Tiga Pemenang Lomba Masak Ikan Nusantara Siap Memasak untuk Presiden

Oleh : Amazon Dalimunthe | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 08:49 WIB

Ilustrasi Nelayan (ist)
Ilustrasi Nelayan (ist)

INDUSTRY.co.id - Ternyata jadi juru masak juga bisa bertemu Presiden. Itulah harapan yang diberikan oleh panitia Lomba masak Ikan Nusantara kepada ratusan juru masak di seluruh Indonesia. Dan setelah melalui seleksi berjenjang mulai tingkat daerah asal hingga terpilih 10 finalis yang berlaga kemarin (1/8) di Lippo Mall Kemang, Jakarta selatan. Mereka kembali ditantang untuk mengolah ikan menjadi hidangan lezat serta bergizi, serta layak dihidangkan kepada Presiden Joko Widodo pada Perayaan 72 Tahun Kemerdekaan RI di Istana Negara.

Kesepuluh Finalis adalah: Abdul Kadir asal Pontianak (Botok Ikan Masak Putih), Anita Attu asal Gorontalo (Iloni Burger), Endang SN asal Batam (Es Datin), Matelda F. Maryen asal Biak Numfor Papua (Kerang Tumis Labu Kuning), Narti Buo asal Gorontalo (Ikan Santan Goroho), Non Lahibu asal Gorontalo (Woku Ikan Gabus Bambu Kuning), Ruben Jeremia asal Jakarta (Gabus Pucung Sambal Pete), Sri Ekowati asal Batam (Lontong Singkong Tongkol), Sri Sudaryani asal Batam (Lawar Cumi), dan Syamsudin asal Pontianak (Ikan Saos Kribang Daun Kesum Tabor Serundeng).

Dewan Juri yang bertugas memilih pemenang, yaitu: Vindex Tengker, Chef Garuda Indonesia (VP Inflight Service) sebagai Ketua Penjurian Final Lomba Masak Ikan Nusantara, didampingi Dharmastuti Nugroho (Kepala Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden), Johan Susmono (Ketua Pokja 3, Tim Penggerak PKK Pusat), Roy N. Mandey (Ketua Umum DPP APRINDO), dan Vita Datau (Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI). Tidak ketinggalan Koordinator Penjurian Chef Naldi Budhyarto (Editor Primarasa & Kepala Dapur Uji Femina).

Setelah melalui proses penjurian, tiga orang finalis telah terpilih sebagai pemenang. Ketiga pemenang tersebut adalah: Juara 1 yaitu Abdul Kadir dari Pontianak dengan menu Botok Ikan Masak Putih; Juara 2 yaitu Ruben Jeremia dari Jakarta dengan menu Gabus Pucung Sambal Pete; dan Juara 3 yaitu Narti Buo dari Gorontalo dengan menu Ikan Santan Goroho.

Melalui lomba ini, para pemenang mengatakan memang memiliki tujuan untuk memperkenalkan masakan khas daerahnya kepada masyarakat yang lebih luas. Menurut pemenang pertama Abdul Kadir, “melalui lomba ini saya ingin menghidangkan dan mengenalkan masakan khas daerah Kalimantan Barat kepada Presiden RI serta tamu-tamu negara. Meraih kemenangan juga akan membuat nama saya, keluarga, daerah, dan perusahaan tempat saya bekerja menjadi lebih baik.”

Sementara itu, pemenang kedua Ruben Jeremia memiliki ambisi untuk membawa masakan Indonesia ke ranah internasional. “Setelah menang saya akan berjuang untuk memajukan masakan Indonesia agar go international. Saya ingin sekali mendatangkan food critic yang bisa memberikan bintang Michelin di Indonesia.”

Pemenang ketiga, Narti Buo, mempunyai mimpi untuk memajukan daerahnya melalui bisnis kuliner nusantara. “Mengikuti lomba ini salah satu cara untuk membuktikan hasil laut Gorontalo sangat lezat, tidak kalah dari daerah lain. Saya ingin memajukan komunitas di sekitar saya dengan cara berbisnis kuliner.”

Hal ini sesuai dengan tujuan diselenggarakannya acara ini, yaitu untuk meningkatkan budaya makan ikan, meningkatkan persatuan bangsa dengan memperkenalkan masakan ikan khas daerah ke masyarakat Indonesia di daerah lain, dan memajukan bangsa melalui kuliner ikan nusantara.

“Tujuan acara ini sebenarnya adalah membuat orang lebih suka makan ikan, karena 70% dari wilayah kita adalah bahari,” ujar Chef Vindex. “Tak kalah dengan negara lain, kita menghasilkan berbagai hasil laut dengan kualitas sangat baik, contohnya tiram dari perairan Lombok.”

Kegiatan Lomba Masak Ikan Nusantara diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengenal masakan ikan sekaligus meningkatkan konsumsi ikan yang merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ikan dengan kandungan protein tinggi dianggap solusi bagi masalah gizi buruk (stunting) yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Presiden Joko Widodo menyatakan peningkatan gizi menjadi sangat penting untuk menjawab kebutuhan generasi Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kawasan maupun global.

Acara Lomba Masak Ikan Nusantara merupakan kerjasama  Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kantor Staf Presiden (KSP), serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Femina Group (AMZ)

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…