Presiden Jokowi Janjikan Kunjungi Pulau Rote NTT Tahun Ini

Oleh : Herry Barus | Minggu, 13 Agustus 2017 - 01:26 WIB

Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke berkunjung ke Pesantren Nurul Islam, Jatirogo, Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8). (Foto: Humas/Agung).
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke berkunjung ke Pesantren Nurul Islam, Jatirogo, Jember, Jawa Timur, Sabtu (12/8). (Foto: Humas/Agung).

INDUSTRY.co.id - Jember- Presiden Joko Widodo menjanjikan untuk mengunjungi Pulau Rote yang merupakan paling selatan di Wilayah Indonesia.

"Yang di ujung-ujung sudah saya kunjungi semua, hanya Pulau Rote yang di ujung selatan Indonesia yang belum saya kunjungi, Insya Allah tahun ini saya ke sana," kata Presiden Jokowi dalam kunjungannya di Pondok Pesantren Al Amien di Jember, Sabtu malam.(12/8/2017)

Jokowi menyebutkan dirinya perlu mengunjungi pulau itu untuk mengetahui kondisi pulau itu seperti apa.

Ia menyebutkan saat dirinya berkunjung ke Pulau Miangas sempat kaget karena pulau itu hanya dihuni sekitar 200 kepala keluarga.

"Kalau ada ombak besar mereka tidak bisa ke mana-mana, kiriman sembako juga terlambat, bahan bakar juga terlambat," katanya.

Presiden menyampaikan bahwa Indonesia memiliki banyak pulau, bahasa, suku. Ada 17.000 pulau, 714 suku dan banyak bahasa.

"Ini saya sampaikan kepada pemimpin negara asing ketika saya bertemu dengan mereka termasuk Raja Salman, kemudian mereka bertanya apakah Presiden Jokowi sudah mengunjungi semua," kata Jokowi.

Ia pun mengakui belum semua pulau dikunjungi tapi yang di ujung yaitu Sabang, Merauke dan Miangas sudah dikunjungi semua.

"Kalau provinsi sudah semua saya kunjungi, untuk kabupaten/kota sudah sekitar 60 persen," katanya.

Pulau Rote adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Rote merupakan wilayah paling selatan Indonesia Pulau ini terkenal dengan kekhasan budidaya lontar, wisata alam pantai, musik sasando, dan topi adat Ti'i Langga.

Rote beserta pulau-pulau kecil disekitarnya berstatus sebagai kabupaten dengan nama Kabupaten Rote Ndao melalui Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2002.

Sementara itu dalam kunjungan ke Ponpes Al Amien yang berada di Dusun Kebon Sari, Desa Sabran, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jembe, Presiden juga memberikan pengarahan kepada para santri dan santriwati.

Presiden juga memberikan hadiah tiga sepeda kepada santri dan santriwati yang berhasil menjawab pertanyaan Presiden.

Sementara itu pengasuh Ponpes Al Amien KH Imam Gozali menyampaikan terima kasih atas kunjungan Presiden ke Ponpes itu.

"Ponpes ini berdiri sejak 1955 dan hingga saat ini masjid yang ada di sini masih antik, belum berubah sejak 1955," kata Gozali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:00 WIB

Sriwijaya Air Tahun Ini, Fasilitasi Wisatawan ke Indonesia Kawasan Timur

Permudah akses ke Kawasan Indonesia Timur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group memfasilitasi wisatawan terbang ke destinasi wisata di Timur Indonesia pada tahun 2018 ini.