BNI Beri Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan ke Lima Puluh Ribu Pekerja Rentan

Oleh : Wiyanto | Senin, 14 Agustus 2017 - 19:03 WIB

PT. Bank Negara Indonesia (BNI)
PT. Bank Negara Indonesia (BNI)

INDUSTRY.co.id -Jakarta-Tidak kurang dari 50 ribu pekerja rentan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai salah satu Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai oleh Bank BNI. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan Bank BNI dalam program pengentasan kemiskinan yang digagas pemerintah Republik Indonesia melalui kerjasama dengan kementerian atau lembaga.

Program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini diberikan melalui program GN Lingkaran (Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan) BPJS Ketenagakerjaan. Skema bantuan sosial ini merupakan yang pertama kali dilakukan Bank BNI dengan menyalurkannya dalam bentuk perlindungan 2 program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) kepada 50 ribu pekerja yang masuk dalam kategori pekerja rentan, yaitu pekerja yang sehari-harinya hanya mengandalkan penghasilannya sehari untuk biaya hidup hari itu saja.

Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini diperuntukkan bagi penerima bantuan sosial produktif, agen e-warong KUBE, agen 46, petani dan sektor pekerja lainnya dengan masa perlindungan selama 6 bulan ke depan. Perlindungan ini diharapkan akan terus dilanjutkan secara mandiri oleh para pekerja rentan yang menerima bantuan sosial ini setelah masa perlindungan selama 6 bulan berakhir.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, berharap dalam 6 bulan ke depan, para pekerja rentan ini dapat meningkatkan taraf perekonomian mereka dengan mengurangi kekhawatiran akan timbulnya kemungkinan terkena risiko sosial ekonomi karena tertimpa musibah, seperti kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia.

Penyerahan bantuan sosial yang dilaksanakan di Cawang, Jakarta (14/7) dihadiri pula oleh Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Direktur Utama Bank BNI, Achmad Baiquni, didampingi oleh Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan Bank BNI, Adi Sulistyowati. Dalam kegiatan ini diserahkan bantuan sosial secara simbolis kepada perwakilan dari penerima bantuan sosial dari masing-masing sektor donati (penerima bantuan GN Lingkaran).

"Program ini bertujuan untuk membantu memberikan perlindungan kepada pekerja rentan melalui BPJS Ketenagakerjaan", jelas Achmad Baiquni di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Agus Susanto mengatakan dirinya mengapresiasi langkah Bank BNI dalam menyalurkan dana CSR perusahaan dalam bentuk perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan.

"Semakin banyak perusahaan yang menyalurkan dana CSR mereka dalam bentuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, maka perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud", ungkap Agus. Dia menambahkan, program GN Lingkaran yang digagasnya ini menjadi salah satu upaya untuk mencapai kesempurnaan perlindungan pekerja Indonesia.

Kegiatan penyerahan bantuan GN Lingkaran ini juga dilakukan bersamaan dengan Penyaluran Bantuan Sosial PKH Non Tunai yang dihadiri oleh sekitar 250 Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM).

"Langkah-langkah yang diambil Bank BNI ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mengangkat perekonomian rakyat melalui program-program inklusi keuangan", jelas Achmad Baiquni.

Agus Susanto berharap, perusahaan lain, khususnya industri keuangan di Indonesia hendaknya dapat menduplikasi skema CSR yang sudah dilakukan beberapa perusahaan dan perbankan, seperti yang dilakukan Bank BNI hari ini. Semoga perlindungan bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud dan seluruh pekerja mendapatkan hak mereka atas perlindungan Jaminan sosial, khususnya ketenagakerjaan", pungkas Agus.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Rijanto, Co-Founder dan Creative Director bersama Seniman ultraviolet Rony "Rebellionik" Rahardian berfoto disamping BMW i8 di ajang WE THE FEST 2018 (Foto: Dok. BMW Indonesia)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 10:48 WIB

Instalasi BMW i8 Gemparkan Ajang WE THE FEST 2018

BMW turut serta dalam ajang festival musik, seni dan gaya hidup tahunan WE THE FEST dengan menampilkan BMW i8 hasil kolaborasi antara Christian Rijanto, Co-Founder dan Creative Director dari…

PT Omega Teknologi Indonesia (Omega Pos) menjajaki kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dalam sistem pembayaran cashless yaitu melalui layanan digital T Money dan point of sales yang disediakan Omega Pos.

Sabtu, 21 Juli 2018 - 10:19 WIB

Hybrid Cloud Solusi Aman Transaksi Penjualan bagi UKM

PT Omega Teknologi Indonesia resmi meluncurkan Hybrid Cloud, sebagai fitur offline-online smart kasir yang aman bagi pelaku UKM

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 21 Juli 2018 - 10:17 WIB

Perkuat Daya Saing IKM Komponen Otomotif, Kemenperin Jalin Kerja Sama dengan JICA

Kementerian Perindustrian berupaya memperkuat daya saing industri kecil dan menengah (IKM) di berbagai daerah, salah satunya sektor pengecoran logam pembuatan komponen otomotif di Pasuruan,…

BKPM

Sabtu, 21 Juli 2018 - 09:57 WIB

Kemenko Perekonomian Dorong Transisi OSS kepada BKPM

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan mendorong percepatan transisi pengelolaan sistem pelayanan elektronik terpadu atau Online Single Submission (OSS) kepada Badan Koordinasi Penanaman…

Peluncuran Sistem Layanan Perizinan Terintegrasi Online Single Submission (OSS)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 09:54 WIB

Pemerintah Terus Pantau Pelaksanaan OSS

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terus memantau pelaksanaan sistem pelayanan elektronik terpadu atau Online Single Submission (OSS) yang baru berjalan selama 10 hari dan telah diminati…