Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)
Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jember- Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Paling tidak Bandara Notohadinegoro bisa menjadi embarkasi antara, sehingga calon haji dari Jember sudah menggunakan pesawat besar dan 'take off' di suatu tempat dan langsung jalan," kata Menhub, usai melakukan peninjauan di Bandara Notohadinegoro, Jember, Minggu (20/8/2017)

Kedatangan Menhub bersama rombongan ke Bandara Notohadinegoro untuk merespons cepat perintah Presiden Joko Widodo yang meminta agar pengembangan bandara di Kabupaten Jember diselesaikan dalam waktu dua tahun yakni 2018 hingga 2019.

"Untuk itu, kami langsung membuat langkah cepat yakni meninjau Bandara Notohadinegoro dengan membuat perencanaan dan memastikan secara teknis terkait kondisi dan ketersediaan lahan untuk pengembangan bandara," katanya pula.

Budi mengatakan Kementerian Perhubungan sudah melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Jember Faida, Ketua DPRD Jember M Thoif Zamroni, dan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso untuk menindaklanjuti instruksi Presiden atas ide-ide dari Bupati Jember itu.

"Landasan pacu Bandara Notohadinegoro Jember akan diperpanjang menjadi 2.400 meter dengan lebar 45 meter yang dilakukan dua hingga tiga kali, sehingga pesawat besar bisa mendarat di Bandara Jember," katanya lagi.

Namun untuk mendapat anggaran dari APBN, lanjut dia, harus ada serah terima aset Bandara Jember kepada pemerintah pusat, agar pengembangan bandara bisa dibiayai melalui APBN.

Bupati Jember Faida mengaku bersyukur atas respons cepat yang dilakukan Kementerian Perhubungan seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan Bandara Notohadinegoro.

"Tindak lanjut Menteri Perhubungan datang ke Jember lebih cepat dari perkiraan kami, sehingga akan kami imbangi dengan kecepatan pula dan Pemkab Jember sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo," katanya pula.

Berdasarkan data, lanjut dia, pemberangkatan jemaah haji untuk lima kabupaten Tapal Kuda yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Lumajang, Situbondo, dan Banyuwangi sebanyak 17 kelompok terbang (kloter), sedangkan untuk menjadi embarkasi antara syaratnya minimal 14 kloter, sehingga lebih dari syarat minimal tersebut.

"Pemkab Jember juga siap untuk membangun asrama haji yang multifungsi yakni asrama haji yang juga akan digunakan sebagai wisma atlet, wisma daerah, hotel transit, dan wisma diklat. Kami mohon doa restunya, agar keinginan Bandara Jember sebagai embarkasi antara dapat terwujud," ujar bupati perempuan pertama di Jember itu pula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri kaca lembaran. (Foto Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:15 WIB

Makin di Ujung Tanduk, Asosiasi Kaca Lembaran Desak Pemerintah Turunkan Harga Gas Serta Redam Impor Kaca dari Malaysia

Membanjirnya produk impor dan masih tingginya harga gas industri di Tanah Air telah membawa industri kaca nasional berada di ujung tanduk.

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Foto:Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:00 WIB

Wisman Malaysia Pilih Riau untuk Wisata Ramadhan

Provinsi Riau memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari negara serumpun Malaysia untuk melakukan kunjungan wisata selama bulan Ramadhan 1439 H.

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Senin, 28 Mei 2018 - 15:52 WIB

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Buat Prototipe Pesawat Tanpa Awak Pemadam Kebakaran

Pesawat tanpa awak tersebut diberi nama PROPEDER Prototype Robot Terbang Pemadam Kebakaran.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 15:00 WIB

BI Antisipasi Modal Keluar Jelang Pertemuan FOMC

Bank Indonesia menyebutkan terus meningkatkan pengawasan dan mitigasi terhadap potensi keluarnya modal asing yang bisa menggerus nilai tukar rupiah terutama menjelang rapat Komite Pasar Terbuka…

Dealer Honda / http://idolosol.com

Senin, 28 Mei 2018 - 14:54 WIB

Honda Siapkan 114 Bengkel Siaga Hadapi Mudik Lebaran 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan program Honda emergency service atau bengkel siaga Honda. Program ini dirancang untuk menemani konsumen Honda selama melakukan perjalanan mudik.…