Hyundai Oto Akan Bentuk Perusahaan Patungan Perakitan Kendaraan Niaga di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Agustus 2017 - 14:58 WIB

Hyundai Oto Komersial Indonesia (ist)
Hyundai Oto Komersial Indonesia (ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Hyundai Oto Komersial Indonesia akan membentuk perusahaan patungan atau joint venture dengan Hyundai Motor Corporation untuk melangsungkan niatnya menjual kendaraan niaga di Indonesia. Saat ini, proses pembentukan perusahaan patungan itu masih dalam tahap negosiasi.

Presiden Direktur Hyundai Oto Komersial Indonesia Iki Wibowo mengatakan, kendaraan asal Korea Selatan tersebut akan diimpor secara terurai atau completely knock down (CKD) dan dirakit di dalam negeri. 

Terkait dengan Penanaman Modal Asing (PMA), proses yang dilakukan tidak menyimpang dari aturan pemerintah. Dengan kata lain, Hyundai Oto Komersial Indonesia masih akan menjadi pemilik saham mayoritas jika nanti joint venture dengan Hyundai Motor Corporation ini terbentuk.

Pada tahap awal, produksi kendaraan komersial Hyundai berupa truk dan bus ini akan bekerjasama dengan pabrik perakitan dari pihak ketiga.

"Investasi dan lokasi sedang kami pertimbangkan. Yang jelas, di semester I-2018 diharapkan sudah mulai produksi," kata Iki Wibowo, Selasa (15/8/2017).

Rencananya  Hyundai akan menjual empat model kendaraan komersial pada tahun depan. Dari jumlah itu, baru dua yang akan dirakit di dalam negeri. Sementara dua segmen lain masih diimpor langsung dari Korea Selatan. Kedua jenis kendaraan yang dirakit di dalam negeri adalah untuk segmen dump truck dan heavy duty truck. 

"Satu lagi ada bus dan tractor head yang masih akan kami impor utuh dari Korea Selatan terlebih dahulu," ungkap Iki.

Menurut Iki, pemilihan untuk melakukan perakitan di Indonesia agar dapat lebih menyesuaikan dengan kondisi jalan. Saat ini, harga jual Hyundai Truck di rentang Rp 300 juta sampai Rp 1 miliar.

Untuk meningkatkan penjualan, Hyundai akan menggaet diler lama dan juga mencari konsumen lama. Apalagi secara perhitungan populasi kendaraan Hyundai sejak tahun 2007 sampai 2012 lalu masih ada sekitar 5.000 unit.

Hingga semester I-2018, ditargetkan ada lima diler yang tersebar di lima kota besar di Indonesia. "Tahun depan kami menargetkan jumlah penjualan mencapai 1.000 unit," ungkap Iki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…