Indonesia Tuntaskan Kasus Bendera Terbalik Secara Diplomatik

Oleh : Candra Mata | Minggu, 20 Agustus 2017 - 16:13 WIB

Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia
Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur- Pemerintah Indonesia langsung bergerak cepat dalam menyikapi permasalahan bendera Indonesia terbaik pada suvenir spesial pembukaan SEA Games 2017 dan menuntut Malaysia menyampaikan permintaan maaf secara diplomatik.

Tuntutan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan tiga menteri, yaitu Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menkumham Yasona Laoly serta Ketua KOI Erick Thohir, dan disampaikan di sela menonton pertandingan polo air antara Indonesia melawan Filipina, di Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017)

"Kami sudah melaporkan permasalahan ini kepada Presiden. Berhubung kami di sini (Malaysia) maka kami mendapatkan tugas untuk menindaklanjuti karena ini persoalan simbol negara, maka saya ingin ada penyelesaian secara diplomatik," kata Menko PMK Puan Maharani.

Dampak dari bendera terbalik saat ini sudah menyebar luas di media. Bahkan, saat ini juga sudah beredar permintaan maaf dari pihak Malaysia. Hanya saja dalam surat dua bahasa itu tidak dibubuhkan tanda tangan dari pihak yang berwenang.

Puan meminta pihak Malaysia melakukan langkah yang benar. Hal tersebut dikarenakan surat yang beredar luas melalui media sosial itu hanya bertuliskan Sekretariat Kuala Lumpur 2017 serta Jawatan Kuasa Pengelola Malaysia (MASOC).

"Saya sudah melihat surat itu, tapi saya sayangkan surat tersebut tidak ada tanda tangan resminya siapa yang bertanggung jawab. Jadi kami masih menunggu jalur resmi," kata Puan menambahkan.

Sementara itu Menpora Imam Nahrawi mengaku secara pribadi berkomunikasi dengan Menteri Sukan dan Belia Malaysia, dan tidak ada masalah. Namun, permasalahan yang terjadi saat ini bukan merupakan urusan pribadi namun urusan negara.

"Permasalahan ini harus diselesaikan secara diplomatik dan harus secepatnya diselesaikan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…