Sinergi BUMN Hadirkan Rumah Susun Berkonsep TOD di Stasiun Tanjung Barat

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Agustus 2017 - 17:01 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR, Menhub, Dirut Perum Perumnas, Dirut PT KAI Selasa (15/8/2017) (Foto Ridwan
Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR, Menhub, Dirut Perum Perumnas, Dirut PT KAI Selasa (15/8/2017) (Foto Ridwan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dalam rangka percepatan pembangunan program satu juta rumah dan juga mengurangi angka backlog perumahan, Perum Perumnas bersama PT KAI  hari ini meresmikan dimulainya proyek rumah susun dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Tanjung barat dan akan dilanjutkan secara bertahap di beberapa stasiun lainnya.

kerjasama ini merupakan sinergi antar BUMN sebagai bentuk komitmen nyata pemerintah dalam menyediakan hunian layak dengan harga terjangkau. Pembangunan Rusun TOD ini merupakan bentuk inovasi hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi kereta commuter Jabodetabek.

"Ini sebagai wujud kerja sama sinergi BUMN untuk pengembangan kawasan yang terintegrasi dan inklusif berbasis TOD, terutama untuk ruang-ruang vertikal yang belum dimanfaatkan," ungkap Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo pada saat acara peletakan batu pertama di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Ia menambahkan, target pembangunan rumah susun ini adalah mesyarakat menengah bawah (MBR) dan masyarakat umum lainnya sebagai alternatif hunia yang lebih efisien. "Adapun pembangunan 3 tower di Stasiun Tanjung Barat akan menampung 1.232 unit hunian dengan lahan seluas 15.244 meter persegi dengan total 29 lantai dan nilai investasi sekitar Rp705 miliar," terangnya.

Disisi lain, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, pembangunan rumah susun di lahan milik PT KAI sebagai bentuk dari komitmen perusahaan dalam mendukung program satu juta rumah.

"Proyek ini merupakan wujud pengoptimalan lahan yang nantinya juga akan dikembangkan di lahan lain milik PT KAI baik di Jabodetabek maupun di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Lebih lanjut Edi mengungkapkan,  “Pengembangan TOD di kawasan stasiun ini diharapkan mampu mendekatkan akses antara rumah dengan moda transportasi KA yang terintegrasi dengan moda lain, menciptakan efisiensi biaya, waktu dan tenaga bagi para commuters, serta pengurangan polusi kendaraan dan meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat di perkotaan.”

Kedepannya, pembangunan rumah susun dengan konsep ini akan dibangun juga di beberapa lokasi stasiun lainnya. "Perumnas dan PT KAI akan terus bersinergi guna memenuhi perizinan dan ketentuan yang berlaku agar penyediaan hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi seperti ini segera terealisasikan di lokasi lainnya," pungkas Edi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…