Sambut Ulang Tahun RI ke-72, Kemenperin Gelar Pameran Unggulan Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 14 Agustus 2017 - 12:35 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dan Ketua Yayasan Perempuan Untuk Negeri, Yantie Isfandiary Airlangga saat membuka acara Pameran Produk Unggulan Indonesia (Ridwan/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dan Ketua Yayasan Perempuan Untuk Negeri, Yantie Isfandiary Airlangga saat membuka acara Pameran Produk Unggulan Indonesia (Ridwan/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia merupakan negara yang kaya keanekaragaman budaya dan adat istiadat. Budaya ini menginspirasi industri dalam negeri dalam menciptakan berbagai produk yang memanfaatkan kearifan lokal. Produk berbasis budaya ini merupakan produk bernilai ekonomi tinggi sekaligus menjadi identitas bangsa.

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) terus berupaya membina para perajin untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sehingga mampu bersaing dan diterima di diunia internasional.

Dalam rangka itulah Ditjen IKM Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Yayasan Perempuan Untuk Negeri (PUN), kementerian Luar Negeri dan Bhayangkari menyelenggarakan pameran berbagai produk unggulan budaya Indonesia. Pameran ini sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72.

"Sasaran pammeran ini juga untuk memfasilitasi pelaku IKM lokal agar berani tampil sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi, industri berbasis budaya sangat erat kaitannya dengan IKM," ungkap Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih saat acara Pameran Produk Unggulan Indonesia di Plasa Industri kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Ia menambahkan, industri berbasis budaya ini sangat erat kaitannya dengan IKM. proses produksi secara handmade dan penggunaan bahan baku dari alam merupakan salah satu wujud pelestarian budaya oleh IKM. "Terbukti, IKM dapat berperan sebagai penggerak perekonomian nasional yang tahan terhadap guncangan perekonomian global," terangnya.

Menurut Gati, ditengah melemahnya kondisi perekonomian dunia, IKM cenderung mampu bertahan dan berdaya saing. Hingga saat ini, jumlah IKM mencapai 4,4 juta unit usaha dengan total penyerapan tenaga kerja sebanyak 10,1 juta orang, sehingga menjadi kekuatan bagi sektor mayoritas ini untuk terus memberikan kontribusi kepada negara dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

Disisi lain, Ketua PUN, Yantie Isfandiary Airlangga menyampaikan, kebudayaan telah menjadi isnpirasi bagi industri dalam negeri untuk menciptakan berbagai produk berbasis kearifan lokal. Sehingga produk-produk tersebut menjadi bernilai ekonomi tinggi sekaligus menunjukkan identitas bangsa.

"produk-produk berbasis budaya dan kearifan lokal antara lain batik, tenun tradisional, kerajinan, anyaman, kulit dan produk kulit serta perhiasan yang memanfaatkan bahan baku dari alam Indonesia," imbuh Yantie.

Pameran produk unggulan yang digelar pada tanggal 14-16 Agustus 2017 di plasa industri Kementerian Perindustrian ini diikuti sebanyak 49 peserta yang terdiri dari pelaku IKM fesyen, kerajinan, perhiasan, produk kulit, kosmetik, kopi dan produk olahan lainnya. Sebagian dari peserta pameran sudah melakukan ekspor ke berbagai negara.

"Diharapkan melalui pameran ini akan semakin banyak lagi pelaku usaha IKM yang tak hanya dikenal di dalam negeri namun memiliki orientasi ekspor bagi produk yang dihasilkannya," pungkas Yantie.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…

Pelayanan di Kantor Bank DKI

Kamis, 18 April 2024 - 09:16 WIB

PJ Gubernur DKI Jakarta Harap Bank DKI Terus Bertumbuh Bersama Kota Jakarta

Memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada (11/04), Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan harapan Bank DKI dapat terus menjadi mitra…

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…