Transaksi Belanja Online Meningkat Hingga 50%

Oleh : Ridwan | Minggu, 13 Agustus 2017 - 14:52 WIB

Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia
Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah telah memastikan tidak ada penurunan daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak adanya indikasi data yang menunjukkan penyebab pelemahan daya beli seperti yang diisukan akhir-akhir ini.

Hany saja Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada pergeseran pola konsumsi dari offline ke online. Tetapi hal ini hanya terjadi di kalangan masyarakat menengah atas.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia, Aulia E. Marinto mengatakan, pertumbuhan transaksi perdagangan e-commerce setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Bahkan e-commerce berpotensi bisa mencapai USD 130 miliar hingga tahun 2020.

"Ini merupakan model bisnis yang pas. Dengan adanya prospek ekonomi Indonesia untuk membangun e-commerce, maka kami merasakan pertumbuhan dari waktu ke waktu," ungkap Aulia di Jakarta (12/8/2017).

Ia mencatat bahwa transaksi e-commerce di tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 30% hingga 50% jika dibandingkan dengan tahun 2014. "Besaran transaksi e-commerce masih 2% dari total transaksi perdagangan konsumsional," kata Aulia.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi selama kuartal II-2017 memang tercatat yang terbesar mencapai 10,8% year-on-year (y-o-y).

Adapun lapangan usaha di industri hanya tumbuh 3,54% (y-o-y). Namun demikian, andil informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat kecil yakni 3,83& (y-o-y), angka tersebut masih jauh di atas sektor industri yang mendominiasi sebesar 20,26% (y-o-y).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:48 WIB

Agar Tidak Tergantung Pasar UE-AS, BUMN Segera Dirikan Tangki CPO di Ruia-Paksitan

Pelaku usaha mengusulkan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendirikan tangki Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya di Pakistan dan Rusia agar Indonesia tidak bergantung lagi pada pasar Uni…

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:30 WIB

Sektor Investasi Membaik, China Development Bank Segera Buka Kantor di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah Dirut BUMN (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:10 WIB

Menteri Rini Pastikan 18 Balkondes Beroperasi Akhir Tahun Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dikelola perusahaan milik negara itu, bisa beroperasi…

Ilustrasi Bandara

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:50 WIB

Menhub Targetkan Bandara Notohadinegoro Jember Tambah 360.000 Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Notohadinegoro dapat menambah kedatangan penumpang hingga 360.000 orang per tahun pada 2019 setelah bandara tersebut selesai dikembangkan.

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.