2019 MRT Ditargetkan Beroperasi Massal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 Desember 2016 - 14:15 WIB

PT MRT Jakarta
PT MRT Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT MRT Jakarta menargetkan moda transportasi massal berbasis kereta sudah dapat dinikmati masyarakat mulai Februari 2019. Sebab itu, pihaknya saat ini terus merampungkan proses konstruksi hingga 2018.

“Untuk tahap awal konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan –Utara dengan rute Lebak Bulus ke Pondok Indah mencapai 62 persen,” kata Direktur Operasional dan  Pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono, Rabu (21/12/2016).
Kini pihaknya tengah menyiapkan berbagai urusan administrasi maupun birokrasi yang belum selesai.

"Kami sedang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Jadi ada beberapa peraturan menteri (Permen) yang perlu untuk direvisi. Misalkan, permen tentang syarat tentang tenaga pemeriksa, pemeliharaan, atau masinis," kata dia.
"Selama ini permen yang ada itu mengatur untuk kereta yang sudah beroperasi saat ini. Jadi misalnya dibutuhkan syarat pengalaman, jam mengemudi berapa, sedangkan MRT ini kan baru. Itu perlu direvisi, bahkan sampai minggu depan pun kita akan masih bahas ini," lanjut dia.Selain itu, tambah Agung, pihaknya juga tengah menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya bakal menjadi ujung tombak dari MRT ini.

"Kita sedang lakukan rekrutmen dan pelatihan. Baik pelatihan dalam negeri, nanti kita akan didik mereka untuk basic-basic perkeretaapian. Setelah basic-nya cukup kuat, kemudian kita akan didik yang lebih advance terkait dengan MRT, pada 2018 nanti setelah basic-nya cukup kuat akan dibawa ke Jepang, maupun negara lain yang sudah pakai MRT,"pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:30 WIB

Dukung Industri Logistik, Pelindo 1 Selesaikan Pengembangan Pelabuhan Sibolga

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah merampungkan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kinerja pelayanan…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 04:00 WIB

Industri 4.0 Belum Bela Hak Petani Jamin Harga Pangan Terjangkau

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menegaskan bahwa saat ini pemerintah Indonesia masih belum bisa membela hak-hak petani dan menjamin harga pangan yang terjangkau.

Menperin airlangga bersama presiden jokowi di acara roadmap industri 4.0

Minggu, 17 Februari 2019 - 20:26 WIB

Dana Riset Dinilai Belum Khusus untuk Industri 4.0

Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Suhono Harso Supangkat mengatakan, dana riset dan pengembangan dari pemerintah belum khusus untuk revolusi industri ke-empat.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Minggu, 17 Februari 2019 - 18:40 WIB

Pacu Pertumbuhan Ekonomi 2020-2040, Ini Langkah Strategis Kemenperin

Pemerintah menyiapkan langkah strategis perekonomian 2020-2024 yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor manufaktur.

Event Dine & Design di HighPoint Center Pondok Indah

Minggu, 17 Februari 2019 - 17:20 WIB

HighPoint Luncurkan Seri Terbaru dari furniture CASE

Membawa tema Furnish Your Dreams, HighPoint memperkenalkan banyak koleksi terbaru dari seri furniture CASE diantaranya yaitu seri American Classic melalui event Dine & Design di HighPoint Center…