Menteri Rini Pastikan Pabrik Feronikel Ternate Selesai Juli 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 18 Agustus 2017 - 05:00 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Ternate- Menteri BUMN Rini M Soemarno melakukan serangkain kunjungan kerjanya di Mabapura Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut) dengan meninjau proyek pembangunan pabrik Feronikel PT Aneka Tambang (Antam).

"Pembangunan pabrik Feronikel milik PT Antam ini tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan mengakomodir putra daerah untuk bekerja di perusahaan ini," katanya usai meninjau proyek pembangunan pabrik Feronikel di Maba, Kamis (17/8/2017)

Ia mengatakan, pembangunan pabrik ini yang harus diperhatikan yakni mengutamakan untuk mengakomodir putra daerah untuk bekerja di perusahaan milik PT Antam, sehingga tingkat pengangguran di Haltim bisa diminimalisir.

Sehingga, proyek senilai Rp3,5 triliun ini dengan kapasitas listrik 70 Mw ini bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Malut.

Menurut dia, proyek pembangunan pabrik Feronikel ini sesuai rencana akan diselesaikan pada Juli 2019 di atas areal lahan seluas 39 ribu hektar.

Sehingga, kata Rini, kehadirannya di perusahaan itu untuk melihat secara dekat kemajuan pengerjaan proyek tersebut, terutama untuk pemenuhan tanki elpiji, karena Antam miliki lahan cukup luas agar BUMN bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Haltim dengan melahirkan program-program bersentuhan dengan kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, PT Aneka TambangTbk (Antam) bersama Konsorsium PT Wijaya Karya Tbk (WiKa) Kawasaki Heavy Industries, Ltd (KHI) melaksanakan pemancangan tiang perdana Proyek Pembangunan Feronikel di Mapaura Kabupaten Haltim.

Sementara itu, Direktur Utama PT Antam, Arie Prabowo Ariotedjo ketika dihubungi sebelumnya menyatakan, kegiatan itu merupakan upaya Antam untuk senantiasa meningkatkan nilai tambah mineral yang dimiliki daerah.

Sehingga, pihaknya akan mendukung total kapasitas produksi feronikel tahunan Antam menjadi 40.500-43.500 ton nikel dalam feronikel (TNi), sebab, semangat mewujudkan industri dasar logam akan semakin dekat," katanya.

"Apalagi, salah satu proyek strategis Antam yang memiliki kapasitas produksi 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi) dengan target penyelesaian P3FH pada tahun 2019, lingkup pekerjaan Konsorsium pada proyek ini adalah pekerjaan design, engineering, procurement, construction, startup, testing and commissioning of the plant," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…