Transaksi Belanja Online Meningkat Hingga 50%

Oleh : Ridwan | Minggu, 13 Agustus 2017 - 14:52 WIB

Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia
Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah telah memastikan tidak ada penurunan daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak adanya indikasi data yang menunjukkan penyebab pelemahan daya beli seperti yang diisukan akhir-akhir ini.

Hany saja Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada pergeseran pola konsumsi dari offline ke online. Tetapi hal ini hanya terjadi di kalangan masyarakat menengah atas.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia, Aulia E. Marinto mengatakan, pertumbuhan transaksi perdagangan e-commerce setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Bahkan e-commerce berpotensi bisa mencapai USD 130 miliar hingga tahun 2020.

"Ini merupakan model bisnis yang pas. Dengan adanya prospek ekonomi Indonesia untuk membangun e-commerce, maka kami merasakan pertumbuhan dari waktu ke waktu," ungkap Aulia di Jakarta (12/8/2017).

Ia mencatat bahwa transaksi e-commerce di tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 30% hingga 50% jika dibandingkan dengan tahun 2014. "Besaran transaksi e-commerce masih 2% dari total transaksi perdagangan konsumsional," kata Aulia.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi selama kuartal II-2017 memang tercatat yang terbesar mencapai 10,8% year-on-year (y-o-y).

Adapun lapangan usaha di industri hanya tumbuh 3,54% (y-o-y). Namun demikian, andil informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat kecil yakni 3,83& (y-o-y), angka tersebut masih jauh di atas sektor industri yang mendominiasi sebesar 20,26% (y-o-y).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:27 WIB

Jelang Sumut 1, PAN Sumut Matangkan Pemenangan Edy-Ijeck

Partai Amanat Nasional mematangkan persiapan untuk memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Sumatera Utara.

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:21 WIB

Perluas Pasar, Semen Baturaja Bangun Proyek Cement Mill d Jambi

Perseoran Terbatas Semen Baturaja berencana berinvestasi dengan membangun proyek "cement mill" dan "packing plant" di Kota Jambi, Provinsi Jambi, sebagai upaya memperluas sebaran pasar semen…

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Januari 2018 - 20:16 WIB

Fundamental Ekonomi Nasional Kuat, Kinerja IHSG Tahun Politik Positif

Bursa Efek Indonesia optimistis kinerja indeks harga saham gabungan pada 2018 yang merupakan tahun politik akan tetap membukukan hasil positif.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

Jumat, 19 Januari 2018 - 18:45 WIB

Kemenperin Targetkan Industri Pengolahan Ikan Tumbuh 10 Persen pada 2018

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto mengatakan, potensi perikanan di Indonesia masih berpotensi untuk ditingkatkan.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Jumat, 19 Januari 2018 - 18:15 WIB

Kemenperin Lakukan Langkah Sinergi Terkait Isu Perubahan Iklim di Sektor Industri

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Ngakan Timur Antara menyampaikan, dalam melakukan pemenuhan komitmen terhadap isu perubahan iklim…