Transaksi Belanja Online Meningkat Hingga 50%

Oleh : Ridwan | Minggu, 13 Agustus 2017 - 14:52 WIB

Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia
Wow, Pasar E-commerce Indonesia Diprediksi Terbesar di Dunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah telah memastikan tidak ada penurunan daya beli masyarakat. Hal ini dikarenakan tidak adanya indikasi data yang menunjukkan penyebab pelemahan daya beli seperti yang diisukan akhir-akhir ini.

Hany saja Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada pergeseran pola konsumsi dari offline ke online. Tetapi hal ini hanya terjadi di kalangan masyarakat menengah atas.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia, Aulia E. Marinto mengatakan, pertumbuhan transaksi perdagangan e-commerce setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Bahkan e-commerce berpotensi bisa mencapai USD 130 miliar hingga tahun 2020.

"Ini merupakan model bisnis yang pas. Dengan adanya prospek ekonomi Indonesia untuk membangun e-commerce, maka kami merasakan pertumbuhan dari waktu ke waktu," ungkap Aulia di Jakarta (12/8/2017).

Ia mencatat bahwa transaksi e-commerce di tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 30% hingga 50% jika dibandingkan dengan tahun 2014. "Besaran transaksi e-commerce masih 2% dari total transaksi perdagangan konsumsional," kata Aulia.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan lapangan usaha informasi dan komunikasi selama kuartal II-2017 memang tercatat yang terbesar mencapai 10,8% year-on-year (y-o-y).

Adapun lapangan usaha di industri hanya tumbuh 3,54% (y-o-y). Namun demikian, andil informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat kecil yakni 3,83& (y-o-y), angka tersebut masih jauh di atas sektor industri yang mendominiasi sebesar 20,26% (y-o-y).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dalam sambutannya saat Rembuk Nasional 2017 (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:51 WIB

Kebanyakan Regulai Menumpuk Hambat Kecepatan Pembangunan

Presiden Joko Widodo menjelaskan kebanyakan regulasi yang bertumpuk memiliki potensi tumpang tindih sehingga rentan menghambat kecepatan pembangunan Indonesia.

Ilustrasi Anggota Polri/ Brimob (Foto Ist)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:41 WIB

Upaya Pemberantasan Korupsi Bisa Dimulai dari Internal Polri Secara Menyeluruh

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas meragukan kesiapan Polri terkait dengan rencana membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi.

Miryam S. Haryani. (Foto: IST)

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:34 WIB

Anggota DPR Miryam S Haryani Dituntut 5 Tahun Penjara

Mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani dituntut 8 tahun penjara ditambah denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan karena dinilai terbukti melakukan tindak…

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Selasa, 24 Oktober 2017 - 03:28 WIB

Kapolri Tito Klarifikasi Pemberitaan Soal Korban Pemerkosaan

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengadakan pertemuan dengan 18 organisasi aktivis pemerhati perempuan, didampingi oleh sejumlah pejabat Mabes Polri untuk melakukan klarifikasi atas sebuah…

Workshop Pengendalian dan Pengawasan Koperasi Bagi Aparatur Kabupaten/Kota di Jawa Timur, di Kota Batu, Malang, Senin (23/10).

Senin, 23 Oktober 2017 - 22:24 WIB

Pemerintah Awasi 12 Koperasi Bermasalah Ini

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengawasi dan mewaspadai keberadaan 12 koperasi bermasalah dan melakukan praktik menyimpang.