Transaksi Belanja Online Meningkat Hingga 50%

Oleh : Ridwan | Minggu, 13 Agustus 2017 - 14:52 WIB

Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia
Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah telah memastikan tidak ada penurunan daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak adanya indikasi data yang menunjukkan penyebab pelemahan daya beli seperti yang diisukan akhir-akhir ini.

Hany saja Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada pergeseran pola konsumsi dari offline ke online. Tetapi hal ini hanya terjadi di kalangan masyarakat menengah atas.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia, Aulia E. Marinto mengatakan, pertumbuhan transaksi perdagangan e-commerce setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Bahkan e-commerce berpotensi bisa mencapai USD 130 miliar hingga tahun 2020.

"Ini merupakan model bisnis yang pas. Dengan adanya prospek ekonomi Indonesia untuk membangun e-commerce, maka kami merasakan pertumbuhan dari waktu ke waktu," ungkap Aulia di Jakarta (12/8/2017).

Ia mencatat bahwa transaksi e-commerce di tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 30% hingga 50% jika dibandingkan dengan tahun 2014. "Besaran transaksi e-commerce masih 2% dari total transaksi perdagangan konsumsional," kata Aulia.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi selama kuartal II-2017 memang tercatat yang terbesar mencapai 10,8% year-on-year (y-o-y).

Adapun lapangan usaha di industri hanya tumbuh 3,54% (y-o-y). Namun demikian, andil informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat kecil yakni 3,83& (y-o-y), angka tersebut masih jauh di atas sektor industri yang mendominiasi sebesar 20,26% (y-o-y).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 12:14 WIB

Ekonomi Keuangan Syariah Libatkan Seluruh Masyarakat

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Bambang Pramasudi mengatakan, ekonomi dan keuangan syariah bukan merupakan suatu konsep ekslusif yang hanya ditujukan kepada umat…

Febri Diansyah Juru Bicara KPK (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 12:02 WIB

KPK Bantah KTP-E Tercecer Merupakan Barang Bukti

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membantah kartu-kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) yang tercecer di Kabupaten Bogor merupakan barang bukti KPK.

Para seniman Indonesia yang terlibat dalam acara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018

Senin, 28 Mei 2018 - 11:38 WIB

Seremoni Pembukaan Asian Games Bakal Jadi Yang Termegah Di Dunia

Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) kemarin mulai memberikan gambaran tentang persiapan seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Panggung prosesi upacara pembukaan pada 18…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 11:38 WIB

Tol Laut Turunkan Harga Barang di Kepulauan

Asisten Administrasi Pembangunan kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Benhard Pilat mengatakan program Tol Laut mulai berdampak pada penurunan harga barang di wilayah kepulauannya.

Pengisian LPG 3kg

Senin, 28 Mei 2018 - 11:23 WIB

Pertamina Jamin Pasokan dan Distribusi LPG Aman Selama Ramadhan

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan dan distribusi LPG selama Ramadan.