2019 MRT Ditargetkan Beroperasi Massal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 Desember 2016 - 14:15 WIB

PT MRT Jakarta
PT MRT Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT MRT Jakarta menargetkan moda transportasi massal berbasis kereta sudah dapat dinikmati masyarakat mulai Februari 2019. Sebab itu, pihaknya saat ini terus merampungkan proses konstruksi hingga 2018.

“Untuk tahap awal konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan –Utara dengan rute Lebak Bulus ke Pondok Indah mencapai 62 persen,” kata Direktur Operasional dan  Pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono, Rabu (21/12/2016).
Kini pihaknya tengah menyiapkan berbagai urusan administrasi maupun birokrasi yang belum selesai.

"Kami sedang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Jadi ada beberapa peraturan menteri (Permen) yang perlu untuk direvisi. Misalkan, permen tentang syarat tentang tenaga pemeriksa, pemeliharaan, atau masinis," kata dia.
"Selama ini permen yang ada itu mengatur untuk kereta yang sudah beroperasi saat ini. Jadi misalnya dibutuhkan syarat pengalaman, jam mengemudi berapa, sedangkan MRT ini kan baru. Itu perlu direvisi, bahkan sampai minggu depan pun kita akan masih bahas ini," lanjut dia.Selain itu, tambah Agung, pihaknya juga tengah menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya bakal menjadi ujung tombak dari MRT ini.

"Kita sedang lakukan rekrutmen dan pelatihan. Baik pelatihan dalam negeri, nanti kita akan didik mereka untuk basic-basic perkeretaapian. Setelah basic-nya cukup kuat, kemudian kita akan didik yang lebih advance terkait dengan MRT, pada 2018 nanti setelah basic-nya cukup kuat akan dibawa ke Jepang, maupun negara lain yang sudah pakai MRT,"pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kang Emil Gubernur Jawa Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 14 Desember 2018 - 05:16 WIB

Ini 12 Modus KKN di Wilayah Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan ada 12 modus yang dilakukan oknum kepala daerah melalukan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) untuk memperkaya diri sendiri.

Dirut Semen Padang Yosviandri

Jumat, 14 Desember 2018 - 05:13 WIB

Semen Padang Cegah Perilaku Curang Berbisnis

PT Semen Padang menyatakan komitmen untuk mencegah korupsi dan perilaku curang di lingkungan perusahaan serta menaati prosedur yang berlaku dalam menjalankan hubungan bisnis.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Jumat, 14 Desember 2018 - 05:10 WIB

Aliran Dana Aksi Terorisme Terus Ditelusuri Polisi

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan bahwa saat ini yang menjadi fokus penegak hukum dalam memberantas kasus terorisme adalah penelusuran aspek pendanaannya.

Grup Band Slank

Jumat, 14 Desember 2018 - 04:47 WIB

Slank akan Jadi Duta Kelor untuk NTT

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menobatkan para personel grup musik Slank menjadi duta tanaman kelor melalaui perayaan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-60 Provinsi NTT yang…

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Jumat, 14 Desember 2018 - 04:43 WIB

Menteri ESDM Pastikan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik saat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, terutama di Jawa dan Bali aman.