2019 MRT Ditargetkan Beroperasi Massal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 Desember 2016 - 14:15 WIB

PT MRT Jakarta
PT MRT Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT MRT Jakarta menargetkan moda transportasi massal berbasis kereta sudah dapat dinikmati masyarakat mulai Februari 2019. Sebab itu, pihaknya saat ini terus merampungkan proses konstruksi hingga 2018.

“Untuk tahap awal konstruksi MRT Jakarta koridor Selatan –Utara dengan rute Lebak Bulus ke Pondok Indah mencapai 62 persen,” kata Direktur Operasional dan  Pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono, Rabu (21/12/2016).
Kini pihaknya tengah menyiapkan berbagai urusan administrasi maupun birokrasi yang belum selesai.

"Kami sedang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Jadi ada beberapa peraturan menteri (Permen) yang perlu untuk direvisi. Misalkan, permen tentang syarat tentang tenaga pemeriksa, pemeliharaan, atau masinis," kata dia.
"Selama ini permen yang ada itu mengatur untuk kereta yang sudah beroperasi saat ini. Jadi misalnya dibutuhkan syarat pengalaman, jam mengemudi berapa, sedangkan MRT ini kan baru. Itu perlu direvisi, bahkan sampai minggu depan pun kita akan masih bahas ini," lanjut dia.Selain itu, tambah Agung, pihaknya juga tengah menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya bakal menjadi ujung tombak dari MRT ini.

"Kita sedang lakukan rekrutmen dan pelatihan. Baik pelatihan dalam negeri, nanti kita akan didik mereka untuk basic-basic perkeretaapian. Setelah basic-nya cukup kuat, kemudian kita akan didik yang lebih advance terkait dengan MRT, pada 2018 nanti setelah basic-nya cukup kuat akan dibawa ke Jepang, maupun negara lain yang sudah pakai MRT,"pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:16 WIB

Pemprov Kaltim Targetkan Investasi Rp37,06 Triliun 2018

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun ini menargetkan mampu menarik investasi lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yakni mencapai Rp37,06 triliun atau mengalami kenaikan Rp8,86 triliun dibandingkan…

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:10 WIB

Investor Korea Tertarik Bangun PLTU Bangka Tengah

Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pembangunan jalan tol (Ist)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:04 WIB

Pengerjaan Tol Palindra Seksi Pemulutan-Rambutan Dikebut

Kontruksi Jalan Tol Palembang Indralaya (Palindra) untuk seksi II Pemulutan-KTM Rambutan terus dikebut karena hingga kini baru tercapai 50 persen.

Swiss-Belhotel International Kampanyekan Bali Aman

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:55 WIB

Bantu Pemberitaan Bali Aman, Swiss-Belhotel Kampanyekan #IAMINBALI

Swiss-Belhotel International di Bali serentak menggelar kampanye foto di media sosial dengan menggunakan tagar #IAMINBALINOW yang dilaksanakan oleh Sembilan hotel dan resor yang dikelola oleh…

Gubernur Anies dan Wagub Sandiaga (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:54 WIB

Gubernur Anies akan Tutup 36 Diskotek yang Melanggar Perda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan diskotek yang melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Daerah (Perda) akan diberi sanksi, bila sanksinya penutupan akan dilaksanakan.