Menang Tipis, Timnas U-22 Tekuk Timor Leste 1-0

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 20 Agustus 2017 - 19:20 WIB

Timnas Indonesia U-22 vs Timor Leste di SEA Games 2017
Timnas Indonesia U-22 vs Timor Leste di SEA Games 2017

INDUSTRY.co.id, Selangor - Timnas Indonesia U-22 menang tipis 1-0 atas Timor Leste pada laga ketiga Grup B di Stadion Selayang, Selangor, Minggu (20/8/2017). Gol semata wayang Tim Garuda Muda dicetak striker Persipura Jayapura, Marinus Mariyanto Wanewar.

Timnas Indonesia U-22 bermain menekan sejak awal babak pertama. Namun, upaya untuk melancarkan serangan yang membahayakan gawang lawan belum optimal dilakukan karena permainan disiplin Timor Leste.

Peluang emas pertama didapat Timnas Indonesia pada menit ke-18 melalui Osvaldo Haay. Namun, sundulan Osvaldo memanfaatkan umpan silang Gavin Kwan masih belum menemui sasaran.

Empat menit berselang, Timnas Indonesia U-22 akhirnya unggul 1-0 atas Timor Leste. Umpan terukur Septian David dari sisi kanan penyerangan dikonversi menjadi gol oleh Wanewar melalui sundulan dari jarak dekat.

Timor Leste yang terus berada dalam tekanan sempat melancarkan serangan melalui tembakan Danilson Araujo pada menit ke-26. Hanya saja tembakan kerasnya masih bisa diblok Kurniawan Kartika Ajie.

Wanewar yang bermain cukup aktif di lini depan hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-32. Ia mengelabui Juliao Mendoca dan melepaskan tembakan yang masih berada tipis di atas mistar gawang Fagio. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-22 masih mendapatkan perlawanan sengit dari Timor Leste. Beberapa kali upaya Marinus dan kawan-kawan untuk mencetak gol terbentur disiplinnya pemain belakang Timor Leste.

Memasuki pertengahan babak kedua, Osvaldo hampir saja memperbesar skor menjadi 2-0 andai sundulannya tidak melayang tipis di atas mistar gawang. Timor Leste kemudian membalas dengan melakukan tembakan jarak jauh Sabas Victor yang masih jauh dari gawang Satria Tama.

Masuknya Saddil Ramdani pada pertengahan babak kedua memberikan warna baru bagi permainan Timnas Indonesia. Dua upaya tembakan dilakukan Saddil, salah satunya mengenai mistar gawang pada menit ke-82.

Pada masa injury time, perselisihan terjadi selama beberapa menit di antara kedua tim berawal dari pelanggaran terhadap Evan Dimas. Bek Timor Leste Filipe Oliveira pun diusir wasit karena terlihat menendang Evan. Sementara Evan Dimas dan Marinus dihadiahi kartu kuning oleh wasit. Hingga laga berakhir skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-22 ke puncak klasemen sementara Grup B dengan mengoleksi tujuh poin atau unggul satu poin dari Vietnam yang baru akan bermain melawan Filipina, malam nanti.

Susunan pemain

Timor Leste U-22 (4-1-4-1): 20-Fagio Fereira; 2-Juliao Mendonca/16-Jorge Manuel Alves (67'), 23-Gumario Moreira, 4-Filipe Oliveira, 3-Adelino de Oliveira; 5-Jorge Sabas Victor; 13-Danilson Araujo, 8-Filomeno da Costa/7-Rufino Walter Gama (69'), 15-Armindo Alemeida/19-Feliciano Goncalves (78'), 10-Henrique Martins; 9-Kornelis Fortelo

Pelatih: Kim Shin-hwan

Timnas Indonesia U-22 (4-2-3-1): 20-Kartika Ajie/1-Satria Tama (67'); 11-Gavin Kwan, 23-Hansamu Yama, 15-Ricky Fajrin, 28-Rezaldi Hehanussa; 21-Hanif Sjahbandi/14-Asnawi Mangkualam (80'), 6-Evan Dimas; 13-Febri Hariyadi/17-Saddil Ramdani (72'), 29-Septian David, 25-Osvaldo Haay; 24-Marinus Wanewa

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…