Parfi 56 Dijadwalkan Bentuk Cabang di Ambon

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 15:05 WIB

Wanda Hamidah Wakil Sekjen I PARFI 56 (Foto Ist)
Wanda Hamidah Wakil Sekjen I PARFI 56 (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) '56 akan membentuk cabangnya di Ambon, guna membangun dunia seni peran dan meningkatkan geliat industri perfilman di kota tersebut.

"PARFI '56 akan di Maluku, di ibu kotanya, kami sedang menyusun kepengurusan untuk persiapan dan setelah itu pelantikan juga," kata artis Wanda Hamidah, Wakil Sekjen I PARFI '56, di Ambon, Jumat (11/8/2017)

Wanda berada di Ambon karena keterlibatan PARFI '56 dalam pelaksanaan Festival Jembatan Merah Putih (FJMP) pada 19 Agustus 2017, khususnya untuk pelaksanaan talkshow dan "Nonton Bareng Film Indonesia" yang akan dipusatkan di Universitas Pattimura.

Kegiatan itu sendiri akan menghadirkan narasumber dari PARFI '56, Kadin Indonesia, akademisi, sutradara dan artis Indonesia, juga melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Ambon.

Menurut Wanda, potensi Maluku di bidang entertaimen, khususnya dunia tarik suara sudah tidak diragukan lagi, tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

Hadirnya PARFI '56 di Ambon akan menambah potensi SDM lainnya di Maluku untuk bidang entertainmen.

Karena itu, segera setelah PARFI '56 terbentuk di Maluku, berbagai program terkait pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang seni peran dan peningkatan industri perfilman akan dilaksanakan.

Kegiatan-kegiatan yang akan dipaketkan menjadi program tahunan di Ambon, di antaranya adalah "coaching clinic" tentang film dan seni peran, termasuk workshop dengan menghadirkan pelatih-pelatih berkompeten dari Jakarta untuk membentuk SDM di tingkat lokal.

"Kami juga ingin manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam membangun seni peran. Ke depannya talkshow yang akan kita adakan bukan untuk mahasiswa saja tapi juga untuk masyarakat umum," ucapnya kepada awak media di Ambon.

Ia menambahkan, sejalan dengan program pemerintah untuk membangun dari timur, PARFI '56 secara khusus ingin geliat perfilman juga sampai ke kawasan timur Tanah Air, sehingga masyarakat di sana tidak hanya menjadi penikmat film tapi juga bisa berkontribusi dan mejadi pelaku dalam industri tersebut.

"Menggeliatkan industri ini bukan hanya potensi sumber daya alam yang dipakai tapi sumber daya manusianya juga harus dilatih lagi, kalau ada pengusaha-pengusaha di Maluku juga mari sama-sama kita investasi ke film tapi investasinya ke film," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:30 WIB

Sektor Investasi Membaik, China Development Bank Segera Buka Kantor di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno didamping Dirut PT Telkom Alex J Sinaga (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:24 WIB

Menteri Rini: Balkondes Dielola PT Telkom Masih Terbaik

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikembangkan PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo masih yang terbaik dibanding Balkondes yang dibangun sejumlah…

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah Dirut BUMN (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:10 WIB

Menteri Rini Pastikan 18 Balkondes Beroperasi Akhir Tahun Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dikelola perusahaan milik negara itu, bisa beroperasi…

Ilustrasi Bandara

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:50 WIB

Menhub Targetkan Bandara Notohadinegoro Jember Tambah 360.000 Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Notohadinegoro dapat menambah kedatangan penumpang hingga 360.000 orang per tahun pada 2019 setelah bandara tersebut selesai dikembangkan.

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.