kloter), sedangkan untuk menjadi embarkasi antara syaratnya minimal 14 kloter, sehingga lebih dari syarat minimal tersebut.

"Pemkab Jember juga siap untuk membangun asrama haji yang multifungsi yakni asrama haji yang juga akan digunakan sebagai wisma atlet, wisma daerah, hotel transit, dan wisma diklat. Kami mohon doa restunya, agar keinginan Bandara Jember sebagai embarkasi antara dapat terwujud," ujar bupati perempuan pertama di Jember itu pula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenpar Tetapkan 100 Event Berskala Internasional (Foto Dije)

Selasa, 26 September 2017 - 14:12 WIB

Kemenpar-Kemenkes Kembangkan Wisata Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk mengembangkan Pariwisata Kesehatan Internasional melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)…

PT Bayu Buana Tbk

Selasa, 26 September 2017 - 14:11 WIB

Bayu Buana Targetkan Penjualan Tiket Rp 70 Miliar Hingga Akhir Tahun

PT Bayu Buana Travel Tbk menargetkan total pendapatan Rp 70 miliar dari penjualan tiket dan paket pariwisata hingga akhir 2017.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 26 September 2017 - 14:07 WIB

Indonesia Siap Pasok Delapan Juta Ton Minyak Sawit ke Eropa

Indonesia siap memasok minyak sawit lestari hingga 8 juta ton ke pasar Eropa untuk memenuhi permintaan di kawasan tersebut yang diperkirakan mencapai 6 juta ton pada 2020.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Selasa, 26 September 2017 - 14:05 WIB

Menperin Airlangga: Harga Gas Blok Masela Masih Belum Cocok

Pemerintah akan memberikan insentif untuk industri yang akan menggunakan dan membeli gas di Blok Masela. Meski akan diberikan insentif tetap saja belum ada industri yang menyatakan tertarik…

Pembangkit Listrik

Selasa, 26 September 2017 - 14:00 WIB

Unit Kedua Pembangkit Listrik POWR Siap Pasok Kawasan Industri Cikarang

PT Cikarang Listrindo Tbk (POWR) memastikan, unit kedua dari pembangkit listrik milik perseroan telah mencapai milestone dengan berhasil menghasilkan listrik dan telah masuk ke grid.