Tata Motors Konsisten Garap Pasar Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 22:28 WIB

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia gelar Talkshow Bisnis Logistik di Era Ekonomi Digital Sabtu (12/8/2017)
PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia gelar Talkshow Bisnis Logistik di Era Ekonomi Digital Sabtu (12/8/2017)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia tak sekadar menjual produk kendaraan bermotor berikut layanan purna jualnya saja, tetapi juga merasa perlu memberikan sebuah pencerahan bagi para pemula untuk memulai bisnis.

“Sektor logistik dan distribusi ini akan terus berkembang selama orang masih berkonsumsi.  Terlebih, semakin banyak ekonomi tumbuh, maka permintaan ke sektor jasa ini  juga akan semakin besar,” tutur Presiden Direktur JNE Express Mohamad Feriadi, yang menjadi narasumber acara, di booth Tata Motors di GIIAS 2017, ICE Serpong, Tangerang, Sabtu (12/7).

Saat ini saja, lanjutnya, nilai pasar industri logistik di Tanah Air mencapai Rp 2.100 triliun. Sedangkan pertumbuhannya tahun ini mencapai 14,7 persen. “Potensi terus tumbuhnya sangat besar, karena  saat ini juga berkembang sektor e-commerce atau ekonomi digital,” paparnya.

Hanya, tantangan  di era ekonomi digital ini juga semakin tinggi. Karena kecepatan dan ketepatan kiriman barang milik konsumen menjadi sebuah tantangan. Tantangan dari sesama pemain di industri ini juga tak kalah besarnya. Masing-masing perusahaan terus bersaing memberikan layanan terbaik . Padahal, langkah ini juga memerlukan biaya atau investasi.

“Sebab itu, karena porsinya paling besar dalam struktur biaya produksi, maka kendaraan harus efisien. Karenanya, memilih kendaraan yang berkapasitas lebih, hemat bahan bakar, dan biaya perawatan murah menjadi kunci keberhasilan,”  terang  pria yang juga mejabat sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Pengiriman Ekspres dan Pos Indonesia (Aperindo) itu.

Pernyataan ini diamini Manajer Marketing PT TMDI, Wilda Bachtiar. Bahkan, lanjut Wilda, sejak dari awal Tata Motors telah merancang kendaraan komersial buatannya memiliki kualitas dan kemampuan seperti yang diharapkan pebisnis.

“Kalau kita lihat semua kendaraan Tata Motors untuk sektor bisnis itu bermesin diesel. Karena selain kuat, juga efisien di biaya bahan bakar, serta perawatannya. Kehematan biaya ini 8-10 persen,” jelasnya di tempat yang sama.

Bahkan, lanjut Wilda, layanan purna jual yang diberikan TMDI juga terus dikembangkan. Saat ini tak kurang dari 300 gerai layanan purnal jual mulai dari 1S hingga 3S. Bahkan untuk penyediaan suku cadang juga disediakan melalui pasar online.

Sedangkan Corporate Communication Head TMDI, Kiki Fajar menyebut acara seperti ini digagas TMDI untuk memberikan masukan dan inspirasi bisnis kepada para calon pebisnis dan bahkan pebisnis. “Karena dinamika bisnis itu sangat cepat, sehingga  harus direspon dengan cepat pula,” kata dia.    

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.