Pasang Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Malaysia: Sesungguhnya Tiada Niat Jahat

Oleh : Candra Mata | Minggu, 20 Agustus 2017 - 09:29 WIB

Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia
Bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games Malaysia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri pemuda dan olah raga Imam Nahrawi melalui akun sosial medianya @imam-nahwari, sabtu (19/8) menulis dan memposting foto sebuah buku panduan yang diduga diterbitkan oleh penyelengara SEA Games Malaysia yang memperlihatkan warna merah putih pada bendera indonesia terbalik.

"Pembukaan #SEAgames2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan, Bendera kita.... Merah Putih. Astagfirullaah..." kicau Menpora Imam.

Imam menyampaikan kegeraman dan protes kerasnya di sosial media  karena cetakan bendera yang salah tersebut dibagikan pada pejabat yang hadir pada pembukaan SEA Games 2017.

Atas insiden yang terkuak dari postingan Menpora tersebut ,  pihak panitia penyelenggara selaku penanggung jawab SEA Games yakni Menteri Pemuda Olah Raga Malaysia Khairy Jamaludin melayangkan permintaan maaf melalui akun twitternya terkait kicauan Menpora pada insiden bendera Indonesia yang dicetak terbalik dalam buku panduan SEA Games.

"Bapak Imam, Please accept my sincere apologies for this. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf," kicau Jamaluddin di akun twitter pribadinya @khairikj.

Permintaan maaf langsung juga rencananya akan dilakukan oleh Pengurus Jawatankuasa Pengelola Malaysia (MASOC) bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Brigjen Khairy Jamaluddin, dalam agenda kunjungan kehormatan ke Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi , hari ini, Minggu (20/8).

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas kesilapan (kesalahan) yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut,," bunyi pernyataan pihak panitia Sea Games Malaysia dalam rilis yang diterima redaksi, Minggu (20/8).

"Kesilapan ini adalah amat dikesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara ini akan lebih diperkukuhkan di bawah semangat Sukan SEA," tutup pernyataan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Senin, 28 Mei 2018 - 17:02 WIB

IKM Batik Nasional Bakal Melenggak-Lenggok di Paris, Perancis

Kementerian Perindustrian terus melakukan promosi keunggulan batik sebagai hasil kebudayaan Tanah Air. Salah satunya dengan mendukung para pelaku IKM untuk berpartisipasi dalam ajang pameran…

Nusa Flying International School Akan Segera Bangun Sekolah Penerbangan di Tanjung Lesung

Senin, 28 Mei 2018 - 16:57 WIB

Nusa Flying International School Akan Segera Bangun Sekolah Penerbangan di Tanjung Lesung

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka kerjasama antara keduanya untuk membuka sekolah penerbangan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. PT BWJ merupakan pengelola dari KEK Tanjung…

Industri kaca lembaran. (Foto Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:15 WIB

Makin di Ujung Tanduk, Asosiasi Kaca Lembaran Desak Pemerintah Turunkan Harga Gas Serta Redam Impor Kaca dari Malaysia

Membanjirnya produk impor dan masih tingginya harga gas industri di Tanah Air telah membawa industri kaca nasional berada di ujung tanduk.

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Foto:Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:00 WIB

Wisman Malaysia Pilih Riau untuk Wisata Ramadhan

Provinsi Riau memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari negara serumpun Malaysia untuk melakukan kunjungan wisata selama bulan Ramadhan 1439 H.

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Senin, 28 Mei 2018 - 15:52 WIB

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Buat Prototipe Pesawat Tanpa Awak Pemadam Kebakaran

Pesawat tanpa awak tersebut diberi nama PROPEDER Prototype Robot Terbang Pemadam Kebakaran.