11 Ribu Motor Listrik GESITS Siap Diproduksi Tahun 2018 Mendatang

Oleh : Ridwan | Sabtu, 19 Agustus 2017 - 13:50 WIB

Motor Listrik GESITS
Motor Listrik GESITS

INDUSTRY.co.id - Bogor, Garansindo Group, Institut Sepuluh November (ITS) dan PT Wijaya Karya (Wika) Industri dan Konstruksi resmi menandatangani kerjasama untuk memperoduksi, Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS) di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat (18/8/2017).

Rencananya sepeda motor GESITS akan mulai diproduksi 2018 mendatang di Asembly plant sepeda motor listrik GESITS komplek industri Wika. Dan ditargetkan, motor listrik karya anak bangsa ini bisa diproduksi sebanyak 11 ribu unit per tahun. Paik perakitan GESITS sendiri akan menempati salah satu bagunan di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) yang memiliki luas total areal 30 hektar.

Direktur Wika Industri dan Konstruksi, Fery Hendriyanto mengatakan, PT WIKA menyiapkan fasilitas dan peralatan industri untuk mendukung proses produksi GESITS yang sempurna, sesuai yang telah diciptakan para pelajar Indonesia di dalam negeri. Kemudian Garansindo Group bertindak sebagai distributor GESITS.

"Setelah diproduksi oleh Wika Industri dan Konstruksi, Gesits lalu dipasarkan oleh Garansindo. Ini kolaborasi luar biasa antara perguruan tinggi untuk riset, industrialisasi produk, dan pemasaran yang semuanya dilakukan anak bangsa," ungkap Fery di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat (18/8/2017).

Dalam tahap awal, paik PT WIKA Industri dan Konstruksi mampu memproduksi 50.000 unit GESITS per tahun. Ke depan, kapasitas produksi akan dikembangkan hingga mampu mencapai 100.000 unit per tahun.

Sementara itu, CEO Garansindo Group, Muhammad AL Abdullah mengungkapkan, dipilihnya Wika menurutnya karena Wika sebagai perusahaan plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah terpercaya memproduksi berbagai komponen sepeda motor Jepang.

"Kami mau proyek ini bukan sekadar konsep saja, tapi harus siap masuk jalur produksi, kenapa kami pilih Wika, selama ini PT Wika sudah dipercaya untuk memproduksi beberapa komponen motor paikan Jepang," katanya.

Disisi lain, Kepala BPSDM Perhubungan, Joko Sasono yang mewakili Menteri Perhubungan mengatakan, jika sepeda motor listrik GESITS sudah diproduksi dan dijual, diharapkan harganya bisa murah tapi juga tidak murahan.

Menurutnya, pemerintah bersama masyarakat terus berupaya melakukan pengurangan polusi udara melalui penguatan peraturan serta kesadaran masyarakat supaya polusi udara dari sepeda motor dapat dikurangi, salah satunya dengan memproduksi sendiri sepeda motor listrik karya anak bangsa yakni GESITS.

"Salah satu langkah yang kita lakukan dengan mendukung sepenuhnya produksi sepeda motor GESITS secara lokal, tentunya itu juga berkaitan dengan Perpres yang mengatur rencana penyedia usaha listrik, salah satu karya nyata ini menjawab kebutuhan sektor transportasi ramah lingkungan," pungkas Joko.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agung Sedayu Group kembali menjadi yang teratas dalam ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Jumat, 21 September 2018 - 14:35 WIB

Sejumlah Developer Kenamaan Tanah Air Raih Penghargaan di Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards

Para pengembang Indonesia menunjukkan inovasi real estat masing-masing dalam acara gala dinner PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ke-4, yang dipersembahkan oleh Kohler di Ballromm…

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

MICE Perlu Penanganan Lebih Serius

Kementerian Pariwisata meminta komitmen para kepala daerah untuk secara serius memajukan wisata bisnis atau yang dikenal juga sebagai wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition).

Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Jumat, 21 September 2018 - 14:30 WIB

Gandeng Mastercard, Bank Bukopin Luncurkan Kartu Debit Mastercard

Pemegang Kartu Debit Bukopin Mastercard selanjutnya juga dapat menikmati berbagai promo menarik di berbagai toko ataumerchantyang bekerjasama, sepertiberbagai programdiskondancashbackmenarik.

Danau Toba Sumatera Utara (Foto: Istimewa)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Sejumlah Strategi Diperkuat Terkait Kunjungan Wisman

Kementerian Pariwisata memperkuat strategi pemasaran ke luar negeri untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada 2018.

MasterCard (ist)

Jumat, 21 September 2018 - 14:15 WIB

Mastercard Bekerja Sama dengan League of Legends sebagai Mitra Global Pertama dari Esport

Perjanjian global pertama ini menandakan dukungan Mastercard terhadap komunitasesportssekaligus memperluas portofolio perusahaan dalam bidang olahraga dan hiburan kelas dunia.