Kemenperin: Sampai Saat Ini Kontribusi Industri Otomotif Sumbang 2,5 Persen Lebih Terhadap PDB Nasional

Oleh : Ridwan | Minggu, 20 Agustus 2017 - 17:44 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan) didampingi Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan (kiri) pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan) didampingi Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan (kiri) pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Industri otomotif berikan kontribusi besar kepada bangsa Indonesia. Seperti diketahui, industri otomotif beserta seluruh pendukungnya mulai dari produksi, Research and Development (R&D), sales, after sales hingga bengkel perawatan memberikan kontribusi lapangan kerja yang luar biasa di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerin Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan pada saat penutupan acara GIIAS 2017 di BSD, Tangerang (19/8/2017).

Sekedar informasi, sampai saat ini industri otomotif sudah lebih dari 2,5 persen terhadap PDB nasional. Dimana industri pengolahan kontribusinya sebesar 18 persen terhadap PDB nasional.

"Angka ini besar sekali dan industri otomotif juga merupakan industri prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia," ungkap Putu.

Ia menambahkan, saat ini produk-produk otomotif yang sudah dikembangkan dan diproduksi di Indonesia menjadi antipasi terhadap tuntutan-tuntutan di massa mendatang. "Kemenperin khususnya menghimbau kepada seluruh penggiat industri otomotif marilah kita bersama-sama mengantisipasi untuk memproduksi dan juga mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan," terangnya.

Terkait produk ramah lingkungan, Putu mengungkapkan, kami dari Kemenperin mempunyai konsep Fuel Konsuption, artinya LCGC yang selama ini menjadi cikal bakal stakeholder harus dipertahankan dengan tentunya satu liter bisa mencapai 20 kilometer. "Apabila bisa ditingkatkan lagi, maka tentunya diperlukan pengembangan-pengembangan baru," Kata Putu.

Selanjutnya, lanjut Putu, kendaraan-kendaraan yang bisa mencapai Fuel Konsuption, satu liternya bisa lebih dari 28 kilometer. "Inilah yang diharapkan di masa-masa mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Putu juga mengapresiasi sejumlah peserta pameran yang telah memamerkan produk-produk ramah lingkungan, semoga pada penyelenggaraan GIIAS selanjutnya akan semakin banyak peserta yang menghadirkan produk dari kategori tersebut.

"Semoga pada acara GIIAS mendatang, kita bisa lebih banyak lagi melihat kendaraan-kendaraan yang ramah lingkungan," pungkas Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Kamis, 21 September 2017 - 18:00 WIB

Indonesia Tawarkan Pelatihan Pasukan Penjaga Perdamaian

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia menawarkan pelatihan bagi calon personel pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa agar ada standarisasi untuk menjaga perdamaian…