Petani Peroleh Rp5,5 Triliun Tingkatkan Produksi Buah Lokal

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 Agustus 2017 - 13:01 WIB

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Ist)
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,5 triliun untuk mendukung produktivitas petani lokal dalam mengembangkan buah dan pangan lokal.

"Itu perintah Presiden. Kami akan berikan bibit dan pupuk yang nilainya mencapai Rp5,5 triliun mulai September nanti hingga tahun depan," katanya seusai acara kampanye buah lokal di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (13/8/2017)

Khusus untuk bibit, Amran mengatakan jenisnya akan disesuaikan dengan keunggulan wilayah masing-masing. "Buahnya apa saja, kalau bisa semua, mulai dari mangga dan lainnya," katanya.

Menurut Amran, buah-buahan lokal Indonesia punya potensi besar untuk menjadi komoditas yang bisa diekspor karena buah-buahan lokal seperti mangga, manggis hingga nanas, sudah banyak dilirik oleh negara lain, terutama di wilayah empat musim.

"Mangga, manggis, itu bagus sekali prospeknya. Begitu pula nanas. Banyak negara yang sudah minta seperti Jepang, China, Eropa juga minta untuk nanas dan manggisnya," tuturnya.

Ia mengatakan jika negara lain saja sudah terpikat dengan buah Indonesia, masyarakat Indonesia juga sudah sepatutnya mencintai dan mengonsumsi buah-buahan lokal yang ditanam petani dalam negeri.

Ia menyerukan masyarakat bisa mengkonsumsi buah lokal Indonesia. Selain rasa yang enak dan variasi buah yang berlimpah, mengkonsumsi buah lokal akan mensejahterakan petani lokal.

"Mencintai produk lokal itu sama dengan mencintai merah putih, mencintai bangsa Indonesia, mencintai negeri ini, mencintai petani. Mari kita galakkan hortikultura, perkebunan, dan buah-buahan kita karena masa depan ada di sini," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Moment penyaluran bantuan ke Rohingya.

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:40 WIB

Laziz Dewan Dakwah dan Forjim Salurkan Bantuan Langsung ke Rohingya

Bangladesh-Dewan Pembina Forum Jurnalis Muslim (Forjim) Tjahja Gunawan bersama dua relawan Lazis Dewan Dakwah, mengunjungi para pengungsi muslim Rohingya di Bangladesh, Selama sepekan.

Para komisioner KPPU. (Foto: IST)

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:15 WIB

KPPU Usulkan Standar Pelayanan Minimum dalam Ibadah Umrah

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengusulkan kepada penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) untuk menetapkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) terhadap perjalanan ibadah umrah. Pihaknya…

Migas Ilustrasi

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:08 WIB

SP SKK Migas Gandeng KSPN Dorong Revisi UU Migas

Serikat Pekerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SP SKK Migas) menggandeng Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) untuk mendorong dirampungkannya Revisi…

Philips Kenalkan Dua Produk Garment Care di Ajang IFW Week

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Philips Kenalkan Dua Produk Garment Care di Ajang IFW 2018

Philips Indonesia kembali memperkenalkan dua produk garment care terbaru yakni setrika uap Perfect Care OptimalTEMP GC3920 dan Garment Steamer Easy Touch Plus GC524 di ajang Jakarta Fashion…

Ilustrasi Lobster (Foto Ist)

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Polda Jambi Gagalkan Penyelundupan Lobster Senilai Rp5,74 Miliar

Anggota Direktorat Polisi Perairan (Dipolair) Polda Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan dan menyelamatkan 38.326 ekor anak lobter (homarus) senilai Rp5,74 miliar yang akan dikirim ke luar.