Masyarakat Kagum Penampilan Peserta Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 13 Agustus 2017 - 11:01 WIB

Jember Fashion Carnaval (Foto Ist)
Jember Fashion Carnaval (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jember - Penampilan sejumlah peserta "Wonderful Artchipelago Carnaval Indonesia" (WACI) dari berbagai daerah memukau ribuan penonton yang memadati "catwalk" sepanjang 1,5 kilometer di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2017) sore.

Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief membuka kegiatan WACI yang diikuti peserta dari Kabupaten Bondowoso yang mengusung busana Islami Nusantara, Best Situbondo Carnaval (BSC) Situbondo, Provinsi Gorontalo yang mengusung tema "MM Karawo Agensy Iksotika, Lo hulondalo" dan yang terakhir dari Kepulauan Riau yang menampilkan kostum legenda Kerajaan Melayu.

"WACI tahun ini terdapat perkembangan dari tahun kemarin, terutama keikutsertaan kabupaten sekitar yakni Kabupaten Situbondo dan Bondowoso," kata Wakil Bupati A. Muqit Arief dalam sambutannya.

Menurutnya karnaval yang dimotori oleh Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) yang dipimpin Dynand Fariz merupakan kegiatan yang bisa mendongkrak perekonomian di daerah dan diharapkan Kabupaten Jember dengan daerah peserta WACI bisa menjalin kerja sama di bidang ekonomi.

"Berbagai daerah berpartisipasi dalam kegiatan WACI di Jember, sehingga ke depan Kabupaten Jember juga akan berpartisipasi dalam kegiatan serupa di kabupaten sekitar, sehingga dapat menjadikan sebuah ikatan tali persaudaraan yang sangat produktif dan kerja sama nantinya," tuturnya kepada awak media.

Ratusan peserta dari berbagai daerah menggunakan kostum yang berciri khas kebudayaan dan kesenian masing-masing daerah, sehingga keanekaragaman karnaval tersebut dapat terlihat dari masing-masing pakaian yang dikenakan peserta.

Keunikan kostum yang dipadukan dengan kebudayaan masing-masing daerah tersebut menghipnotis penonton yang hadir dalam rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-16 di Kabupaten Jember.

Tema besar dalam JFC ke-16 yakni "Victory" yang berarti kemenangan JFC dalam mengukir prestasi di dunia internasional dan kemenangan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk parade dari 13 penghargaan yang didapatkan JFC. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Zedd dan BTS (Foto : Allkpop)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:00 WIB

BTS Pastikan Akan Kolaborasi Dengan Zedd

Saat hadir di Billboard Music Awards 2018, BTS diwawancarai oleh salah satu stasiun radio Amerika di backstage. Anggota Bangtan Boys memberikan jawaban terkait pertanyaan soal kolaborasi mereka…

Sambal Lokan, Bengkulu (Ist)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:00 WIB

Mau Coba Membuat Sambal Lokan Khas Bengkulu? Begini Caranya

Kuliner khas Ramadan, Sambal Lokan yang merupakan santapan warga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sebagai kuliner warisan turun-temurun. Tak hanya itu, kuliner ini diburu saat bulan Ramadan.…

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 14:45 WIB

Lewat Tiga Brand-nya, Indofood Jadi Official Partner Ajang Asian Games 2018

Sebagai salah satu perusahaan pangan nasional di Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, melalui tiga brand-nya yaitu Indomie, Pop Mie, dan Indomilk, menyatakan dukungannya sebagai official…

Sambal Lokan, Bengkulu (Ist)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 14:00 WIB

Sambal Lokan, Rendangnya Masyarakat Bengkulu Saat Ramadan

Tak hanya kaya akan keindahan alamnya, Bengkulu juga memilki beragam kuliner yang lezat dan melegenda. Seperti Sambal Lokan yang menjadi salah satu kuliner yang diburu para warga untuk santapan…

Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:31 WIB

Pengunjung Merosot, Toko Apple Tutup di Amerika Serikat

Kabar nelangsa industri ritel datang silih berganti. Bukan hanya toko pakaian, makanan, dan furnitur, bahkan pebisnis teknologi wahid pun mesti melepas aset propertinya. Kali ini, giliran raksasa…