Resmikan Pabrik Valve, Wamen ESDM: Penuhi Spesifikasi dan Harga yang Kompetitif

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 16 Agustus 2017 - 07:10 WIB

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

INDUSTRY.co.id, Serang - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, hari, Selasa (15/8), meresmikan pabrik valve PT. Teknologi Rekayasa Katup (TRK) di Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Peresmian tersebut sebagai bentuk dukungan Pemerintah dalam mendorong peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) khususnya di sektor energi.

"Semangat kita memajukan industri dalam negeri itu bukan hanya sebagai slogan. Kita harus mendukung apa yang dinamakan lokal konten," kata Wamen Arcandra dalam sambutannya sebelum peresmian dan penandatanganan prasasti.

Pemerintah, imbuh Arcandra, membuat dua mekanisme dalam menetapkan pengembangan manufaktur industri migas. Pertama, dari segi teknik, spesifikasinya harus memenuhi standar yang dibutuhkan oleh industri. Kedua, harga produk harus kompetitif sehingga sanggup bersaing di pasar. "Kalau dua hal itu kita bisa penuhi, kemanapun industri atau manufacturing bisa masuk, dan tugas pemerintah juga lebih mudah. Karena mendorong industri yang tidak efisien itu akan susah," tegas Wamen ESDM.

Dukungan tersebut sekaligus mensinergikan sistem fiskal gross split yang telah diperkenalkan sebelumnya. "Kita ada insentif, yang utama di gross split. Kalau dia bisa menggunakan produksi dalam negeri di atas 30 persen sampai 50 persen dia dikasih (insentif) dua persen dari gross revenue. Di atas 70 persen mendapat empat persen di atas gross revenue," jelas Wamen Arcandra.

Wamen Arcandra berharap keberadaan PT. Teknologi Rekayasa Katup sanggup menjadi pioner dalam pengembangan industri terutama di sektor hulu migas. "Kita berharap juga PT Teknologi Rekayasa Katup ini akan membuka jalan bagi industri-industri turunannya sehingga bisa bersinergi," harap Wamen ESDM.

PT. Teknologi Rekayasa Katup yang didirikan pada tahun 2015, dan mulai beroperasi pada tahun 2016 ini memproduksi valve yang merupakan komponen yang sangat penting untuk kelancaran operasional di sub sektor Migas, Panas Bumi dan Petrokimia.

Produk valve PT. Teknologi Rekayasa Katup telah diproduksi 100% di Indonesia, dengan tenaga ahli Indonesia dan telah mendapat sertifikasi dari American Petroleum Institute (API), yaitu API Q1 Quality Management System dan API6D Specification for Pipeline Valves.

Pemerintah berkomitmen untuk memfasilitasi penanaman investasi pada kegiatan usaha hulu migas. Adanya peningkatan investasi ini, pada akhirnya akan memberikan multiplier effect yang dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

"Kalau kita bisa mendorong ini dan menggantikan produksi dalam negeri artinya itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita. Efeknya itu bisa dua kali lipat karena mengurangi import dan menggantikan dengan produksi. Itu artinya menaikkan pertumbuhan secara dua kali lipat," tutup Wamen Arcandra.

 

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.