Bangun PLTU, Krakatau Steel Siap Kucurkan US$40 Juta

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 21 Desember 2016 - 09:30 WIB

Gedung Krakatau Steel. (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Gedung Krakatau Steel. (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id -PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) akan membiayai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Krakatau Daya Listrik, anak usaha perseroan, berkapasitas 2x80 megawatt (MW) bernilai US$40 juta.

Dana untuk pembangunan PLTU tersebut akan diambil dari belanja modal Krakatau Steel pada 2017 yang dianggarkan sebesar US$200 juta, ujar Sukandar, Direktur Utama KRAS, Selasa (20/12).

Sukandar mengemukakan, jika dibanding pada 2016 sebesar US$180 juta, maka dana belanja modal KRAS tahun depan tercatat lebih tinggi sekitar 11%. Selain untuk pembangunan PLTU Krakatau Daya Listrik, dana belanja modal tersebut juga digunakan untuk membiayai pembangunan pabrik hot strip mill (HSM) II, push and packing line dan reversing mill.

Pada 2016, manajemen KRAS mengalokasikan dana belanja modal US$180 juta untuk membiayai pembangunan pabrik hot strip mill (HSM) II dan Blast Furnace.

Sukandar menjelaskan, seluruh dana belanja modal pada 2017 tersebut berasal dari pinjaman perbankan. Untuk memperoleh pendanaan dari luar perseroan, maka perseroan masih akan memilih dan mempertimbangkan bank yang akan mendanai proyek pembangunan PLTU milik Krakatau Daya Listrik tersebut.

Disamping itu, demikian Sukandar, perseroan melalui anak usahanya, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) saat ini sedang mengakuisisi lahan di Anyer, Provinsi Banten, seluas 500 hektar (ha). Lahan itu akan digunakan untuk pengembangan kawasan industri.

Cadangan lahan kami sedikit, sehingga harus melakukan akuisisi lahan baru. Total investasi yang dibutuhkan untuk akuisisi 500 ha lahan tersebut antara Rp700-750 miliar," tutur Sukandar.

Hingga kini, menurut Sukandar, perseroan sudah mengakuisisi lahan seluas 450 ha. Sekitar 100 ha lahan tersebut akan dikembangkan pada triwulan keempat 2017. ‎Krakatau optimistis dapat memasarkan kawasan industri tersebut pada triwulan pertama 2018. Jika akuisisi 500 ha lahan tersebut selesai, maka total cadangan lahan perseroan menjadi 1.130 ha, imbuhnya.

Sukandar mengatakan, perseroan juga sedang menjajaki kemungkinan pengembangan kawasan industri baru di Bojonegoro dan Subang melalui sinergi dengan dua anak usaha BUMN. Kendati demikian, rencana tersebut baru dalam tahap uji kelayakan. (abr)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…