Indonesia Tuntaskan Kasus Bendera Terbalik Secara Diplomatik

Oleh : Candra Mata | Minggu, 20 Agustus 2017 - 16:13 WIB

Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia
Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur- Pemerintah Indonesia langsung bergerak cepat dalam menyikapi permasalahan bendera Indonesia terbaik pada suvenir spesial pembukaan SEA Games 2017 dan menuntut Malaysia menyampaikan permintaan maaf secara diplomatik.

Tuntutan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan tiga menteri, yaitu Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menkumham Yasona Laoly serta Ketua KOI Erick Thohir, dan disampaikan di sela menonton pertandingan polo air antara Indonesia melawan Filipina, di Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017)

"Kami sudah melaporkan permasalahan ini kepada Presiden. Berhubung kami di sini (Malaysia) maka kami mendapatkan tugas untuk menindaklanjuti karena ini persoalan simbol negara, maka saya ingin ada penyelesaian secara diplomatik," kata Menko PMK Puan Maharani.

Dampak dari bendera terbalik saat ini sudah menyebar luas di media. Bahkan, saat ini juga sudah beredar permintaan maaf dari pihak Malaysia. Hanya saja dalam surat dua bahasa itu tidak dibubuhkan tanda tangan dari pihak yang berwenang.

Puan meminta pihak Malaysia melakukan langkah yang benar. Hal tersebut dikarenakan surat yang beredar luas melalui media sosial itu hanya bertuliskan Sekretariat Kuala Lumpur 2017 serta Jawatan Kuasa Pengelola Malaysia (MASOC).

"Saya sudah melihat surat itu, tapi saya sayangkan surat tersebut tidak ada tanda tangan resminya siapa yang bertanggung jawab. Jadi kami masih menunggu jalur resmi," kata Puan menambahkan.

Sementara itu Menpora Imam Nahrawi mengaku secara pribadi berkomunikasi dengan Menteri Sukan dan Belia Malaysia, dan tidak ada masalah. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini bukan merupakan urusan pribadi namun urusan negara.

"Permasalahan ini harus diselesaikan secara diplomatik dan harus secepatnya diselesaikan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:32 WIB

OJK Optimis Pertumbuhan Kredit 12 Persen di 2018

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas target pertumbuhan ekonomi 5,4% yang ditetapkan Pemerintah di tahun 2018, OJK memperkirakan kredit dan Dana Pihak Ketiga perbankan berpotensi untuk…

Ilustrasi kredit perbankan

Kamis, 18 Januari 2018 - 22:00 WIB

Kredit Perbankan Tumbuh 8,3 Persen Sepanjang 2017

Jakarta-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan intermediasi lembaga jasa keuangan juga mengalami pertumbuhan sejalan kinerja perekonomian domestik.

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner (Foto Anto)

Kamis, 18 Januari 2018 - 21:17 WIB

Ini Komitmen OJK Jaga Stabilitas Keuangan

Jakarta-OJK memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan dalam memacu pertumbuhan dengan tetap menjaga kesinambungan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan.

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:45 WIB

AFTECH Resmikan Kemitraan dengan UnionSpace Dorong Perkembangan Industri Fintech

Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meresmikan kemitraannya dengan UnionSpace untuk mendorong perkembangan industri teknologi finansial (tekfin) melalui penyediaan Fintech Space, yang merupakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Januari 2018 - 20:25 WIB

Menperin: Indonesia Termasuk Pemain Industri Manufaktur Sarana Kereta Api Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Produk industri kereta api…