Dunkirk 1940 , Yogyakarta 1948

Oleh : Jaya Suprana | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 09:17 WIB

Jaya Suprana. (Foto: IST)
Jaya Suprana. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - JIKA anda ingin mempelajari sejarah Perang Dunia II maka jangan lewatkan kesempatan menonton film “Dunkirk” yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai Christopher Nolan serta dibintangi Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Aneurin Barnard, James D'Arcy, Barry Keoghan, Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance, dan Tom Hardy. Dengan latar belakang bagian awal Perang Dunia II, film ini mengangkat peristiwa legendaris evakuasi Dunkirk.  

Christopher Nolan menulis naskah dari tiga sudut pandang—darat, laut, dan udara—dengan minimal dialog serta menciptakan ketegangan melalui hal-hal mendetail secara sangat dramatis. Menurut pendapat saya, “Dunkirk” layak memperoleh anugerah piala Oscar dalam berbagai bidang.

*Peran Serta Rakyat Inggris*

Usai Jerman Nazi menyerbu Polandia bulan September 1939, Perancis dan Inggeris menyatakan perang melawan Jerman dan menerapkan blokade ekonomi. Pasukan Ekspedisi Britania Raya dikerahkan untuk membantu mempertahankan Perancis. Setelah Perang Phoney, Jerman menyerbu Belgia dan Belanda pada tanggal 10 Mei 1940, tiga korps Panzer Jerman menyerang Perancis lewat hutan Ardennes dan dengan cepat melaju ke Selat Inggris.

Pada 21 Mei, pasukan Jerman telah menjebak pasukan Inggris, sisa-sisa pasukan Belgia, dan tiga pasukan Perancis di sebuah kawasan pesisir utara Perancis. Komandan pasukan Inggris, Jenderal Viscount Gort, menilai evakuasi melintasi Selat Inggris sebagai solusi terbaik maka mulai menarik mundur pasukan ke Dunkirk sebagai lokasi terdekat dengan tempat berlabuh yang memadai untuk melakukan evakuasi skala gigantis mulai 26 Mei 1940.

Pada hari pertama, hanya 7.669 tentara berhasil dievakuasi. Pada akhir hari ke delapan, 338.226 tentara telah berhasil dievakuasi oleh armada tiban dadakan yang terdiri dari 800 kapal mulai dari kapal perang sampai sekoci sipil. Sebagian tentara diberangkatkan lewat dermaga sedangkan tentara lainnya harus menunggu berjam-jam di pantai dengan air setinggi bahu. Sebagian besar tentara Inggris diangkut oleh  sekitar 600 kapal nelayan, perahu dan sekoci yang dikerahkan oleh rakyat sipil Inggris menyeberang bolak-balik Selat Inggris dalam operasi gawat darurat legendaris yang kerap disebut sebagai “Mujizat Dunkirk”.

*Peran Serta Rakyat Indonesia*

Saya pribadi terharu ketika menyaksikan film “Dunkirk” terutama pada penampilan betapa besar, penting bahkan vital peran serta rakyat sipil yang terdiri dari para nelayan, pemilik kapal kecil sampai sekoci dalam menyeberangkan ratusan ribu tentara Inggris kembali ke daratan Inggris.

Tanpa para nelayan dan rakyat  dengan perahu kecil serta sekoci mereka, mustahil evakuasi Dunkirk berhasil dilaksanakan. Adegan heroik peran serta rakyat sipil Inggris dalam film “Dunkirk” tersebut langsung mengingatkan saya pada fakta sejarah tak terbantahkan mengenai betapa besar, penting bahkan vital peran serta rakyat pedesaan sekitar Yogyakarta dalam mendukung, menyembunyikan serta menyelamatkan  Panglima Besar Soedirman beserta Tentara Nasional Indonesia dalam gigih berperang gerilya melawan aksi militer Kerajaan Belanda yang tidak sudi mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dapat diyakini bahwa tanpa peran serta rakyat pedesaan, mustahil Panglima Besar Soedirman beserta TNI mampu melawan tentara Belanda dan sekutunya dengan peralatan militer jauh lebih lengkap serta modern termasuk pesawat terbang Mustang dan Kitty Hawk ketimbang persenjataan sederhana Tentara Nasional Indonesia dalam membela kedaulatan mempertahankan kemerdekaan bangsa, negara dan rakyat Indonesia. Berkat kemanunggalan dengan rakyat, maka TNI berjaya tak terkalahkan oleh siapa pun dalam perjuangan melawan angkara murka penjajah. MERDEKA![***]

_Penulis adalah pembelajar sejarah Perang Dunia II dan Perang Kemerdekaan Indonesia_

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…