Pasar Ragukan Penurunan Pasokan, Tren Kenaikan Harga Minyak Gagal Bertahan

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:50 WIB

OPEC (Foto Ist)
OPEC (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Peningkatan produksi minyak mentah Nigeria dan Libya semakin menggangu upaya negara-negara produsen yang juga menjadi anggota Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memangkas produksi harian. Kedua negara Afrika tersebut diberikan hak untuk tidak membatasi produksi karena mereka sedang berupaya untuk mengembalikan kapasitas produksi setelah terganggu konflik internal.

Menurut analis perminyakan ANZ Bank, tren kenaikan harga minyak mentah yang terjadi kemarin gagal dipertahankan karena pasar meragukan penurunan pasokan di pasar global. Itu seiring dengan lonjakan volume produksi minyak Libya yang mencapai angka tertinggi sepanjang 2017 ini.

Kendati muncul data yang menginformasikan bahwa cadangan minyak Amerika Serikat (AS) saat ini turun tajam sebanyak 6,5 juta barel pada pekan yang berakhir pada 4 Agustus 2017, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di Seoul, Korea Selatan, Jumat (11/08/2017) pagi hanya naik tipis 0,1% atau sebesar 3 sen menjadi US$48,62 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah Brent hanya meningkat 1 sen menjadi US$51,91 per barel.

Pada Kamis (10/08/2017), harga minyak mentah sempat naik ke level tertinggi dalam dua setelah bulan terakhir ini. Akan tetapi, harga tersebut ditutup turun 1,5% sehingga harga WTI kembali terpuruk ke bawah US$50 per barel akibat kecemasan terhadap kelebihan pasokan.

Sementara itu, OPEC sebelumnya mengungkapkan produksi minyak mereka meningkat sebanyak 173.000 barel per hari (bph) menjadi 32,87 juta bph pada Juli 2017. Berhadapan dengan masalah ini, OPEC dan beberapa negara produsen minyak mentah non-OPEC sepakat untuk memperpanjang kesepakatan pengurangan produksi minyak sebanyak 1,8 juta bph. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Taspen. (Foto: IST)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:01 WIB

TASPEN Gandeng TelkomGroup Layani Pensiun

PT TASPEN (PERSERO) bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun melakukan launching Digitalisasi…

Artport di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan (Foto:Park Hyun-koo/The Korea Herald)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 15:00 WIB

Terminal Dua Bandara Incheon Korsel Dihiasi dengan "Artport"

Salah satu hal yang menarik wisatawan selain destinasi wisata yang ada di daerah tersebut adalah bandaranya yang ada di daerah tersebut. Salah satunya yakni Bandara Internasional Incheon, Korea…

Walikota Bandung Ridwan Kamil (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:59 WIB

Jelang Jabar 1, Kang Emil Tinggalkan Rumah Dinas

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meninggalkan rumah dinasnya di Pendopo seiring dengan keikutsertaan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:37 WIB

1.126 Calon Kepala Daerah Lapor Harta Kekayaan

Beberapa jam sebelum batas akhir pendaftaran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hari Minggu (20/1/2018) baru 1.126 bakal calon kepala daerah yang melapor ke KPK.

Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 14:00 WIB

Sriwijaya Air Tahun Ini, Fasilitasi Wisatawan ke Indonesia Kawasan Timur

Permudah akses ke Kawasan Indonesia Timur, maskapai penerbangan Sriwijaya Air Group memfasilitasi wisatawan terbang ke destinasi wisata di Timur Indonesia pada tahun 2018 ini.