7 Tips Wawancara untuk Para Profesional Finance

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 19 Agustus 2017 - 09:58 WIB

Ilustrasi Wawancara Kerja (Ist)
Ilustrasi Wawancara Kerja (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Apakah anda sedang mempersiapkan wawancara untuk sebuah posisi finance? Anda tidak akan salah dengan seri “Lembar Contekan Wawancara”, di mana kami menyoroti pertanyaan wawancara spesifik di dalam industri ini, lengkap dengan wawasan kami mengenai apa arti setiap pertanyaan, dan cara terbaik untuk menjawabnya.

Berikut 7 Lembar contekan wawancara untuk Profesional Finance;

1. Hasrat yang dimiliki terhadap pekerjaan tersebut

Pertanyaan: Apakah hal yang paling anda nikmati saat bekerja sebagai finance?

Artinya: Pewawancara ingin mengetahui apakah profesi tersebut dapat memotivasi dan menginspirasi anda.

Cara terbaik untuk menjawab: Berdasarkan dari pengalaman pribadi anda, bicarakan tentang aspek keuangan yang paling menstimulasi anda, misalnya tentang tantangan sehari-hari dalam mengolah angka, lika-liku proses belajar yang sulit, imbalan finansial, dan lain-lain. Jelaskanlah secara spesifik dan sesuai dengan pribadi anda—hal ini dapat menunjukkan hasrat dan keaslian anda.

2. Kepribadian dan nilai

Pertanyaan: Menurut anda, apa kualitas terpenting yang harus dimiliki agar dapat sukses sebagai finance?

Artinya: Ini cara yang halus untuk membaca kepribadian dan nilai-nilai yang anda miliki.
 
Cara terbaik untuk menjawab: Identifikasi beberapa atribut dan bagikan pemikiran anda dan kenapa anda berpikir mereka penting. Anda dapat mengutip sebuah contoh dari manajer sebelumnya yang memiliki kualitas yang mirip, yang langkah-langkahnya anda ikuti.

3. Kenapa anda?

Pertanyaan: Apa yang membuat anda merasa menjadi orang yang paling tepat untuk mendapatkan pekerjaan ini?

Artinya: Pewawancara ingin melihat apakah anda memahami rincian persyaratan yang ada pada iklan lowongan pekerjaan, dan seberapa banyak penelitian yang telah anda lakukan terhadap perusahaan dan kultur perusahaan. Singkatnya, ia ingin mengetahui apa yang membuat anda berbeda dari pelamar lainnya.

Cara terbaik untuk menjawab: Dengan asumsi bahwa anda telah melakukan uji kelayakan terhadap perusahaan dan posisi ini, anda harus bisa memberi rincian tentang bagaimana keahlian dan pengalaman anda cocok dan melengkapi persyaratan pekerjaan serta nilai-nilai perusahaan.

Tujuan anda adalah dapat meyakinkan pewawancara bahwa anda akan cocok dengan kultur perusahaan dan menjadi aset yang berharga bagi organisasi tersebut.

4. Gambarkan diri anda

Pertanyaan: Bagaimana atasan dan rekan kerja menggambarkan anda?

Artinya: Pewawancara ingin melihat seberapa objektifkah anda dan sejauh mana anda mengenal kelebihan dan kelemahan anda.

Cara terbaik untuk menjawab: Memang penting untuk bersikap rendah hati dan jujur selama wawancara, tetapi di sini anda perlu merefleksikan diri anda dan jujur tanpa menjadi terlalu percaya diri atau rendah diri. Menjaga keseimbangan sangatlah penting.

Akuilah area kekurangan dan peningkatan yang atasan anda dan/atau rekan kerja anda pernah komentari, dan jelaskan apa yang anda lakukan untuk berubah. Ketika menyoroti kelebihan anda, lakukan dengan rendah hati tanpa terlihat terlalu sombong. Tidak ada yang menyukai orang yang terlalu pintar atau tahu semua hal!

5. Aspirasi anda

Pertanyaan: Apa yang menjadi aspirasi di dalam karir anda?

Artinya: Perekrut potensial anda ingin mengetahui apakah pekerjaan ini hanya sebuah batu loncatan untuk anda, atau apakah anda mempertimbangkan sebuah karir jangka panjang dengan organisasi tersebut.

Cara terbaik untuk menjawab: Pergilah untuk wawancara dengan ide yang jelas tentang tujuan kemajuan karir anda. Hal ini dapat memberikan informasi kepada pewawancara bahwa anda tidak hanya menginginkan pekerjaan tersebut untuk uang. Hasrat anda akan pekerjaan tersebut merupakan aspek yang penting yang dapat mempengaruhi produktivitas dan loyalitas anda terhadap perusahaan.

6. Bagaimana anda menghadapi tantangan

Pertanyaan: Apa tantangan terbesar anda saat bekerja sebagai finance dan bagaimana cara anda menghadapinya?

Artinya: Pewawancara sedang melihat untuk mengidentifikasi kelemahan anda dan mengevaluasi bagaimana anda bekerja di bawah tekanan.

Cara terbaik untuk menjawab: Ambil contoh ketika anda menghadapi situasi yang membuat stres dan langkah-langkah yang anda ambil untuk mengatasinya. Jangan takut untuk berkata jujur. Katakan tentang area pekerjaan yang paling berat untuk anda hadapi, dan apa yang anda lakukan untuk mengatasi kekurangan anda. Yang terpenting adalah untuk menunjukkan inisiatif dan keinginan anda untuk maju dan memperbaikinya.

7. Pencapaian utama anda

Pertanyaan: Apa prestasi terbaik yang pernah anda raih sampai saat ini?

Artinya: Pewawancara ingin melihat: pertama, bagaimana anda menjual prestasi anda, dan kedua, bagaimana anda mengaplikasikan keahlian anda

Cara terbaik untuk menjawab: Pikirkan sebuah contoh spesifik yang mendemonstrasikan kelebihan dan kompetensi anda sebagai profesional finance. Jika memungkinkan, ambil contoh ketika anda membuat kontribusi yang bisa diukur terhadap departemen atau perusahaan. Buatlah serinci mungkin dan masukkan langkah-langkah yang anda ambil untuk menghadapi kesulitan yang anda temui saat melakukannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…