Indonesia Tuntaskan Kasus Bendera Terbalik Secara Diplomatik

Oleh : Candra Mata | Minggu, 20 Agustus 2017 - 16:13 WIB

Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia
Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur- Pemerintah Indonesia langsung bergerak cepat dalam menyikapi permasalahan bendera Indonesia terbaik pada suvenir spesial pembukaan SEA Games 2017 dan menuntut Malaysia menyampaikan permintaan maaf secara diplomatik.

Tuntutan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan tiga menteri, yaitu Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menkumham Yasona Laoly serta Ketua KOI Erick Thohir, dan disampaikan di sela menonton pertandingan polo air antara Indonesia melawan Filipina, di Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017)

"Kami sudah melaporkan permasalahan ini kepada Presiden. Berhubung kami di sini (Malaysia) maka kami mendapatkan tugas untuk menindaklanjuti karena ini persoalan simbol negara, maka saya ingin ada penyelesaian secara diplomatik," kata Menko PMK Puan Maharani.

Dampak dari bendera terbalik saat ini sudah menyebar luas di media. Bahkan, saat ini juga sudah beredar permintaan maaf dari pihak Malaysia. Hanya saja dalam surat dua bahasa itu tidak dibubuhkan tanda tangan dari pihak yang berwenang.

Puan meminta pihak Malaysia melakukan langkah yang benar. Hal tersebut dikarenakan surat yang beredar luas melalui media sosial itu hanya bertuliskan Sekretariat Kuala Lumpur 2017 serta Jawatan Kuasa Pengelola Malaysia (MASOC).

"Saya sudah melihat surat itu, tapi saya sayangkan surat tersebut tidak ada tanda tangan resminya siapa yang bertanggung jawab. Jadi kami masih menunggu jalur resmi," kata Puan menambahkan.

Sementara itu Menpora Imam Nahrawi mengaku secara pribadi berkomunikasi dengan Menteri Sukan dan Belia Malaysia, dan tidak ada masalah. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini bukan merupakan urusan pribadi namun urusan negara.

"Permasalahan ini harus diselesaikan secara diplomatik dan harus secepatnya diselesaikan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…