Masyarakat Kagum Penampilan Peserta Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 13 Agustus 2017 - 11:01 WIB

Jember Fashion Carnaval (Foto Ist)
Jember Fashion Carnaval (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jember - Penampilan sejumlah peserta "Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia" (WACI) dari berbagai daerah memukau ribuan penonton yang memadati "catwalk" sepanjang 1,5 kilometer di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2017) sore.

Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief membuka kegiatan WACI yang diikuti peserta dari Kabupaten Bondowoso yang mengusung busana Islami Nusantara, Best Situbondo Carnaval (BSC) Situbondo, Provinsi Gorontalo yang mengusung tema "MM Karawo Agensy Iksotika, Lo hulondalo" dan yang terakhir dari Kepulauan Riau yang menampilkan kostum legenda Kerajaan Melayu.

"WACI tahun ini terdapat perkembangan dari tahun kemarin, terutama keikutsertaan kabupaten sekitar yakni Kabupaten Situbondo dan Bondowoso," kata Wakil Bupati A. Muqit Arief dalam sambutannya.

Menurutnya karnaval yang dimotori oleh Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) yang dipimpin Dynand Fariz merupakan kegiatan yang bisa mendongkrak perekonomian di daerah dan diharapkan Kabupaten Jember dengan daerah peserta WACI bisa menjalin kerja sama di bidang ekonomi.

"Berbagai daerah berpartisipasi dalam kegiatan WACI di Jember, sehingga ke depan Kabupaten Jember juga akan berpartisipasi dalam kegiatan serupa di kabupaten sekitar, sehingga dapat menjadikan sebuah ikatan tali persaudaraan yang sangat produktif dan kerja sama nantinya," tuturnya kepada awak media.

Ratusan peserta dari berbagai daerah menggunakan kostum yang berciri khas kebudayaan dan kesenian masing-masing daerah, sehingga keanekaragaman karnaval tersebut dapat terlihat dari masing-masing pakaian yang dikenakan peserta.

Keunikan kostum yang dipadukan dengan kebudayaan masing-masing daerah tersebut menghipnotis penonton yang hadir dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-16 di Kabupaten Jember.

Tema besar dalam JFC ke-16 yakni "Victory" yang berarti kemenangan JFC dalam mengukir prestasi di dunia internasional dan kemenangan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk parade dari 13 penghargaan yang didapatkan JFC. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Moment penyaluran bantuan ke Rohingya.

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:40 WIB

Laziz Dewan Dakwah dan Forjim Salurkan Bantuan Langsung ke Rohingya

Bangladesh-Dewan Pembina Forum Jurnalis Muslim (Forjim) Tjahja Gunawan bersama dua relawan Lazis Dewan Dakwah, mengunjungi para pengungsi muslim Rohingya di Bangladesh, Selama sepekan.

Para komisioner KPPU. (Foto: IST)

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:15 WIB

KPPU Usulkan Standar Pelayanan Minimum dalam Ibadah Umrah

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengusulkan kepada penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) untuk menetapkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) terhadap perjalanan ibadah umrah. Pihaknya…

Migas Ilustrasi

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:08 WIB

SP SKK Migas Gandeng KSPN Dorong Revisi UU Migas

Serikat Pekerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SP SKK Migas) menggandeng Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) untuk mendorong dirampungkannya Revisi…

Philips Kenalkan Dua Produk Garment Care di Ajang IFW Week

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Philips Kenalkan Dua Produk Garment Care di Ajang IFW 2018

Philips Indonesia kembali memperkenalkan dua produk garment care terbaru yakni setrika uap Perfect Care OptimalTEMP GC3920 dan Garment Steamer Easy Touch Plus GC524 di ajang Jakarta Fashion…

Ilustrasi Lobster (Foto Ist)

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Polda Jambi Gagalkan Penyelundupan Lobster Senilai Rp5,74 Miliar

Anggota Direktorat Polisi Perairan (Dipolair) Polda Jambi berhasil menggagalkan penyelundupan dan menyelamatkan 38.326 ekor anak lobter (homarus) senilai Rp5,74 miliar yang akan dikirim ke luar.