Rayakan Kemerdekaan, Tanjung Lesung Gelar Upacara Bendera di Bawah Laut

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 15 Agustus 2017 - 16:05 WIB

Pengibaran Bendera di bawah laut Tanjung Lesung
Pengibaran Bendera di bawah laut Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id, Banten - Rakayan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72, yang jatuh pada hari Kamis, (17/8/2017), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung akan menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera di bawah laut, yang akan berlangsung di Tanjung Lesung Beach Club, Pandaglang, Banten.

Menurut Poernomo Siswoprasetijo, selaku Direksi Pengelola KEK Tanjung Lesung dikutip dari berbagai sumber, Ia mengatakan, bahwa pelaksanaan ini termasuk upaya untuk mempromosikan keindahan bawah laut di Tanjung Lesung.

"Suatu pengalaman yang seru dan menarik bisa mengibarkan bendera di bawah laut. Sensasinya beda dan unik daripada upacara 17 Agustus di darat. Silakan datang ke Tanjung Lesung," ujar Poernomo

Untuk melaksanakan upacara tersebut, pihaknya akan mengajak 20 penyelam dan 200 peserta Saka Pariwisata. Para penyelam profesional itu akan mengibarkan bendera pada puku 09:00 WIB.

Nantinya, tambah Dia, para penyelam akan membentuk formasi selayaknya upacara di darar lengkap dengan inspektur dan pemimpin upacara dan tak lupa pengerek bendera.

"Setelah itu, saat bendera Merah Putih masuk di dalam permukaan laut, sayup-sayup lagu Indonesia Raya pun ikut dikumandangkan," ujar Poernomo.

Acara ini juga didukung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar. Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Hiramsyah S Thaib menambahkan, acara ini nantinya akan dihadiri oleh para stakeholder pariwisata Provinsi Banten.

Selain itu, hadir juga Saka Bahari sejumlah 200 orang dari sekitar Kabupaten Pandeglang. "Ini menarik, pemerintah juga berupaya untuk mengeksplorasi kekayaan biodata laut, terumbu karang yang terdapat di KEK Tanjung Lesung. Ini juga bagian dari program kami," ungkap Tim Pokja Destinasi Pariwisata Prioritas Tanjung Lesung Ida Irawati.

Ida menyebut dukungan Pandeglang dan Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Banten serta Kemenpar menjadi harmoni dalam Indonesia Incorporated saat mengisi Kemerdekaan RI.

Ida juga mengaku dalam momen ini, dia akan menggelar peningkatan SDM pariwisata untuk pemandu wisata selam pada Rabu (16/8/2017). Rencananya acara ini akan diikuti 200 orang Saka Pariwisata yang didukung penuh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kementerian Pariwisata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Foto Ilustrasi dari https://uici.ac.id/bmkg-rilis-potensi-cuaca-ekstrem

Selasa, 16 April 2024 - 07:16 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan akan diwarnai adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Selasa, 16 April 2024 - 06:51 WIB

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Bantul—Forum Muda Mudi Sawahan (FOMSA), Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, D.I Yogyakarta menggelar acara syawalan Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.