Peringati Hari Kemerdekaam RI Ke-72, Semen Indonesia Bedah Rumah Veteran di Papua

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Agustus 2017 - 13:44 WIB

Semen Indonesia Bedah Rumah Veteran di Papua
Semen Indonesia Bedah Rumah Veteran di Papua

INDUSTRY co.id ,Merauke  - Memperingati HUT Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar upacara bendera di titik nol, Distrik Sota, Merauke, Papua, Kamis (17/8/2017).

Upacara ini merupakan rangkaian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri di ujung timur Indonesia. Bertindak sebagai inspektur upacara pada kesempatan tersebut, Plt. Direktur Utama Semen Indonesia, Darmawan Junaidi. 

Pada kesempatan tersebut Darmawan mengatakan, tahun ini Semen Indonesia telah menggelar serangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan yang dipusatkan di Papua. Hal ini merupakan bentuk kepedulian Semen Indonesia sebagai perusahaan BUMN untuk turut mengembangkan daerah terluar Indonesia.

Darmawan menambahkan, sebagai bagian dari kontribusi untuk bersama-sama tumbuh dan terus bergerak dalam pembangunan negara, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, bersama dengan BUMN lainnya yaitu PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) siap dan mendukung program BUMN Hadir Untuk Negeri khususnya di Kabupaten Merauke – Papua.

Rangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun ini dimulai dengan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirim 31 pelajar Papua ke Sulawesi Utara dan menerima 20 pelajar dari Sulawesi Utara. Agenda kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat yang diikuti oleh ribuan masyarakat Jayapura pada 12 Agustus lalu.

Puncaknya, sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan dan hasil perjuangan para pahlawan dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan, Semen Indonesia juga melaksanakan program bedah rumah untuk 50 veteran yang tersebar di beberapa daerah, meliputi Kabupaten Merauke (7 unit), Kabupaten Biak (9 unit), Kabupaten Nabire (5 unit), Kabupaten Yapen (12 Unit), Kabupaten Waropen (7 unit), serta Kabupaten/Kota Jayapura (10 unit).

"Pada tahap pertama, Semen Indonesia telah membedah 22 unit rumah veteran yang dimulai sejak 15 Juli sampai dengan 15 Agustus 2017. Selanjutnya, tahap kedua akan segera dimulai  hari ini (17/8/2017) dan ditargetkan selesai pada 30 September 2017. Total anggaran dalam pelaksanaan program ini mencapai Rp 2,8 miliar. Hal ini sebagai bentuk kontribusi nyata dari Semen Indonesia untuk seluruh masyarakat Indonesia, dimana BUMN merupakan ujung tombak dari kemajuan perekonomian negara," ungkap Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan menyebut, pelaksanaan program bedah rumah ini juga didukung oleh Korem 172/PWY - Jayapura, Korem 173/PVB – Biak, Korem 174/ATW – Merauke, Legiun Veteran RI  Propinsi Papua dan DPC LVRI kabupaten, serta partisipasi dan dukungan sukarela dari masyarakat di sekitar wilayah tersebut. 

Tak hanya itu, usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia ini, Semen Indonesia juga menggelar lomba rakyat dan pemutaran film nasional yang diselenggarakan di Kabupaten Merauke untuk meningkatkan nilai nasionalisme masyarakat di Papua.

Selain itu, sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri di Papua, Semen Indoensia telah berhasil menjalankan inisiatif pemerintah dalam memangkas disparitas harga semen yang cukup tinggi di ujung timur Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…