2019 MRT Ditargetkan Beroperasi Massal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 Desember 2016 - 14:15 WIB

PT MRT Jakarta
PT MRT Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT MRT Jakarta menargetkan moda transportasi massal berbasis kereta sudah dapat dinikmati masyarakat mulai Februari 2019. Sebab itu, pihaknya saat ini terus merampungkan proses konstruksi hingga 2018.

“Untuk tahap awal konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan –Utara dengan rute Lebak Bulus ke Pondok Indah mencapai 62 persen,” kata Direktur Operasional dan  Pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono, Rabu (21/12/2016).
Kini pihaknya tengah menyiapkan berbagai urusan administrasi maupun birokrasi yang belum selesai.

"Kami sedang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Jadi ada beberapa peraturan menteri (Permen) yang perlu untuk direvisi. Misalkan, permen tentang syarat tentang tenaga pemeriksa, pemeliharaan, atau masinis," kata dia.
"Selama ini permen yang ada itu mengatur untuk kereta yang sudah beroperasi saat ini. Jadi misalnya dibutuhkan syarat pengalaman, jam mengemudi berapa, sedangkan MRT ini kan baru. Itu perlu direvisi, bahkan sampai minggu depan pun kita akan masih bahas ini," lanjut dia.Selain itu, tambah Agung, pihaknya juga tengah menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya bakal menjadi ujung tombak dari MRT ini.

"Kita sedang lakukan rekrutmen dan pelatihan. Baik pelatihan dalam negeri, nanti kita akan didik mereka untuk basic-basic perkeretaapian. Setelah basic-nya cukup kuat, kemudian kita akan didik yang lebih advance terkait dengan MRT, pada 2018 nanti setelah basic-nya cukup kuat akan dibawa ke Jepang, maupun negara lain yang sudah pakai MRT,"pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:34 WIB

Pelindo III Kembangkan Bisnis Air Dalam Kemasan Incar Pemasok Kawasan Industri dan Terminal Pelabuhan

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) PT Pelindo III (Persero) mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih di kawasan industri dan terminal pelabuhan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Menteri Airlangga Pastikan Impor Bahan Baku Tidak Akan Dipersulit

Pemerintah tengah memfinalisasi peraturan pembatasan impor, hingga saat ini pengetatan lebih akan dilakukan terhadap barang konsumsi, tidak termasuk bahan baku dan barang modal.

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kebijakan Penguatan Devisa

- Pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendukung strategi kebijakan penguatan cadangan devisa karena memiliki "balance of payments" atau neraca pembayaran yang selalu surplus.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13 September 2018.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:58 WIB

Alpha Momentum Indonesia akan Gelar Event Pertamanya Starthub Connect

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13…