Menteri Rini: Kedepan Kita Akan Bangun Total 50 TOD

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Agustus 2017 - 18:26 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR, Menhub, Dirut Perum Perumnas, Dirut PT KAI Selasa (15/8/2017) (Foto Ridwan)
Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR, Menhub, Dirut Perum Perumnas, Dirut PT KAI Selasa (15/8/2017) (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Badan Usaha Mikik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan pembangunan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) akan lebih digencarkan. Apalagi hunian TOD bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan karena terintegrasi dengan transportasi massal dan juga diharapkan dapat mengurangi backlog perumahan.

"Nantinya TOD akan banyak sekali, rencananya di Pondok Cina, Manggarai, Senen, Tangerang juga di Bogor dan macam-macam banyak sekali. Kedepannya kita akan bangun total 50 TOD," ungkap Rini pada saat acara Groud Breaking TOD Tanjung Barat, Jakarta (15/8/2017).

Ia menambahkan, pembangunan TOD ini yang pertama. "Setelah TOD yang pertama di Tanjung Barat pecah telur, insya allah kedepannya tiap bulan ada satu," terangnya.

Ke depannya, pembangunan hunian di kawasan stasiun ini tak hanya sebatas di stasiun kereta jarak dekat. Rini mengatakan, tak menutup kemungkinan nantinya di stasiun kereta jarak menengah dan jauh dibangun hunian serupa.

Dikesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono mengatakan, nantinya bukan hanya pembangunan hunian terintegrasi dengan moda transportasi massal saja yang digencarkan. Area pusat perbelanjaan dari badan usaha milik daerah (BUMD) juga bakal dibangun hunian.

"Kan tanahnya tanah negara. Nanti ada yang di pasar ini untuk menekan harga. Mungkin nanti ada tanah Kementerian Pekerjaan Umum," lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang juga hadir dalam acara Ground Breaking TOD Tanjung Barat mengatakan, dengan adanya TOD, kita berikan pembelajaran ke masyarakat bagaimana kita miliki pola kehidupan masyarakat perkotaan dengan cara labih baik.

"TOD di Jakarta merupakan salah satu upaya membuat kota-kota lainnya untuk segera mengembangkan TOD. Dengan TOD ini kita beri kesempatan saudara kita yang tidak punya untuk berada di pusat strategis," imbuh Menhub.

Disisi lain, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyambut positif proyek pembangunan rumah susun pada area transit oriented development (TOD) Stasiun Tanjung Barat. Kendati demikian, Djarot berharap penjualan rusun ini tepat sasaran.

"Saya beri masukan supaya rusun ini tidak diperjualbelikan dan dimonopoli oleh orang yang akan memborong karena harganya ini murah, terutama untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), tidak boleh," ujar Djarot.

Lebih lanjut Djarot menegaskan, mereka yang membeli unit rusun sedianya belum memiliki rumah. Warga kelas menengah juga tidak boleh membeli lima unit rusun sekaligus untuk dijual kembali.

"Rusun konsep TOD dengan stasiun ini harus tepat sasaran. Dengan konsep TOD yang terintegrasi stasiun, saya berharap masyarakat bisa lebih sering menggunakan transportasi umum, terutama commuter line," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…