Pasar Ragukan Penurunan Pasokan, Tren Kenaikan Harga Minyak Gagal Bertahan

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:50 WIB

OPEC (Foto Ist)
OPEC (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Peningkatan produksi minyak mentah Nigeria dan Libya semakin menggangu upaya negara-negara produsen yang juga menjadi anggota Organisasi Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memangkas produksi harian. Kedua negara Afrika tersebut diberikan hak untuk tidak membatasi produksi karena mereka sedang berupaya untuk mengembalikan kapasitas produksi setelah terganggu konflik internal.

Menurut analis perminyakan ANZ Bank, tren kenaikan harga minyak mentah yang terjadi kemarin gagal dipertahankan karena pasar meragukan penurunan pasokan di pasar global. Itu seiring dengan lonjakan volume produksi minyak Libya yang mencapai angka tertinggi sepanjang 2017 ini.

Kendati muncul data yang menginformasikan bahwa cadangan minyak Amerika Serikat (AS) saat ini turun tajam sebanyak 6,5 juta barel pada pekan yang berakhir pada 4 Agustus 2017, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di Seoul, Korea Selatan, Jumat (11/08/2017) pagi hanya naik tipis 0,1% atau sebesar 3 sen menjadi US$48,62 per barel. Sementara itu, harga minyak mentah Brent hanya meningkat 1 sen menjadi US$51,91 per barel.

Pada Kamis (10/08/2017), harga minyak mentah sempat naik ke level tertinggi dalam dua setelah bulan terakhir ini. Akan tetapi, harga tersebut ditutup turun 1,5% sehingga harga WTI kembali terpuruk ke bawah US$50 per barel akibat kecemasan terhadap kelebihan pasokan.

Sementara itu, OPEC sebelumnya mengungkapkan produksi minyak mereka meningkat sebanyak 173.000 barel per hari (bph) menjadi 32,87 juta bph pada Juli 2017. Berhadapan dengan masalah ini, OPEC dan beberapa negara produsen minyak mentah non-OPEC sepakat untuk memperpanjang kesepakatan pengurangan produksi minyak sebanyak 1,8 juta bph. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Istimewa)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:30 WIB

Sektor Investasi Membaik, China Development Bank Segera Buka Kantor di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Menteri BUMN Rini Soemarno didamping Dirut PT Telkom Alex J Sinaga (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:24 WIB

Menteri Rini: Balkondes Dielola PT Telkom Masih Terbaik

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikembangkan PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo masih yang terbaik dibanding Balkondes yang dibangun sejumlah…

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama sejumlah Dirut BUMN (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 07:10 WIB

Menteri Rini Pastikan 18 Balkondes Beroperasi Akhir Tahun Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang dikelola perusahaan milik negara itu, bisa beroperasi…

Ilustrasi Bandara

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:50 WIB

Menhub Targetkan Bandara Notohadinegoro Jember Tambah 360.000 Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Notohadinegoro dapat menambah kedatangan penumpang hingga 360.000 orang per tahun pada 2019 setelah bandara tersebut selesai dikembangkan.

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.