Menteri Jonan Tinjau Pembangunan Jaringan Gas di Sidoarjo

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Agustus 2017 - 14:28 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas
Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

INDUSTRY.co.id , Sidoarjo - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan secara khusus meninjau pembangunan jaringan gas kota (Jargas) di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam kunjungan tersebut Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Presiden Direktur PT Pertamina Gas Suko Hartono. kunjungan tersebut guna menyaksikan secara lansung memanfaatkan gas bumi di Tanggulangin oleh warga.

Pada kesempatan tersebut, Jonan menyempatkan diri untuk mampir di Pondok Pesantren Mambaul Hikam di Desa Putat, Sidoarjo untuk melihat proyek jargas Kementerian ESDM yang telah dimanfaatkan santri pondok setempat.

“Kunjungan ini untuk mengetahui secara langsung penggunaan jargas warga di Sidoarjo,” kata Ignasius Jonan kepada wartawan di Ponpes Manba’ul Hikam  di Desa Putat, Sidoarjo, Minggu (13/8/2017).

Menteri Ignasius Jonan menjelaskan, kehadiran jaringan gas kota ini akan memudahkan masyarakat dalam beraktifitas, khususnya untuk urusan dapur. "Karena hemat, praktis, aman dan suplai gas mengalir 24 jam," katanya.

Jonan menambahkan, proyek pembangunan jaringan gas kota dilakukan Kementerian ESDM setiap tahun untuk mendorong rumah tangga dan pelanggan kecil bisa memanfaatkan gas alam sebagai bentuk diversifikasi energi.

Pada tahun ini, Kementerian ESDM menargetkan pembangunan jaringan gas kota sebanyak 59.809 SR di 10 kota. "Tahun ini, sesuai Renstra Kementerian ESDM, program jaringan gas kota ini diharapkan akan menjangkau 1,2 juta SR (kumulatif) di berbagi wilayah kabupaten kita di Indonesia," ungkap Jonan.

Sementara itu, President Director PT Pertamina Gas, Suko Hartono, menyebutkan, Sidoarjo menjadi contoh bahwa jargas juga bermanfaat tidak hanya untuk rumah tangga, tapi juga untuk kebutuhan memasak para santri di pondok. "Kehadiran Jargas sangat bermanfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Suko menyebutkan, saat ini terdapat 10.350 Sambungan Rumah Tangga (SR) di Sidoarjo yang dibangun menggunakan APBN Tahun Anggaran (TA) 2010, 2011, 2012 & 2014 yang dikelola Pertamina Gas. "Untuk suplai gas diperoleh dari Lapindo Brantas Inc, dengan total alokasi sebesar 0,4 MMSCFD," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…