Kunjungan Wisman Tiongkok dan India ke Bali Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 20 Agustus 2017 - 17:39 WIB

Ilustrasi Penari Bali (Foto Ist)
Ilustrasi Penari Bali (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Jumlah wisatawan asal Tiongkok dan India yang menikmati liburan ke Bali mengalami peningkatan signifikan sehingga mampu menopang kunjungan turis ke Pulau Dewata.

"Kedua negara itu mampu memberikan kontribusi 30,86 persen dari total turis ke Bali sebanyak 2,811 juta orang selama semester I tahun 2017," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho di Denpasar, Minggu (20/8/2017)

Ia mengatakan wisatawan Tiongkok yang menikmati panorama alam serta keunikan seni dan budaya Bali sebanyak 737.852 orang selama semester I 2017, naik 59,02 persen dibanding semester yang sama tahun sebelumnya tercatat 464.002 orang.

Tiongkok yang menempati peringkat teratas dari sepuluh negara terbanyak mamasok turis ke Pulau Dewata mampu memberikan andil sebesar 26,25 persen.

Adi Nugroho menambahkan India yang berada di peringkat ketiga setelah Tiongkok dan Australia itu masyarakatnya yang berwisata ke Bali sebanyak 129.727 orang selama semester I 2017, naik 39,90 persen dibanding semester yang sama tahun sebelumnya tercatat 92.731 orang.

Warga India yang berwisata ke Bali itu mampu memberikan kontribusi sebesar 4,61 persen dari total wisman yang berliburan ke Pulau Dewata.

Kunjungan wisman dari Tiongkok dan India terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya pada peringkat enam atau tujuh dari sepuluh negara terbanyak mendatangkan turis ke Bali.

Meningkatnya kunjungan wisatawan Tiongkok dan India ke Bali berkat adanya persamaan seni budaya dan agama Hindu yang tumbuh dan berkembang subur di negeri seberang, terutama di Pulau Dewata.

Selain itu juga semakin baiknya hubungan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Tiongkok  dan India, khususnya Bali, sehingga mampu mendorong bertambah ramainya wisatawan kedua negara itu menikmati panorama alam serta keunikan seni budaya Bali.

Bali sendiri menindaklanjuti kerja sama yang cukup baik tersebut sehingga diharapkan dimasa mendatang semakin banyak wisatawan Tiongkok  dan India melakukan perjalanan wisata ke Bali, disamping masyarakat Bali sendiri juga mulai bergairah melaksanakan tirtayatra (perjalanan suci) ke India.

Adi Nugroho menambahkan, melonjaknya kunjungan wisatawan Tiongkok  ke Bali juga berkat terobosan yang dilakukan perusahaan penerbangan nasional negeri ini, yakni Garuda Indonesia dengan memusatkan perhatiannya terhadap lintasan penerbangan Tiongkok-Denpasar, Bali pergi-pulang (PP).

Dengan adanya angkutan udara relatif lancar menyebabkan angka peningkatan kunjungan turis asing asal Tiongkok ke Bali cukup signifikan. (Ant)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.